Skip to content

Tipe-X Modifikasi Jadi Tren Anak-Anak Sekolah Masa Kini

Kreativitas anak-anak sekolah memang tak ada batasnya. Ada saja ide terlintasn yang terlintas dipikiran mereka untuk menjadikan masa-masa sekolah semakin seru. Salah satunya viral saat ini adalah dengan membuat tipe-x modifikasi seperti halnya motor balap.

Belakangan ini tren mainan anak-anak sekolah memang tidak dapat ditebak. Bermula anak-anak sekolah yang suka bermain game online, lalu dihebohkan kembali permainan era tahun 2000-an yakni lato-lato, hingga yang terbaru tren mainan tipe-x modifikasi.

Apa itu Tipe-X ?

Tipe-X bukanlah salah satu nama grub band beraliran ska di Indonesia lho, EDOOers. Namun tipe-x adalah sebuah alat yang lazim dipergunakan anak-anak sekolah untuk menghapus tulisan di atas kertas yang ditulis dengan pulpen ataupun hasil dari print-out. Tipe-x tersebut berbentuk cairan putih yang umumnya dikemas dalam botol kecil dengan ujung botol meruncing yang berfungsi pula sebagai landasan untuk menghapus.

Cairan penghapus satu ini pertama kali ditemukan di negara Amerika pada tahun 1951 oleh Bette Nesmith Graham. Kemudian pada tahun 1956, Bette mematenkan produk tersebut untuk diperjual belikan dengan nama brand Mistake Out, yang selanjutnya diganti dengan brand Liquid Paper.

Tipp-Ex sendiri adalah sebuah nama brand perusahaan yang didirikan di Eltville, Jerman oleh Wolfgang Dabisch. Selanjutnya dibangun lagi sebuah perusahaan kontribusi untuk Tipp-Ex di Frankfurt, Jerman oleh Otto Carls. Perusahaan yang didirikan tersebut bernama “Tipp-Ex Contribution”.

Produk pertama dari perusahaan tersebut adalah sebuah kertas pengoreksi inovatif yang dipergunakan untuk mesin ketik. Nama tipe-x atau tipp-ex berasal dari penggunaan produk pertama perusahaan Tipp-Ex Contribution. Tipe-x secara bahasa berasal dari kata “tippen” (bahasa Jerman) yang memiliki arti mengetik, dan “ex” berasal dari bahasa latin yang memiliki arti keluar, pergi, enyah, tidak lagi.

Nah setelah perjalanan yang panjang, pada tahun 1965 perusahaan Tipp-Ex Contribution berinovasi dengan menelurkan sebuah produk cairan penutup yang hampir mirip dengan cairan Mistake Out. Akhirnya menjadikan produk penghapus unik tersebut laris di pasaran Eropa dan dunia, termasuk juga di Indonesia.

Siswa Modifikasi TipeX Jadi Mainan

Belakangan ini, kreativitas anak-anak sekolah yang membuat mainan dari Tipe-x bekas lalu dimodifikasi menjadi lebih keren, viral di berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok. Tipe-x bekas tersebut di tangan siswa yang kreatif dimodifikasi sedemikian rupa menjadi sebuah mainan yang keren dan aestetik. Istilah yang digunakan untuk menyebut mainan dari Tipe-x modifikasi tersebut adalah tipe-x trondol atau tipe-x racing.

Yap benar sekali, tipe-x yang lazimnya dipergunakan untuk menghapus sebuah tulisan yang salah justru diubah menjadi mainan yang unik, keren dan murah. Saking mencuri perhatiannya tipe-x modifikasi tersebut, sampai-sampai viral ada guru yang merazianya.

Salah satu akun TikTok bernama @ndarukurniawan_suseno Ia membagikan beberapa video yang memamerkan hasil kreatifitas siswa berupa tipe-x hasil modifikasi. Tampak di dalam video yang diunggah akun @ndarukurniawan_suseno, berbagai mainan tipe-x hasil modifikasi itu dipamerkan di atas meja di ruang kelas sekolah. Pemilik akun sendiri, sepertinya seorang guru di sekolah itu.

Pada video lainnya, pemilik akun juga membagikan suasana saat di dalam ruang kelas. Konten video tersebut menceritakan terkait parodi dari siswa SMP yang tengah ditegur oleh seorang guru yang ceritanya berperan sebagai polisi yang menilang para siswa SMP tersebut.

Namun, ada juga akun TikTok bernama @cleonkalqwo yang membahas tentang tutorial pembuatan tipe-x modifikasi tersebut. Pada video milik akun @cleonkalqwo, terdapat pembahasan mengenai bagaimana tipe-x modifikasi dibuat. Awalnya, tipe-x harus dibongkar total. Selanjutnya, beberapa bagian (patrt) digabungkan dengan menggunakan karet dan tali masker. Sedangkan bagian pulpen dibuat menjadi knalpotnya.

Tipe-x modifikasi tersebut memang terlihat dangdut banget, lho EDOOers. Masing-masing tipe-x modifikasi tersebut terlihat unik dan keren, karena ada yang ditambahkan berbagai macam kabel untuk membuat gerigi di dalamnya berputar. Ada juga tipe-x yang menggunakan hiasan berupa knalpot, serta lampu warna-warni yang ramai.

Tapi setelah diselidiki, ternyata tipe-x trondol atau racing tersebut bisa mengeluarkan suara yang cukup keras, lho EDOOers. Tentunya jika dimainkan sembarangan di sekolah pada jam pelajaran, hal tersebut dapat mengganggu ketertiban belajar mengajar.

Berbeda dengan tren lato-lato yang menimbulkan suara yang membisingkan, tren tipe-x modifikasi ini tentu saja lebih silent. Anak-anak sekolah dalam tren ini dituntut untuk berlomba lomba mengasah ide kreatif mereka semaksimal mungkin dalam proses modifikasi.

Modifikasi tipe-x yang aestetik dan keren, tentunya akan menambah kebanggan dan kepuasan tersendiri dalam diri anak-anak sekolah tersebut. Adu kreatif akan menjadi tuntutan dalam mengembangkan tren mainan satu ini.

Tren mainan tipe-x modifikasi ini haruslah di beri dukungan dan apresiasi, karena melalui tren ini meningkat pula kretivitas para anak-anak sekolah. Sebagai guru dan orang tua menanggapi tren mainan tipe-x modifikasi ini sepatutnya untuk mengarahkan dan memberikan sarana atau fasilitas untuk ajang kreativitas mereka.

Itulah sekilas pembahasan tentang tren mainan tipe-x modifikasi yang akhir-akhir ini viral. Permainan ini bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu luang anak-anak sekolah, sekaligus untuk meningkatkan kreativitas anak. Jadi, EDOOers ikutan tren mainan tipe-x modifikasi ini juga nggak nih? Yuk share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *