Skip to content

5 Tips Jitu Membangun Bisnis Online Bagi Siswa Agar Menghasilkan Cuan

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Membangun bisnis online bagi siswa yang harus menjadi prioritas, bukan hanya terkait uang yang akan didapatkan, tetapi lebih tentang pengalaman pula. Wajar jika penghasilan yang EDOOers peroleh hanya berjumlah sedikit, namun hal tersebut berarti usaha yang EDOOers lakukan tidak sia-sia.

Berkat pengalaman-pengalaman memulai bisnis tersebut, EDOOers dapat belajar bagaimana caranya mengembangkan usaha dengan lebih baik lagi dan lebih benar, sehingga kedepannya ketika EDOOers mendapati sebuah masalah yang sama, EDOOers sudah mengantongi kunci jawabannya dan bisnis dapat berjalan kembali.

Bisnis online merupakan salah satu kegiatan yang sedang digandrungi oleh banyak masyarakat, khususnya mereka yang berusia remaja. Memulai membangun bisnis online bagi siswa dapat menjadi suatu hal yang menjanjikan, karena bisa menghasilkan tambahan uang saku sendiri tanpa harus meminta orang tua. Selain itu, EDOOers juga bisa belajar hal-hal baru dan bertanggung jawab dengan apa yang EDOOers buat.

Supaya bisnis online yang sedang EDOOers bangun tersebut bisa optimal dan memberikan keuntungan, pelajari terlebih dahulu tips jitu membangun bisnis online pada artikel di bawah ini. Yuk, simak sampai akhir, ya EDOOers!

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

  1. Perhatikan Produk Apa yang Ingin Dijual

Sebelum memulai untuk berjualan secara online, EDOOers perlu memulainya dengan mengidentifikasi terlebih dahulu produk apa yang akan dijual nantinya. Ingat juga EDOOers harus mempertimbangkan apakah barang yang dijual tersebut akan aman sampai ke tangan pembeli. Sebab terdapat beberapa resiko terutamanya dalam proses pengiriman.

Apabila EDOOers merasa kebingungan akan produk apa yang ingin dijual, di sinilah pentingnya untuk mengenali terkait minat serta hal-hal yang EDOOers sukai. Contohnya saja jika EDOOers suka fashion, EDOOers bisa mencari supplier baju-baju untuk bisa dijual kembali secara online sebagai reseller. Tidak hanya perihal fashion, minat lain seperti halnya memasak, menulis, mendesain, atau menjahit juga dapat EDOOers jadikan produk untuk berjualan online. Ketika EDOOers menjual sesuatu barang atau jasa yang sesuai dengan minat, pastinya akan menambah rasa semangat dalam berbisnis.

  1. Lakukan Riset Pasar dan Analisa Kompetitor

Setelah EDOOers sudah mengetahui produk apa yang ingin dijual, ada baiknya melakukan riset terhadap pasar dan kompetitor. Riset pasar sangat penting dilakukan guna menemukan peluang bisnis. Sedangkan, analisa kompetitor penting dilakukan, karena dapat mengetahui strategi dan potensi bisnis EDOOers ke depannya.

Salah satu cara termudah untuk melakukan riset ialah dengan menggunakan  metode analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat). Berkat melakukan riset dengan metode analisis SWOT tersebut, EDOOers akan dapat lebih peka terhadap suatu produk yang EDOOers jual, pasar, dan juga kompetitor bisnis.

Selain itu dalam rangka melakukan riset, EDOOers bisa memulainya dengan mencari tren bisnis online dengan menggunakan tools keyword yaitu Google Trends. EDOOers juga bisa memanfaatkan media sosial dalam mencari tren bisnis, misalnya TikTok, Facebook, Instagram, YouTube, dan platform media sosial yang lainnya. 

  1. Menentukan Target Pasar

Berdasarkan riset pasar dan analisa kompetitor yang telah EDOOers lakukan. Selanjutnya EDOOers dapat memperkirakan bahwa produk yang dijual cocok untuk dipasarkan untuk siapa, atau bisa dibilang segmentasi pasarnya kemana. Perlu untuk diketahui bahwa setiap produk mempunyai pasar-pasanya masing-masing.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan kembali bagi EDOOers yang ingin membangun bisnis online untuk mengetahui siapa target pasar dari sebuah produk yang akan EDOOers jual. Berkat mengetahui target pasar, EDOOers akan bisa lebih mudah dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar.

  1. Pahami Berbagai Jenis Platform Online

Sebaiknya EDOOers menentukan platform apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan bisnis onlinenya, dengan begitu EDOOers dapat menyusun strategi yang tepat untuk produk yang dipasarkan. Jangan sampai EDOOers salah dalam memilih platform yang digunakan untuk menjual, karena dapat berdampak ke target pembeli. Selain itu, pastikan pula platform tersebut bisa memudahkan para pembeli.

Era teknologi sekarang ini menghadirkan berbagai macam wadah untuk mempermudah berjualan online di antaranya seperti media sosial dan e-Commerce. Sebelum mempromosikan produk yang telah dibuat, EDOOers perlu memahami berbagai jenis platform belanja online tersebut. Entah itu media sosial atau e-Commerce mempunyai nilai plus dan minusnya masing-masing, serta dalam memilihnya harus dipertimbangkan matang-matang.

Apabila EDOOers sudah memahami dan mempelajari setiap jenis platform berjualan online, EDOOers dapat merambah untuk belajar mengiklankan produkmu guna membantu meningkatkan volume penjualan secara maksimal.

  1. Komitmen dalam Berbisnis Online

Apabila EDOOers sedang membangun bisnis online, komitmen dalam berjualan sangat diperlukan. Hal tersebut dilakukan agar EDOOers tidak mudah menyerah dan tidak merasa putus asa, jika belum mempunyai pelanggan banyak. EDOOers harus terus melakukan inovasi terhadap produk yang dijual dan mengevaluasi setiap kesalahan, sehingga kedepannya bisnis yang EDOOers rintis dapat berkembang pesat dan membuahkan hasil yang baik.

Jangan lupa, EDOOers juga harus berkomitmen kuat untuk dapat menyeimbangkan waktu berjualan dan waktu belajar di sekolah, ya! Jangan sampai merintis bisnis online mengganggu waktu untuk belajar. Bagaimana pun juga pendidikan dan belajar di sekolah tetaplah menjadi yang utama. Oleh karena itu, EDOOers harus pintar-pintar dalam membagi waktu antara belajar di sekolah dan bebisnis online.

Itulah tadi beberapa tips jitu dalam membangun bisnis online bagi para siswa, apakah EDOOers tertarik untuk membuka bisnis secara online? Kira-kira produk apasih yang akan EDOOers jual nanti? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *