Skip to content

Mengulik Kegiatan Seru yang Dirindukaan Saat Perkemahan Pramuka

Pramuka atau yang sering dijabarkan sebagai Praja Muda Karana merupakan sebuah organisasi yang tidak asing bagi siswa-siswi di Indonesia. Pramuka sendiri di Indonesia menjadi salah satu ekstrakurikuler yang selalu ada di setiap sekolah. Salah satu acara yang paling seru dan dirindukan para siswa dalam organisasi tersebut adalah perkemahan pramuka.

Persami atau perkemahan pramuka merupakan acara yang paling terkenal bagi siswa-siswi di sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Perkemahan pramuka ini umumnya dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu pada pertengahan bulan Agustus, sekaligus untuk memperingati hari lahirnya pramuka.

Apa itu Pramuka ?

Praja Muda Karana mempunyai arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Organisasi pramuka tersebut sudah mulai bisa diikuti siswa pada saat menginjak pendidikan bangku sekolah dasar. Ekstrakurikuler pramuka memiliki keidentikannya tersendiri, salah satunya adalah mempunyai warna khas yaitu warna cokelat.

Pramuka atau scouting diciptakan oleh Lord Baden Powell sebagai Bapak Pramuka Dunia. Tujuan didirikannya pramuka untuk sebagai cara membina generasi muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pramuka lahir berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei tahun 1961. Namun secara resmi, organisasi yang memiliki lambing tunas kelapa ini diperkenalkan kepada khalayak umum pada tanggal 14 Agustus 1961.

Pramuka di Indonesia mempunyai klasifikasi tersendiri bagi para anggotanya di antaranya meliputi; Pramuka Siaga (umur 7–10 tahun), Pramuka Penggalang (umur 11–15 tahun), Pramuka Penegak (umur 16–20 tahun) dan Pramuka Pandega (umur 21-25 tahun).

Pramuka menjadi suatu pendidikan di luar lingkungan sekolah yang didalamnya terdapat banyak kegiatan menarik serta mengasyikkan yang dilakukan di alam terbuka. Selain itu, melalui adanya kegiatan pramuka ini akan dapat membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti luhur siswa maupun siswi.

7 Kegiatan Seru Saat Perkemahan Pramuka

EDOOers masih ingat nggak dengan acara perkemahan pramuka? Membuat rindukan ya? Supaya EDOOers semakin merasakan kerinduan dari kegiatan perkemahan pramuka ini, berikut terdapat 7 kegiatan seru dan dirindukan yang biasanya diadakan saat perkemahan pramuka berlangsung.

  1. Upacara Hari Pramuka

Saat sampai di bumi perkemahan pramuka, sebelum membangun tenda kelompoknya masing-masing dan mempersiapkan semua perlengkapannya, semua anggota akan dikumpulkan terlebih dahulu di lapangan untuk memulai upacara. Upacara digelar pada saat acara perkemahn akan baru dimulai. Berkat adanya upacara, menandakan bahwa acara perkemahan perkemahan pramuka sudah dimulai.

2. Senam Pagi Bersama-Sama

Senam pagi merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta perkemahan pramuka. Kegiatan senam pagi tersebut dilaksanakan sekitar pukul setengah enam, semua peserta perkemahan akan dibangunkan dan dikumpulkan di lapangan dengan memakai seragam olahraga dan akan melakukan senam pagi bersama.

Umumnya, pada kegiatan senam pagi ini terdapat penilaian kekompakan untuk setiap kelompok dalam melakukan senam pagi. Penilaian senam pagi ini dilihat dari kekompakan dan ketepatan gerakan, lalu penentuan pemenang akan diumumkan di upacara penutupan perkemahan pramuka.

3. Jelajah Alam

Jelajah alam umumnyaa diadakan di hari kedua perkemahan pramuka, mulai pagi sampai siang menjelang sore. Setiap kelompok mempunyai perwakilan masing-masing untuk ditugaskan menjelajahi alam, mulai 7 hingga 10 anggota yang ditugaskan.

Kegiatan jelajah alam ini akan dibagi menjadi beberapa titik pos. Setiap posnya mempunyai tugasnya masing-masing untuk diselesaikan setiap kelompok, seperti memecahkan kuis, memecahkan teka-teki sandi semaphore, melakukan lomba tali-temali, dan sampai cerdas cermat dengan materi kepramukaan.

4. Upacara Api Unggun

Upacara api unggun menjadi kegiatan yang paling ditunggu oleh seluruh peserta perkemahan pramuka. Kegiatan upacara api unggun ini umumnya dilakukan setelah selesai sholat isya berjamaah bagi yang muslim. Semua peserta perkemahan pramuka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan api unggun tersebut dengan khidmat.

Kegiatan upacara api unggun ini dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh peserta dan disuruh untuk mengelilingi api unggun yang berkobar begitu besar. Pembina pramuka akan memberikan sambutan dan petuah-petuahnya. Selanjutnya, semua peserta perkemahan pramuka akan menyanyikan lagu-lagu pramuka sambil bergerak mengelilingi api unggun tersebut.

5. Hasta Karya

Hasta karya merupakan kegiatan dalam perkemahan pramuka yang diadakan untuk melatih keterampilan anggota pramuka. Keterampilan yang dilatih melalui kegiatan hasta karya ini seperti membuat kerajinan tangan dari kain dan kerajinan seperti gerabah. Kerajinan tersebut kemudian akan dipamerkan di setiap tenda-tenda pada kelompoknya masing-masing. Umumnya kerajinan tangan tersebut dipergunakan sebagai hiasan tenda, karena kerapian dan keindahan tenda juga dinilai dan diambil pemenangnya.

6. Perlombaan-Perlombaan

Ada banyak jenis perlombaan yang diadakan pada acara perkemahaan pramuka, Kegiatan lomba-lomba ini tidak bisa dihilangkan karena sudah menjadi budaya. Ada beragam jenis lomba, mulai dari lomba menari, memasak, senam, melukis, menyanyi bahkan ada beberapa sekolah yang mengadakan lomba adzan hingga dakwa loh, EDOOers.

Berkat kegiatan lomba tersebut akan diambil beberapa juara yang diumumkan ketika upacara penutupan perkemahan pramuka. Bagi regu yang memperoleh banyak predikat sebagai juara pertama, akan menjadi juara umum dan mendapatkan piala dan sertifikat penghargaan yang tinggi dan terlihat begitu prestise.

7. Jelajah Malam

Lewat tengah malam, para peserta perkemahan pramuka akan dibangunkan dari tidur nyenyaknya, lalu disuruh untuk menutup mata menggunakan hasduk. Masih ingat, kan, EDOOers? Betul sekali, kegiatan ini bernama jelajah malam.

Umumnya kegiatan jelajah malam ini dilakukan tengah malam dan para peserta dibangunkan secara serentak. Tak sedikit peserta yang mengalami ketakutan dalam mengikuti kegiatan tersebut, karena dilakukan pada tengah malam, dan disertai dengan udara yang sangat dingin yang menembus kulit.

Pada kegiatan jelajah malam ini setiap peserta diwajibkan saling memegang pundak satu sama lain agar gerakannya dapat dikontrol dan ada pemandu juga yang mengarahkan. Tetapi, pemandu juga akan secara sengaja memutus pegangan antar peserta, sehingga terpisah lalu mulailah momen jerit-menjerit. Faktanya, kegiatan jelajah malam tersebut hanya memutari area bumi perkemahan saja loh, EDOOers.

Nah, itu dia EDOOers beberapa kegiatan pada perkemahan pramuka yang cukup mengasyikkan dan mungkin dirindukan, menarik bukan? Kalau di sekolah EDOOers ada kegiatan perkemahan pramuka tersebut jangan diabaikan ya. Yuk mulai aktif untuk berpartisipasi pada setiap kegiatan pramuka yang menjelajahi alam yang indah di Indonesia! Salam Literasi untuk Edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *