Skip to content

Mantap, Pisang Goreng Jadi Dessert Nomer Satu Terenak di Dunia !

Selain rendang, baru-baru ini ada lagi satu makanan Indonesia yang kembali masuk ke dalam deretan makanan terenak di dunia. Sebuah laman panduan wisata serta kuliner dunia yaitu Taste Atlas telah menobatkan pisang goreng menjadi dessert nomor satu terenak di dunia yang dimasak dengan cara digoreng.

Pisang goreng merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang dikenal mempunyai rasa yang lezat. Umumnya, pisang goreng dinikmati sembari menyeruput teh panas atau kopi. Saking lezatnya pisang goreng, tidak heran jika jajanan tradisional satu ini terpilih sebagai dessert terenak di dunia versi Taste Atlas.

Apa itu Taste Atlas ?

Taste Atlas merupakan sebuah ensiklopedia daring yang memetakan berbagai jenis makanan dan minuman lokal di seluruh penjuru dunia. Pada halaman resmi TasteAtlas terdapat katalog lebih dari 10.000 makanan dan minuman dan masih ada puluhan ribu yang belum diteliti dan dipetakan.

Taste Atlas didirikan oleh seorang jurnalis dan pengusaha Kroasia Matija Babić. Taste Atlas dalam penilaiannya mengandalkan pengalaman, yang mana pengalaman tersebut berasal dari setiap perjalanannya untuk mencicipi makanan-makanan tradisional dari seluruh penjuru dunia.

Tak cuma itu saja, penilaian juga berdasarkan rasa, cara pengolahan, sampai keberadaannya dari masa ke masa jadi penilaian dari Taste Atlas. Hal tersebut untuk mengategorikan apakah makanan yang mereka santap layak jadi yang terenak atau bukan. Taste Atlas juga mengandalkan penilaian dari ulasan dari ahli gastronomi alih-alih ulasan berupa komentar anonim oleh pengguna.

Pengertian Dessert

Dessert merupakan beberapa jenis makanan ringan yang disajikan paling akhir stelah sajian makanan utama. Biasanya juga dessert disebut dengan istilah makanan pencuci mulut. Fungsi dessert sebenarnya adalah untuk penyegaran setelah menikmati menu utama atau main course yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang pekat, bahkan ada yang amis.

Kata dessert berasal dari bahasa Perancis yang berarti membersihkan meja. Pada tahun1600 -an penggunaan istilah dessert baru pertama kali digunakan dan terdapat dalam sebuah buku pedoman pendidikan kesehatan karya Wiliam Vaughan.

Permulaannya, hidangan dessert hanyalah didominasi buah-buahan dan makanan manis. Namun seiiring berkembangnya waktu, dessert dimodifikasi dan berubah menjadi bermacam-macam bentuk sajian. Akhirnya dessert saat ini terbagi menjadi tiga jenis di anataranya hot dessert, cold dessert, dan frozen dessert. Sedangkan untuk pisang goreng termasuk ke dalam jenis hot dessert.

Pisang Goreng Dessert Terenak di Dunia

Tidak disangka dan tidak terduga, pisang goreng sebagai kudapan sederhana khas Indonesia dengan cara pembuatan yang mudah, dinobatkan sebagai dessert goreng No. 1 terenak di dunia (deep-fried desserts in the world) versi Taste Atlas.

Pisang goreng masuk ke dalam jenis deep-fried desserts in the world paling enak di urutan pertama dari 50 negara lainnya, hingga sampai mengalahkan churros dari Spanyol dan donat dari Amerika Serikat. Pisang goreng memperoleh skor 4.60 dan menjadi yang tertinggi dibandingkan gorengan dari negara-negara lainnya.

Cita rasa kudapan yang kalau masih panas biasanya sering disebut “ hihang hoheng “ ini, tak sedikit membuat warga mancanegara jatuh cinta saat menyantapnya. Perpaduan antara buah pisang yang sudah dikupas, dimasukan ke dalam adonan tepung, yang selanjutnya digoreng menggunakan minyak panas. Pisang goreng menghasilkan tekstur khas crispy di luar dan lembut di dalam, dan rasanya sangat lezat.

Pemilihan pisang goreng sebagai dessert terenak nomer wahid di dunia ini, bukanlah didasari sebagai pilihan yang paling sehat, namun didasari sebagai pilihan terpopuler di hampir setiap masakan dan budaya. Oleh sebab itu, pisang goreng pun dinobatkan sebagai makanan goreng penutup terbaik di dunia.

Taste Atlas menganggap kudapan pisang goreng merupakan salah satu jajanan yang sering dimakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam kesehariannya. Kudapan satu ini sangat mudah untuk ditemui dan dibeli, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima.
Berikut daftar 30 deep-fried desserts in the world versi Taste Atlas:

1. Pisang goreng asal Negara Indonesia
2. Quarkballen asal Negara Jerman
3. Pastelitos Criollos asal Negara Argentina
4. Fouskakia asal Negara Yunani
5. Krapfen asal Negara Austria
6. Picarones asal Negara Peru
7. Bomboloni asal Negara Italia
8. Bola de Berlim asal Negara Portugal
9. Churros asal Negara Spanyol
10. Vdolky asal Negara Ceko
11. Awameh asal Negara Siria
12. Nonnevot asal Negara Belanda
13. Koeksister asal Negara Afrika Selatan
14. Beignets asal Negara Perancis
15. Lokma asal Negara Turki
16. Buñuelo asal Negara Spanyol
17. Leche frita asal Negara Spanyol
18. Doughnut asal Negara Amerika Serikat
19. Tulumba asal Negara Turki
20. Gulab jamun asal Negara India
21. Turon asal Negara Filipina
22. Oliebol asal Negara Belanda
23. Diples asal Negara Yunani
24. Csöröge asal Negara Hungaria
25. Bambalouni asal Negara Maghreb
26. Hot Jam Donuts asal Negara Australia
27. Fried lce Cream asal Negara Amerika Serikat
28. Malasadas asal Negara Portugal
29. Qottab asal Negara Iran
30. Strauben asal Negara Austria

Bertengger di posisi pertama sebagai dessert terenak di dunia, pisang goreng menjadi salah satu kuliner kebanggaan Indonesia. Gorengan sederhana yang hanya dibalut tepung ini memang menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Gimana EDOOers, jadi ingin makan pisang goreng nggak nih? Yuk lah langsung pergi ke warung terdekat untuk membelinya atau buat sendiri di dapur. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *