Skip to content

Kisah Deris Nagara: Pemuda Asal Ciamis yang Jadi Presiden BEM di Columbia University

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Menurut sebagian orang, lulus dari kampus negeri merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Akan tetapi, bukan berarti berkuliah di kampus swasta ialah hal yang biasa saja. Bisa saja seseorang lulusan dari kampus swasta mempunyai prestasi yang luar biasa. Seperti yang dialami oleh Deris Nagara, seorang pemuda asal Ciamis ini.

Sosok Deris Nagara, pemuda Indonesia asal Ciamis ini, kini tengah viral dan menjadi perbincangan netizen +62. Bagaimana tidak? Deris menorehkan sebuah sejarah baru, karena diketahui menjabat menjadi Presiden BEM di Columbia University. Seperti apa sih sosok Deris Negara? Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Profil Deris Nagara

Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara atau biasa dipanggil Deris Nagara, merupakan pemuda kelahira Bandung, Jawa Barat pada tanggal 4 Mei 1997. Meskipun begitu, Deris Nagara tumbuh besar serta mengenyam pendidikan dari jenjang TK sampai SMA di Ciamis. Sekarang ini Deris telah berusia 25 tahun dan agama yang dianutnya ialah Islam.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Deris Nagara pernah pula berkecimpung di industri hiburan. Deris sempat tercatat bergabung dengan salah satu boyband bernama The Galaxy, sebuah grup vocal yang berasal dari tempat kelahirannya.

Deris pun diketahui mempunyai posisi vocal dalam grup tersebut serta memiliki suara yang indah. Namun, dikarenakan dia harus meneruskan pendidikannya di luar negeri, maka Deris pun memilih untuk meninggalkan kariernya tersebut.

Perjuangan Pendidikan Deris Nagara

Sejak dulu, Deris mempunyai cita-cita ingin masuk di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) ataupun Universitas Indonesia (UI). Hal ini karena saat itu deris merupakan penyandang peringkat pertama di salah satu sekolah terfavorit di Kabupaten Ciamis.

Berbagai macam jalur untuk masuk universitas negeri impian, telah dicoba oleh Deris. Mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, sampai jalur mandiri SIMAK UI pun sudah pernah dilalui. Selain itu, sepulang sekolah Deris juga selalu mengikuti bimbel sebagai upayanya agar bisa masuk universitas negeri impiannya tersebut.

Rupanya nasib berkata lain, pemuda asal Ciamis tersebut akhirnya berkuliah sarjana (S1) President University di Bekasi yang merupakan sebuah kampus swasta. Pada kampus tersebut, Deris mengambil jurusan Hubungan Internasional, jurusan yang sangat berbeda dari impiannya dahulu. Selama mengenyam pendidikan S1 di President University, ia memperoleh beasiswa penuh. 

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Selama menjalani perkuliahan di President University, Deris mencoba melamar sebuah beasiswa magang sekaligus mengikuti program kuliah International Business dan Management Studies di Hogeschool van Arnhem en Nijmegen di Belanda. Di sana, Deris mengambil jurusan International & Business Management Studies dengan rentang waktu selama tujuh bulan.

Setelah menyelesaikan program beasiswa kuliah singkat di Belanda, dan berlelah-lelah berjuang berkali-kali agar bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), namun di tolak, ternyata ada kesempatan emas yang justru diperolehnya. Deris malahan sekarang ini diterima menjadi mahasiwa Magister (S2) di Columbia University di New York, Amerika Serikat. Tidak cuma itu saja, Deris juga memperoleh beasiiswa selama pendidikannya, dari program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ketika berkuliah S2 di Columbia University, Deris mengambil jurusan Administrasi Publik, dengan konsentrasi pada bidang Pembangunan Ekonomi dan Politik, serta mengambil spesialisasi di bidang studi Organisasi Internasional dan Persatuan Bangsa-bangsa.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Prestasi Deris Nagara

Banyak prestasi yang didapatkan oleh pemuda asal Ciamis tersebut, misalnya saja Deris pernah menjadi finalis Putra Pariwisata Nusantara, finalis Mojang Jajaka Jawa Barat, dan terakhir menjadi finalis Ajang Mojang Jajaka Ciamis yang diberi tugas untuk mempromosikan sektor pariwisata di Ciamis. 

Selain itu, Deris juga aktif mengikuti berbagai forum diskusi tingkat internasional dan pernah meraih sejumlah penghargaan lainnya, seperti halnya menjadi delegasi terbaik pada ASEAN-Korea Summit tahun 2020, dan menjadi delegasi panggilan terhormat pada ASEAN-Korea Political Security Forum 2021, yang digelar oleh Asia Exchange Association (AEA) secara hybrid di Busan, Korea Selatan.

Pemuda yang merupakan penggemar sosok Oprah Winfrey dan Maudy Ayunda tersebut sebelumnya pernah menorehkan prestasi lain di tingkat internasional. Prestasi tersebut ialah dengan menjadi Ketua Delegasi Kemenpora Indonesia dalam event ASEAN-Russia Youth Summit tahun 2019 di Manila, Filipina.

Prestasi lain dari Deris Nagara juga cukup membanggakan, di antaranya ia menjadi wakil Indonesia dan Columbia University dalam ajang ECOSOC Partnership Forum 2023 yang diselenggarakan di Markas Besar PBB, terpilih menjadi the ASEAN-Korea Youth Ambassador, terpilih menjadi Kandidat Presiden ASEAN-Korea Alumni Network mewakili negara Indonesia.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Selain itu juga, Deris Nagara juga pernah memperoleh penghargaan The 2nd Place at ASEAN-Korean Debate Championship: Culture and Society Sector 2020, Honorable Mention at ASEAN-Korea Political Security Forum 2021, dan Top 10 ASEAN-Korea Youth Startup Challenge 2020.

Makin membanggakan lagi, Deris Nagara sukses terpilih menjadi Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University, New York, Amerika Serikat. Kabar terkait, pemuda asal Ciamis yang terpilih menjadi presiden BEM Columbia University tersebut, berawal dari unggahan di Instagram pribadi milik Deris Nagara.

Melihat potensi nyata dunia digital yang mendominasi, Deris menyarankan kepada generasi muda Indonesia untuk terus mengembangkan potensi dalam dirinya dengan memanfaatkan segala hal yang berbau digital. Sebab banyak sekali peluang yang tersebar, tinggal niatan kita yang perlu dikuatkan. Jangan takut untuk mempunyai mimpi dan kuatkan usaha dengan gigih agar mencapai keberhasilan, dengan terus mengasah potensi diri seoptimal mungkin. Jangan lupa untuk menghargai setiap proses yang ada, tingkatkan motivasi diri dan perbanyaklah berbagi.

Semoga kisah dari Deris Nagara sebagai sosok pemuda asal Ciamis yang menjadi Presiden BEM di Columbia University tersebut, dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan kemampuan masing-masing. Congratulations, kak Deris! Kamu tahu kisah inspiratif lainnya dari siswa lainnya? Share di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *