Skip to content

Kumpulan Rumus Fisika yang Sering Digunakan dalam Menjawab Soal

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Beragamnya rumus Fisika, pastinya membuat EDOOers bingung dan sulit dalam menghafalkannya. Namun, jangan khawatir ya EDOOers. Sebab kali ini, EDOO menyediakan kumpulan rumus Fisika yang sering digunakan dalam menyelesaikan sebuah soal beserta pembahasannya.

Memang benar, berbagai macam rumus Fisika terkadang sulit untuk dipahami. EDOOers membutuhkan ketelitian dan kesabaran supaya dapat mencerna pemahaman di setiap pembahasannya. Apabila EDOOers ingin masuk IPA atau kuliah di jurusan Science, pasti EDOOers akan merasakan hal seperti itu.

Terkadang mata pelajaran Fisika dianggap menjadi momok menakutkan bagi segelintir siswa. Salah satu alasannya ialah karena rumus fisika cukup sulit untuk dihafal dan dipahami. Padahal, mata pelajaran Fisika bisa dipelajari lebih mudah, jika mengetahui metode yang tepat.

Fisika adalah mata pelajaran cukup menantang untuk dipelajari. Terlebih lagi jika EDOOers ingin mengetahui bagaimana bermacam-macam hal di dunia ini beroperasi.

Sebetulnya, ada salah satu cara untuk dapat menguasai mata pelajaran Fisika yaitu dengan memahami materinya terlebih dahulu. Terlebih pahamilah apa yang sedang dibahas dalam materi tersebut.

Langkah kedua ialah dengan memahami dan menghafal berbagai macam rumus Fisika. Sebuah rumus fisika biasanya mempunyai hubungan antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, jika EDOOers dapat memahami sebuah rumus Fisika, maka ada sebuah kesempatan lebih bagi EDOOers untuk bisa memahami rumus-rumus yang lainnya.

Rumus-Rumus Fisika

Nah, berikut ini kumpulan rumus Fisika yang sering muncul untuk digunakan dalam menyelesaikan soal-soal atau umum digunakan. Penasaran kira-kira apa saja EDOOers? Yuk, intip rumus-rumus Fisika tersebut di penjelasan di bawah.

  1. Rumus Massa Jenis

Rumus Fisika pertama yang perlu EDOOers ketahui adalah rumus massa jenis. Massa jenis merupakan suatu ukuran yang berguna untuk menunjukkan kepadatan dan kerapatan suatu partikel tersusun. Massa jenis adalah besaran hasil turunan dari suatu besaran massa (kg) dan dibagi dengan besaran volume (m3).

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Rumus massa jenis:

ρ = m/v

Keterangan:

ρ = massa jenis (kg/ m3).

m = massa (kg).

= volume (m3).

Lambang Fisika dari massa jenis yaitu “ρ” (dibaca: rho). Menurut sebuah sistem Satuan Internasional (SI), satuan massa jenis adalah kg/ m3.

2. Rumus Gaya

Gaya adalah suatu besaran turunan dari hasil perkalian antara massa dengan percepatan. Gaya juga dapat didefinisikan sebagai salah satu dari besaran turunan yang bisa mengakibatkan sebuah benda bermassa mengalami suatu pergerakan. Satuan gaya menurut sistem Satuan Internasional (SI) ialah Newton (N). Sedangkan, simbol untuk rumus Fisika gaya yakni F.

Rumus gaya:

F = m x a

Keterangan:

F : gaya (Newton atau kg. m/s2 )

m : massa benda (kg)

a : percepatan (m/s2 )

Rumus gaya menerangkan bahwa gaya yang bekerja pada suatu benda akan sebanding dengan massa benda serta percepatannya. Apabila ada gaya bekerja pada suatu benda, benda tersebut akan mengalami perubahan percepatan (kecepatan), dan jika semakin besar gaya yang diberikan, semakin besar juga percepatan (kecepatan) yang terjadi.

3. Rumus Energi Potensial

Rumus fisika yang ketiga yakni terkait energi potensial. Energi potensial adalah suatu energi yang dipunyai oleh benda akibat adanya pengaruh tempat ataupun pengaruh kedudukan dari benda tersebut.

Umumnya, energi potensial juga disebut dengan energi diam, karena benda yang dalam keadaan diam dapat mempunyai energi. Maksudnya, sekalipun benda tersebut diam, benda itu tetap memiliki energi potensial. Misalnya saja, ada buah apel yang menggantung di atas pohon, buah apel tersebut mempunyai energi potensial. Apabila buah apel tersebut terjatuh, maka otomatis energi potensial berubah menjadi energi kinetik.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Rumus energi potensial:

Ep = m.g.h

Keterangan:

Ep : energi potensial (Joule)

m : massa benda (kg)

g : gravitasi bumi (m/s2)

h : ketinggian suatu benda (m)

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

4. Rumus Energi Kinetik

Nah, untuk energi kinetik sendiri, bisa diartikan sebagai sebuah energi yang dimiliki oleh benda karena pergerakannya. Contoh dari energi kinetik itu adalah ketika sebuah apel jatuh dari pohonnya, maka apel tersebut mengalami energi kinetik.

Rumus energi kinetik:

Ek = ½ m v2

Keterangan:

Ek : energi kinetik (Joule)

v : kecepatan (m/s)

m : massa (kg)

5. Rumus Cepat Rambat Gelombang

Cepat rambat gelombang merupakan jarak yang ditempuh oleh suatu gelombang setiap detiknya. Satuan dari cepat rambat gelombang adalah m/s dan untuk lambang cepat rambat gelombang diwakili dengan huruf “v”.

Rumus cepat rambat gelombang:

v = s / t

v = 𝜆 x f

v = 𝜆 / T

Keterangan:

: cepat rambat gelombang (m/s)

: waktu (s)

: jarak (m)

𝜆 : panjang gelombang (m)

: periode (s)

: frekuensi (Hz)

6. Rumus Frekuensi

Frekuensi merupakan jumlah getaran yang dihasilkan setiap satu detiknya. Satuan frekuensi menurut sistem Satuan Internasional (S1) ialah Hz (Hertz) dengan memiliki lambang yaitu f. Rumus Fisika dari frekuensi tidak hanya satu, lho EDOOers. melainkan ada tiga macam rumus yang berbeda. Yuk, cek rumus-rumus frekuensi di bawah ini.

Rumus 1 (jumlah getaran dan waktu diketahui)

Rumus frekuensi yang pertama ini, biasanya digunakan untuk mencari sebuah frekuensi dari suatu getaran maupun gelombang dengan mengetahui jumlah getaran sert waktunya terlebih dahulu.

f = n/t

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

t : Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan getaran (s)

n : Jumlah getaran

Rumus 2 (kecepatan dan panjang gelombang diketahui)

Rumus frekuensi yang kedua ini, biasanya digunakan apabila kecepatan serta panjang gelombangnya telah diketahui terlebih dahulu.

f = v/𝜆

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

𝜆 : panjang gelombang (m)

v : kecepatan gelombang (m/s)

Rumus 3 (berkaitan dengan periode)

Rumus frekuensi yang ketiga ini, erat kaitannya dengan adanya sebuah periode. Ketika nilai sebuah periode telah diketahui terlebih dahulu, EDOOers dapat mencari frekuensi dengan menggunakan rumus di bawah ini.

f = 1/T

Keterangan:

T : Periode (s)

f : Frekuensi (Hz)

7. Rumus Percepatan

Pada ilmu fisika, pastinya EDOOers mengenal percepatan atau akselerasi yang diartikan sebagai meningkatnya sebuah kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan suatu benda diakibatkan oleh gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut, seperti apa yang dijelaskan dalam hukum Newton yang kedua. Satuan percepatan menurut sistem Satuan Internasional (SI) adalah meter per detik kuadrat (m/s2) dengan simbol (a).

Rumus Percepatan:

a = v / t

Keterangan:

a : percepatan (m/s2 )

v : kecepatan (m/s)

t : waktu (s)

Itulah kumpulan rumus fisika yang dapat EDOOers pelajari untuk semakin memantapkan wawasn serta pengetahuanmu terkait mata pelajaran Fisika. Selain, beberapa rumus Fisika yang telah dijelaskan di atas, masih ada banyak kok rumus lain yang dapat EDOOers pelajari. Kalau kamu ingin share, silakan di kolom komentar ya.

Temukan konten belajar dan tryout berkaitan dengan mata pelajaran Fisika di layanan aplikasi perpustakaan digital sekolah EDOO untuk meningkatkan pemahaman dan nilai Fisikamu! Yuk tunggu apa lagi! Ayo aplikasikan rumus Fisika di atas dengan latihan soal di aplikasi EDOO sekarang juga. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *