Lompat ke konten
Yuk Intip! Jam Masuk Sekolah di Berbagai Negara

Yuk Intip! Jam Masuk Sekolah di Berbagai Negara

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Negara-negara di dunia memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda, lho EDOOers. Salah satunya adalah perbedaan jam masuk sekolah yang diberlakukan. Negara Indonesia saja, rata-rata jam masuk sekolah pukul 07.00 pagi. Bahkan sempat viral kemarin di daerah NTT jam 5 pagi sudah masuk sekolah.

Jam belajar sekolah di setiap negara tentunya sangatlah berbeda. Ada yang memiliki jumlah jam belajar paling sebentar dan paling lama. Jumlah jam belajar tersebut umumnya ditentukan berdasarkan kebutuhan dari sistem pendidikan yang telah diterapkan oleh negara tersebut.

Ternyata, ada beberapa sekolah di negara-negara lain yang jam sekolahnya pendek dan waktu liburnya panjang, lo EDOOers. Yuk, kita intip dan cari tahu juga jam sekolah teman-teman kita yang ada di luar Indonesia! Lantas, pukul berapa aja sih jam masuk sekolah di berbagai negara? Berikut rangkuman yang sudah EDOO kumpulkan.

  1. Finlandia

Finlandia yang merupakan negara yang banyak mendapatkan pujian karena sistem pendidikannya. Negara yang dikenal paling baik sistem pendidikannya di dunia ini ternyata hanya menetapkan waktu belajar di sekolah 4-5 jam dalam sehari.

Jam masuk sekolah di negara Finlandia sendiri dimulai antara pukul 09.00-09.45 dan berakhir sekitar pukul 14.00. Selain itu, siswa di Finlandia diberikan kesempatan waktu istirahat sekitar 15-30 menit disela-sela pelajaran dengan tujuan otak dapat fokus secara optimal. Asyiknya lagi, siswa di Finlandia memiliki sedikit sekali bahkan hampir tidak ada pekerjaan rumah, lho EDOOers.

Bahkan untuk jenjang pendidikan setingkat SMA di Finlandia, siswa hanya datang pada jam pelajaran sesuai dengan kelas atau peminatan yang dipilih seperti kuliah. Sistem tersebut berjalan baik, karena didukung oleh masyarakat Finlandia yang sangat mengutamakan pendidikan sebagai suatu kebutuhan primer.

2. Swedia

Negara Swedia merupakan salah satu negara dengan tingkat pendidikan terbaik di dunia. Jam masuk siswa tingkat sekolah dasar di Swedia mulai pukul 08.30-14.30. Sedangkan untuk siswa tingkatan sekolah menengah mulai pukul 08.30-16.00 sore lho EDOOers.

Swedia menjadi negara yang menempati peringkat pertama (skor 100) dalam penilaian negara dengan sistem pendidikan publik terbaik di dunia. Negara Swedia sendiri mewajibkan para anak-anak untuk menempuh pendidikan minimal selama 10 tahun mulai dari mereka berumur sekitar 6 tahun.

3. Australia

Australia merupakan negara yang memberlakukan jam masuk sekolah dari hari Senin sampai hari Ju’mat. Bagi siswa jenjang sekolah dasar di Australia jam masuk sekolah mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.30. Sedangkan untuk siswa jenjang sekolah menengah jam masuk sekolah dimulai dari pukul 08.30 sampai sekitar pukul 15.00. Sementara itu di sekolah-sekolah di Australia mengadakan acara olahraga tim wajib pada hari Sabtu pagi.

4. Korea Selatan

Secara umum, sistem pendidikan di negara Korea Selatan memperoleh stigma sebagai salah satu yang paling ketat di dunia. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi agar mendapatkan kesuksesan karier di masa depan secara efektif dan efisien.

Umumnya siswa-siswi mulai jenjang sekolah dasar di negara Korea Selatan mulai belajar dari pukul 08.00 sampai pukul 13.00. Sedangkan untuk siswa-siswi jenjang SMP dan SMA jam masuk sekolah mereka adalah mulai pukul 08.00-16.30 sore hari.

Kemudian, setelah jam belajar di sekolah berakhir pada sore hari. Ada pula siswa-siswi yang belajar mandiri, setelah sepulang sekolah atau sampai malam hari. Belajar mandiri tersebut umumnya diberlakukan di sekolah, seperti belajar kelompok atau ada juga berupa les di luar sekolah.

5. Jepang

Secara umum, siswa siswi di Negeri Matahari Terbit yaitu Jepang wajib pergi ke sekolah pada pukul 08.00 atau 08.30 dan pulang sekolah antara pukul 15.00-16.00 sore hari. Jadi, siswa-siswi di Jepang harus bersekolah selama sekitar 6,5 jam setiap hari Senin sampai Jumat. Setiap satu jam belajar, siswa di Jepang diberikan istirahat selama 15 menit untuk merelaksasi otot dan otak supaya dbisa menerima pelajaran selanjutnya.

Umumnya sepulang sekolah beberapa siswa juga mengikuti kelas tambahan atau les di luar sekolah atau biasa deisebut Juku (bimbingan belajar), terutama bagi siswa yang ingin mengikuti ujian masuk sekolah supaya siap bersaing dengan siswa-siswi lainnya.

Kebijakan pendidikan perihal jam masuk sekolah yang diterapkan di berbagai negara tersebut dibentuk sedemikian rupa, karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta kondisi negaranya, Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan jam masuk sekolah di berbagai negara di penjuru dunia. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat memberikan referensi serta wawasan terbaru kepada EDOOers. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *