Skip to content

Kisah Miyu: Sang Dancer Cilik Finalis Kompetisi Dance di Vietnam

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Hadirnya kabar viral dan membanggakan kali ini datang dari seorang bocah berumur 9 tahun asal Indonesia yang mendadak viral sebab menjadi finalis kompetisi dance di Vietnam. Sang dancer cilik tersebut berasal dari Jakarta bernama Miyu Ananthanaya Pranoto.

Belum lama media sosial Instagram dihebohkan dengan aksi bocah perempuan pada kompetisi dance di Vietnam. Hal heboh ini bermula saat seorang konten kreator dance terkenal kelas dunia sekaligus pemilik akun instagram @stanceelements, mengunggah sebuah video singkat tentang bocah 9 tahun tersebut pada tanggal 20 Maret 2023.

Pada video yang diunggah tersebut, tampak seorang bocah perempuan mengenakan celana panjang berwarna cokelat yang dikombinasikan dengan kemeja yang cuma dikancing bagian atasnya saja.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Fakta-Fakta Miyu Sang Dancer Cilik

Sang dancer cilik yang sukses menjadi buah bibir di media sosial dan menuai sorotan positif berkat kemampuannya dalam menari tersebut membanggakan Indonesia karena bakatnya. EDOOers, berikut ini 5 fakta menarik seputar Miyu yang dirangkum oleh EDOO:

  1. Multitalenta Sejak Umur 3 Tahun

Siapa duga, ternyata pada usia yang masih tergolong belia Miyu telah mencetak banyak prestasi di bidang seni tari modern. Selain jago dalam dance, Miyu berbakat pula di bidang fotografi. Miyu telah menekuni hobi fotografi tersebut sejak ia masih sangat muda, lho EDOOers.

Bahkan melalui akun Instagram pribadi milik Miyu yaitu @matamiyu yang dikelola langsung oleh Ibundanya, Miyu nyatanya sudah mulai menggunakan kamera sejak berumur 3 tahun, lho EDOOers. Lewat akun instagram tersebut, sang Ibunda sering memposting dan membagikan hasil jepretan sang dancer cilik itu. 

  1. Mengikuti Kompetisi Dance Tingkat Internasional

Sejak Miyu menekuni bidang tari modern dance, ia telah mengikuti berbagai macam kompetisi di dalam negeri maupun taraf internasional. Sadar akan bakat emas anaknya tersebut, Ibunda Miyu selalu memndukung tahpa demi tahap perkembangan kemampuan anak perempuannya tersebut.

Terbaru, Miyu berkompetisi pada ajang lomba di Vietnam. Lebih tepatnya Ia merupakan peserta ajang Radikal Forze Jam atau disingkat RF JAM, sebuah ajang kompetisi dance di Vietnam. Acara lomba tersebut merupakan festival tarian hip hop terbesar di dunia. Pada ajang perlombaan tersebut, para penonton dari berbagai belahan dunia melongo melihat penampilan dance Miyu yang luar biasa tersebut.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

3. Peserta Paling Muda

Pada ajang Radikal Forze Jam di Vietnam, Miyu menjadi peserta termuda di ajang dance kelas internasional tersebut. Menurut Ibunda Miyu, para pesaing Miyu pada kopetisi di Vietnam tersebut rata-rata usianya di atas anak perempuannya. Contohnya saja, seorang anak yang juga peserta dari Malaysia yang berusia 10 tahun, peserta dari negara New Zealand yang berusia 10 tahun juga, dan seorang anak dari Jepang yang berumur 14 tahun.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Lebih lanjut, Melissa mengatakan, sebelum memasuki babak final dan memperebutkan gelar juara modern dance tersebut, Miyu harus melalu berbagai babak eliminasi yang ketat dan ada pula best battle.

4. Membanggakan Orang Tua

Pada babak final di ajang Radikal Forze Jam di Vietnam, sang dancer cilik asal Indonesia tersebut harus mengakui kekalahanya dari peserta asal negara Malaysia. Akan tetapi, Ibunda Miyu tidak masalah meskipun anak perempuannya tidak dapat meraih juara pada kompetisi tersebut.

Ibunda Miyu marasa bangga, karena sang dancer cilik tersebut mau berjuang sampai babak final dan tidak banyak anak seumurannya yang memiliki kesempatan emas seperti itu. Selain itu, bisa melihat Miyu berlatih dengan dancer-dancer bagus yang jarang ke Indonesia dan bisa bersaing dengan dancer lain yang udah punya record menang, menjadi sebuah hal yang sangat membanggakan dan tidak terbayangkan sebelumnya.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

5. Bersuara Merdu

Tidak cuma berbakat dalam hal menari, nyatanya Miyu menyimpan bakat lainnya pula pada bidang tarik suara. Ia dikaruniai sebuah suara emas yang sukses memukau ranah publik. Keterampilan Miyu pada bidang tarik suara tersebut juga membawanya untuk dipercaya dalam menyanyikan lagu di depan umum, lho EDOOers.  Misalnya saja saat mengikuti upacara Kemerdekaan RI di sekolah, Miyu diberikan penghormatan untuk menyanyikan sebuah lagu.

Banyak warganet yang akhirnya dibuat terkesima sekaligus bangga atas pencapaian luar biasa dari sang dancer cilik di usia yang sangat muda tersebut. Miyu merupakan salah satu dari sekian banyak generasi muda bangsa Indonesia yang patut untuk kita berikan apresiasi dan dijadikan contoh bagi generasi muda Indonesia lainnya.

Semoga kisah Miyu Ananthanaya Pranoto sebagai sang dancer cilik finalis kompetisi dance di Vietnam tersebut menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan keterampilan masing-masing. Congratulations, Miyu! Kamu tahu kisah inspiratif lainnya dari siswa lainnya? Share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *