Skip to content

5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadan yang Dapat Dilakukan Bersama Anak-anak

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Menjelang hari libur anak-anak sekolah dan masih bertepatan juga dengan bulan Ramadan. Nah, hal tersebut menjadi momentum yang tepat bagi para orang tua dalam membangun kembali kedekatan dengan anak-anak di rumah saat bulan Ramadan. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan seru di bulan Ramadan.

Pada bulan suci Ramadan, biasanya anak-anak yang baru belajar mengikuti puasa pasti akan merasa lapar, haus dan sedikit kesulitan ketika berpuasa. Oleh sebab itu, peran kegiatan seru di bulan Ramadan untuk anak-anak, bisa sebagai salah satu cara membuat mereka bersemangat puasa.

Kegiatan seru di bulan Ramadan untuk anak-anak dibutuhkan, supaya mereka semakin kreatif dan produktif dalam melakukan ibadah puasa. Mengajari anak berpuasa punya tantangan tersendiri bagi para orang tua.

Oleh karena itu, di bulan nan suci ini menjadi kesempatan terbaik bagi para orang tua untuk memahami anak dengan lebih baik lagi. Memahami anak lebih dekat sangatlah penting guna untuk melihat keinginan, motivasi, dan cita-cita mereka dengan lebih baik.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadan untuk Anak-anak

Anak-anak yang sedang belajar berpuasa sangat perlu didampingi oleh para orang tua mereka, supaya lebih bersemangat dan dapat mengetahui tujuan utama puasa. Seringkali pula, anak-anak akan cepat bosan, karena banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan dengan leluasa. Namun, jangan khawatir meskipun dalam kondisi perut yang kosong, masih banyak kok kegiatan seru di bulan Ramadan yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Berikut beberapa contoh kegiatan yang bisa mengisi waktu luang EDOOers.

  1. Membersihkan Rumah

Kegiatan di bulan Ramadan untuk anak-anak yang mempunyai tujuan mengisi waktu luang, sekaligus menumbuhkan rasa bertanggung jawab atas daerahnya adalah membersihkan rumah, khsusunya kamar. Sebab, kamar merupakan wilayah yang sepatutnya menjadi tanggung jawab masing-masing pemilik kamar. Selain membersihkan kamar, anak-anak juga bisa diajak untuk membersihkan dapur, kamar mandi, berkebun, hingga membersihkan ruang tamu.

Kondisi rumah yang rapi dan bersih bisa meningkatkan kenyamanan dan motivasi orang tua bersama anak. Selain dapat menumbhkan rasa tanggung jawab kepadfa anak-anak, membersihkan rumah bisa menjadi pembelajaran terkait kedisiplinan yang baik untuk anak-anak. 

  1. Belajar Membaca Al-Qur’an

Salah satu amalan terbaik pada saat bulan suci Ramadan ialah dengan membaca dan mempelajari Al-Qur’an, karena dengan hal itu kita akan memperoleh pahala yang dilipatgandakan. Mengajari anak-anak untuk membaca Al-Qur’an sangatlah bermanfaat untuk menjadi bekal mereka di masa depan. Selain itu, dengan kegiatan mulai tersebut bisa mendorong anak-anak untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia, lebih lembut, dan jujur.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Perihal mengajak anak-anak untuk mempelajari kembali Al-Qur’an bagi orang tua yang belum cukup ilmu dalam bidang tersebut, bisa mendatangkan guru/ustadz yang ahli dalam membaca ataupun ilmu Al-Qur’an, agar anak-anak benar dalam membaca kitab suci umat islam tersebut. Berkat mengisi waktu luang dengan membaca Al-Qur’an, anak-anak akan memperoleh pahala, sekaligus akan bisa lebih memahami agama Islam dengan lebih baik.

3. Menghafalkan Surat-Surat Pendek dalam Al-Qur’an

Kegiatan seru di bulan Ramadan yang aplikasikan kepada anak-anak adalah dengan mengajak mereka untuk menghafalkan surat-surat pendek yang ada di dalam Al-Qur’an. Kegiatan tersebut tidak hanya untuk mengisi waktu luang mereka, akan tetapi membuat anak bisa hafal surat-surat pendek dan memahami Al-Qur’an.

Orang tua juga sekiranya perlu menyertakan arti surat-suart pendek tersebut, supaya anak-anak semakin paham dengan makna surat yang mereka hafalkan. Jadwalkan pula waktu penyetoran hafalan seperti misalnya satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Surat-surat pendek yang direkomendasikan adalah antara lain Surat Al-Fatihah, Surat An-Nas, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Lahab, Surat Al-Falaq, Surat An-Nasr, Surat Al-Kautsar, Surat Al-Kafirun, dan lainnya.

4. Menonton Film-Film Bertemakan Islami

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di bulan Ramadan dengan anak-anak yaitu  dengan mengajak mereka menonton film-film bertemakan islami seperti halnya kisah-kisah nabi terdahulu, kisah-kisah wali songo, kisah biografi seorang ulama, cerita motivasi, atau animasi-animasi islami.  

Selain bisa meningkatkan kedekatan antara orang tua dengan anak, kegiatan menonton film islami tersebut bisa menambah wawasan anak-anak tentang agama Islam. Oleh sebab itu, cobalah ajak mereka untuk menonton film-film seperti kisah Nabi Muhammad SAW, kisah Nabi Musa A.S, dan cerita-cerita sahabat Rasul, sehingga anak-anak bisa mengambil hikmah dan nilai-nilai keteladanan yang ada dalam film tersebut. 

5. Olahraga sembari Menunggu Azan Maghrib Tiba

Sembari menunggu beduk azan Maghrib tiba, beragam kegiatan olahraga yang dapat orang tua lakukan bersama anak-anak seperti di anatranya, jalan-jalan santai, bersepeda, bermain bulutangkis, futsal, atau lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa menjaga kebugaran dan kestabilan tubuh pada saat bulan suci Ramadan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kembali daya tahan tubuh anak ketika berolahraga saat berpuasa, karena setiap anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda pula.

Demikianlah beberapa kegiatan seru di bulan Ramadan yang dapat dilakukan orang tua bersama anak-anak. Pilihlah salah satu kegiatan seru di bulan Ramadan di atas dan ajaklah anak-anak untuk melakukan kegiatan tersebut. Berkat begitu, mereka dapat lebih merasa semangat untuk menjalankan ibadah puasa, sebab rasa lapar dan dahaganya dapat hilang sejenak. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *