Skip to content

Guru Wajib Ketahui! Media Pembelajaran Paling Efektif untuk Siswa

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Seorang guru harus mengetahui macam-macam media pembelajaran paling efektif yang diperlukan dalam mengajar, agar dapat membuat para siswanya semakin bersemangat dalam belajar. Hal tersebut dilakukan untuk merangsang pola belajar siswa, guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar, sehingga kegiatan pembelajaran bisa efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Apa itu Media Pembelajaran ?

Secara bahasa, media pembelajaran ialah alat bantu belajar mengajar. Sedangkan secara umum, media pembelajaran merupakan sebuah alat bantu ajar yang mempunyai tujuan untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap suatu materi.

Seiring dengan perkembangan zaman serta didukung dengan hadirnya teknologi dan informasi, dunia pendidikan terus bergerak dan mengalami perubahan. Banyak media pembelajaran telah ditemukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga hal tersebut juga mempengaruhi metode yang digunakan oleh seorang guru.

Tujuan dari menyesuaikan media pembelajaran dengan siswa, agar para siswa dapat memahami materi dengan efektif dan menyenangkan. Selain itu, dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan generasi siswa tersebut, dapat membuat mereka lebih bisa memahami materi pembelajaran dengan mudah. 

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam lagi, tahukah bapak/ibu guru atau EDOOcator bahwa generasi siswa sekarang ini lebih dikenal dengan Generasi Z atau istilah kerennya adalah Gen Z. Generasi Z ini hidup dan tumbuh bersama internet, sehingga hampir setiap hal yang dilakukan dan pelajari bersumber dari internet.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat, telah membersamai dan membantu Gen Z dalam segala kegiatan sehari-hari, baik belajar, bermain game, dan bersosialisasi. Kedekatan dengan teknologi itulah yang menyebabkan Gen Z mulai tidak terbiasa dengan sesuatu yang berbau konvensional. Salah satu bentuk yang konvensional tersebut adalah kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan papan tulis di dalam kelas. 

EDOOcator pastinya sudah pernah melihat ada siswa yang mengantuk dan tidak fokus dalam kegiatan belajar mengajar ketika memakai media pembelajaran papan tulis bukan? Jika iya, dapat dipastikan itu disebabkan karena mereka bosan dengan media pembelajaran yang digunakan.

Selain itu pula, metode pembelajaran konvensional sifatnya cenderung satu arah dan membuat suasana kelas menjadi monoton serta terasa membosankan. Oleh sebab itu, perlu ada inovasi berupa media pembelajaran paling efektif yang digunakan untuk mengajar para siswa. Lalu media pembelajaran seperti apa sih yang disukai para siswa Gen Z tersebut? Yuk simak penjelasannya sampai akhir ya!

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Macam-Macam Media Pembelajaran Paling Efektif

Saat ini, pendidikan di Indonesia telah menemukan dan menerapkan banyak media pembelajaran yang efektif untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar di kelas. Lalu media pembelajaran seperti apa yang dapat digunakan? Berikut kami uraikan untuk membantu pemahaman EDOOcator sekalian. 

  1. Media Audio Visual

Sekarang ini, penggunaan media audio visual sebagai media pembelajaran menjadi lebih sering digunakan oleh guru-guru di Indonesia. Khususnya sejak sistem pembelajaran daring karena pandemi Covid-19 menjadi semakin marak. Penggunaan media pembelajaran berbentuk audio visual juga cenderung lebih membantu siswa dalam memahami materi.

Media pembelajaran satu ini memanfaatkan indera penglihatan dan pendengaran siswa untuk belajar. Keunggulan dari media pembelajaran audio visual ini ialah dapat menggambarkan materi dengan lebih jelas, konkrit dan membuat suatu materi lebih mudah untuk diingat oleh siswa. Misalnya saja alat peraga, mengamati alam sekitar secara langsung, televisi, dan video.

  1. Media Digital

Media pembelajaran yang kedua ini lebih memanfaatkan kecanggihan sebuah teknologi untuk menggambarkan suatu materi yang sulit digambarkan atau hanya teori semata. Hal tersebut tentunya sering ditemukan oleh paa guru di fenomena ilmu fisika, dimana banyak teori fisika yang hanya bekerja pada kondisi ideal saja, bukan pada kondisi real. Media pembelajaran digital ini sudah sangat umum dipergunakan di sekolah-sekolah perkotaan. Contoh media pembelajaran digital ini adalah powerpoint, video animasi, dan aplikasi simulasi seperti halnya aplikasi EDOO.

  1. Media Internet

Media pembelajaran satu ini memanfaatkan dan memaksimalkan potensi internet untuk mencari dan menganalisis materi pelajaran secara positif. Media pembelajaran ini semakin popular, karena siswa bisa melihat secara langsung fungsi serta kegunaan dari ilmu yang diberikan oleh para guru. Misalnya saja yaitu Zoom Meeting, Google, website media berita, dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai seorang guru, memilih, memahami, dan menggunakan macam-macam media pembelajaran paling efektif merupakan suatu hal yang penting. Berkat memahami hal tersebut, EDOOcator akan lebih mudah dalam proses pengajaran untuk menghadirkan suasana belajar yang lebih kondusif dan interaktif, seehingga siswa bisa lebih memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik pula.

Perkembangan zaman yang begitu pesat dan hadirnya Kurikulum Merdeka menuntut siswa Generasi Z untuk berpikir jauh lebih kritis, apalagi dengan hadirnya internet di hidup mereka sejak dini. Sebagai guru, mau tidak mau harus menyesuaikan perkembangan zaman tersebut dengan memilih media pembelajaran paling efektif supaya pelajaran dapat diterima siswa dengan lebih baik. Semoga tips ini bermanfaat. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *