Skip to content

Edoopreneur Program: Dorong Para Siswa Bangun Jiwa Berwirusaha

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Rabu, 29 Maret 2023, SMK Muhammadiyah 4 Yogyayakarta mengadakan sebuah kegiatan pelatihan batik tulis dengan menggunakan metode pengembangan teknologi platform digital. Pelatihan membatik tersebut merupakan bagian dari Edoopreneur Program yang dinisiasi oleh Aksaramaya, sebagai wujud dukungan dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 4 melalui Project Enterpreneurship.

Selain itu juga, kegiatan membatik tulis tersebut merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 4 dengan Aksaramaya. Penandatangan kesepakatan kerja sama antara keduanya tersebut dilakukan langsung oleh Narwoto MPd selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan Sulasmo Sudharno selaku Dirut Aksaramaya yang bertempat di Kantor Aksaramaya di Jalan Monumen Perjuangan TNI AU No 93, Krobokan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Edoopreneur Program sejatinya merupakan sebuah program bimbingan berwirausaha yang diperuntukkan kepada siswa-siswi melalui program pelatihan digital marketing dan pembuatan konten digital dari kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berbasis proyek seperti membatik, melukis dan prakarya lain sebagainya.

Setiap program pasti ada sebuah tahapan dan proses-prosesnya, tak menampik bagi Edoopreneur Program juga memiliki tahapan-tahapannya sendiri. Tahapan pertama dari program berwirausaha ini yaitu siswa mengikuti pelajaran berbasis proyek dengan kegiatan membatik, melukis, prakarya, dan lain sebagainya.Tahapan kedua yakni siswa diajak mengikuti pelajaran membuat konten digital dari materi pelajaran yang berbasis proyek.

Tahapan ketiga dari Edoopreneur Program ialah siswa mengikuti pelatihan digital marketing untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan perangkat digital, sebagai sarana promosi melalui konten digital untuk meningkatkan penjualan hasil karya atau produk lainnya. Tahapan terakhir dari program ini yaitu dapat menghasilkan konten yang bisa dipublikasikan ke ePustaka sekolah pada aplikasi EDOO untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan social media untuk materi promosi produk yang dihasilkan.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah E

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Selain memiliki tahapan-tahapan, Edoopreneur Program juga mempunyai banyak manfaatnya lo EDOOcator dan EDOOers. Manfaat untuk sekolah dari program berwirusaha tersebut di antaranya seperti mengembangkan pembelajaran yang berbasis proyek, konten baru akan tercipta untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, dan showcase hasil nyata kegiatan pengembangan diri dari sekolah untuk siswa.

Sementara itu manfaat dari Edoopreneur Program di antaranya adalah membangun portofolio diri, menambah skill baru bagi siswa untuk menjadi konten kreator yang dapat menambah penghasilan, ikut berkontribusi menciptakan konten baik, dan siswa bisa mendapatkan konten dalam bentuk souvenir yang berisi QR konten dan karya/produk hasil pelatihan.

Narwoto selaku selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta mengatakan, pihak SMK Muhammadiyah 4 begitu tertarik untuk mengikuti Edoopreneur Program yang menjadi salah satu inovasi terbaru Aksaramaya, karena sejak tidak dihadirkannya ujian nasional, maka syarat kelulusan para siswa tidak ditentukan oleh nilai dari ujian nasional, melainkan setiap tahun harus ada kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) yang diujikan dan dinilai potret sekolah yaitu seperti literasi siswa dan munerasi siswa di lingkungan belajar.

Pihak SMK Muhammadiyah 4 mengakui, dengan hadirnya dunia internet yang semakin hari semakin berkembang pesat, digitalisasi di berbagai sektor sangat berdampak kepada siswa, dan tentunya dalam kegiatan literasi menjadi terbatas. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dan juga untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta perlu adanya kerja sama dengan Aksaramaya.

Lebih lanjut, Narwoto mengatakan, bahwa Aksaramaya merupakan perusahaan pengembang platform teknologi yang digunakan untuk membangun sebuah ekositem konten digital dalam rangka peningkatan layanan perpustakaan dan pendidikan. Berkat adanya Digital Right Management (DRM) yang terus dikembangkan bisa menjadi sebuah teknologi yang digunakan guna mengelola serta melindungi konten digital sesuai aturan yang telah disepakati.

Sedangkan, aplikasi EDOO yang merupakan produk teknologi pendidikan dari Aksaramaya yaitu merupakan platform edukasi untuk proses kegiatan belajar mengajar yang telah dilengkapi dengan kelas online Video Conference dan offline, manajemen sekolah, perpustakaan digital, dan lain sebagainya.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Demikianlah, penjelasan mengenai Edoopreneur Program yang dapat mendorong para siswa membangun jiwa berwirausaha mereka. Bagi sekolah atau individu yang ingin mengikuti Edoopreneur Program ini, dapat menghubungi 0859-1067-25577 atau partnership@aksaramaya.com untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *