Skip to content

3 Rekomendasi Film Tentang Buku yang Perlu Kalian Tonton

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Buku merupakan media yang luar biasa untuk menemukan banyak wawasan sert pengetahuan. Namun, faktanya masih banyak orang yang kurang suka membaca buku. Kebanyakan, sih, alasannya karena menjenuhkan atau membuat pusing. Mensiasati hal tersebut maka dengan menonton film tentang buku bisa meningkatkan gairah dalam membaca.

Buku dan film menyajikan imajinasi serta ide menarik yang menginspirasi para penikmatnya. Menariknya, tema terkait buku kerap menginspirasi para penggarap film layar lebar. Bahkan sekarang ini banyak film-film seru yang mengangkat kisah tentang buku dengan karakter-karakter menarik pula dalam film.

EDOOers tidak salah dengar kok, memang ada film tentang buku, bukan berdasar buku. Kalau belum tahu, berikut ini ada lima film yang bertema tentang buku, lho. Yuk tanpa basa-basi lagi, langsung saja disimak yuk!

  1. The Reader

Film The Reader merupakan salah satu film berdasarkan sebuah novel karya Bernhard Schlink yang berjudul The Reader atau Der Vorleser. Film tersebut dirilis secara terbatas di Amerika Serikat pada 12 Desember 2008 dan baru pada dirilis secara luas pada 30 Januari 2009.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Film The Reader mengisahkan cerita cinta Michael (David Kross), seorang pria yang selalu membacakan buku untuk kekasihnya yang buta huruf yaitu Hanna (Kate Winslet). Sang kekasih yaitu Michael selalu memperdengarkan kisah dari suatu buku puisi terkenal The Odyssey, novel The Adventure of Huckleberry Finn, sampai komik Tintin.

Setelah menjadi korban Nazi, Michael dan Hanna pun terpisah. Akibat Hanna yang malu mengakui bahwa dirinya buta huruf, semakin membawanya ke dalam situasi yang sulit. Bahkan dia harus sampai menerima hukuman penjara yang sebenarnya tidak perlu dilimpahkan padanya.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Selama mendekam di penjara, Hanna berusaha dengan keras untuk belajar membaca dan menulis. Membaca membuatnya sadar bahwa kekuasaan bisa mengatur segalanya. Setelah menonton The Reader tentunya akan semakin menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya bisa membaca dan menulis

2. The Bookshop

Film tentang buku kedua adalah The Bookshop yang dirilis pada tahun 2017 di negara Spanyol, lalu baru pada pertengahan tahun 2018 baru dirilis di Jerman dan Inggris. Film ini memiliki latar waktu pada akhir tahun 1950, dan film ini menceritakan tentang Florence Green yang diperankan oleh Emily Mortimer. Dia merupakan seorang janda yang sangat mencintai buku dan mempunyai impian untuk membuka toko buku.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Film ini diadaptasi dari sebuah novel karangan Penelope Fitzgerald berjudul sama. Setelah Florence Green pindah ke Kota Hardborough, Suffolk, tekadnya semakin bulat untuk membuka sebuah toko buku. Lantas dengan usahanya dalm meminjam uang ke bank, akhirnya dia dapat membangun toko buku impiannya di rumah tua yang sudah kosong selama bertahun-tahun. Kehadiran toko bukunya tersebut juga ikut menumbuhkan minat baca masyarakat sekitar, meskipun harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Berkat film ini kita dapat memperoleh sebuah pelajaran bahwa untuk menumbuhkan kebiasaan membaca membutuhkan waktu yang lama. Selain itu juga di dalam film tersebut ada konflik yang benar-benar menjengkelkan bagi para pencinta buku atas ulah Mrs. Gamart, yaitu seorang penduduk yang mempunyai pengaruh besar di kota tersebut

3. The Book Thief

Film The Book Thief ini mempunyai latar waktu di awal-awal kemunculan partai Nazi. Film ini menceritakan tentang Liesel, yang diperankan oleh Sophie Nélisse, gadis yang hobi mencuri buku. Ketika mencuri buku pertamanya, Liesel memperolehnya dari seorang penggali kubur di pemakaman adiknya. Akan tetapi, awalnya Liesel belum bisa membaca. Alhasil oleh ayah angkatnya, ia pun diajari membaca oleh ayang angkatnya tersebut.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Ketertarikan Liesel terhadap buku, membuatnya tidak berpikir panjang untuk kemudian mencuri buku yang dia temui. Pasalnya hidup Liesel tidaklah mudah. Sebab peperangan dan konflik di hidupnya sangat banyak dan datang secara beruntun pada Perang Dunia II.Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Namun setiap kata-kata yang terdapat dalam buku yang Liesel baca membuat wawasannya bertambah dan mendorongnya untuk tetap semangat menjalani hidupnya.

Bagi Sebagian orang yang mencintai buku. Buku merupakan sebuah keajaiban dan hadiah paling indah yang pernah hadir dalam kehidupan dunia. Betapa tidak, buku mampu menghidupkan jiwa dan mengubah beragam hal.

Selera dalam membaca buku memang dapat dibangun dari berbagai cara. Salah satunya dengan menonton film tentang buku. Dari deretan rekomendas film di atas, EDOOers pengen nonton yang mana dulu, nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *