Skip to content

Manfaat Mempelajari Origami Bagi Siswa

Apa sih yang terlintas di pikiran EDOOcator / para guru saat mendengar kata origami? Pasti Anda akan membayangkan bermacam-macam bentuk kreasi origami seperti burung, pesawat terbang, perahu, ikan, dan lain sebagainya. Lantas apa itu origami? Dan apa sih manfaat mempelajari origami bagi siswa-siswi di sekolah. Yuk kita cari tahu bersama-sama!

Pada jam istirahat, Anda pasti pernah melihat ada siswa ataupun siswi yang sedang melipat-lipat kertas menjadi berbagai macam bentuk. Secara tidak langsung, kegiatan yang dilakukan siswa tersebut merupakan bentuk kreativitas yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa dalam memahami suatu pengajaran. 

Pengertian Origami

Secara bahasa istilah origami berasal dari kata ‘ori’ yang berarti lipat dan ‘gami’ yang berarti kertas. Jadi, origami memiliki makna yaitu sebuah seni melipat kertas dan memanipulasinya untuk membuat suatu objek yang bisa dikenali. Namun, bukan berarti origami tersebut diciptakan pertama kali di Jepang lho.

Berdasarkan sejarahnya, permainan origami berasal dari China, setelah penemuan kertas oleh orang China. Seni melipat kertas ini pertama kali diperkenalkan pada abad pertama zaman Tiongkok kuno sekitar tahun 105 Masehi oleh Ts’ai Lun.

Kala itu, origami dipergunakan sebagai simbol kebahagiaan dan kemakmuran. Selain itu, origami juga dipergunakan sebagai hiasan untuk pernikahan dan acara-acara penting lainnya. Seiring berkembangnya waktu, origami mulai dikembangkan untuk sebuah seni kreatif dari kertas dengan berbagai bentuk desain yang lebih kompleks.

Akhirnya, seni melipat kertas dari Tiongkok ini mulai dikenal dan berkembang dengan pesat di Jepang dan menjadi kebudayaan dengan nama origami. Bahkan, setiap aspek kehidupan orang-orang Jepang selalu dikaitkan dengan origami. Sekarang ini, seni origami sudah sangat populer di seluruh penjuru dunia. 

Manfaat Mempelajari Origami Bagi Perkembangan Siswa

Origami bukan hanya sebuah kertas kosong, melainkan sebuah dunia kreativitas, dunia imajinasi, langkah awal rekayasa, media untuk meningkatkan ketangkasan tangan, dan pembelajaran nilai besar dan katarsis. Setelah memahami terkait pengertian origami, bisa diketahui bahwa seni tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan siswa. Lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah manfaat mempelajari origami untuk perkembangan siswa.

  1. Meningkatkan Kreativitas Siswa

Manfaat mempelajari origami yang pertama adalah melatih keterampilan motorik siswa dan meningkatkan kreativitas. Berkat kombinasi warna dan berbagai ukuran kertas dalam permainan origami, siswa menjadi bisa lebih kreatif dan selektif dalam membuat suatu bentuk. Selain itu, seni melipat kertas tersebut dapat memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk berimajinasi dan berinovasi dalam membuat suatu objek. Tentu saja, kreativitas yang tumbuh berkat permainan origami tersebut dapat diimplementasikan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. 

  1. Belajar Menyelesaikan Permasalahan

Mempelajari origami berarti memberikan siswa kesempatan belajar dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan meningkatkan keterampilan problem solving siswa. Sebab dalam proses membuat karya origami yang baik harus melewati berbagai macam tahapan. Proses siswa dalam membuat karya origami melalui berbagai tahapan, mulai dari mengulang lipatan, dan menyesuaikan posisi antar sudut agar proposional, sehingga proses tersebut bisa membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan melatih keterampilan problem solving. 

3. Membantu Mempelajari Konsep Matematika

Origami bisa dimanfaatkan dalam membantu siswa memahami konsep matematika secara visual dan praktis. Konsep matematika yang dimaksud adalah mulai dari bentuk, panjang, pengukuran, bidang, sudut, garis, lebar, hingga pecahan. Berkat memanfaatkan media pembelajaran origami, siswa dapat memahami konsep matematika dengan lebih mudah serta menyenangkan, sehingga membantu siswa memperkuat keterampilan dan memperkuat pemahaman matematika mereka.

4. Mengasah Ketangkasan dan Koordinasi

Tahukah EDOOcator bahwa manfaat mempelajari origami bagi siswa yang keempat adalah membantu mengasah ketangkasan dan koordinasi mata dan tangan siswa. Ketika melipat origami, mata dan tangan siswa memerlukan koordinasi yang baik guna menciptakan suatu bentuk yang ciamik dan apik. Selain itu, ketangkasan juga sangat diperlukan supaya karya origami bisa terbentuk dengan cepat.

5. Melatih Ketekunan dan Kesabaran

Kegiatan origami dapat membantu siswa dalam melatih ketekunan dan melatih kesabaran siswa. Sebab dengan kegiatan origami bukan hal yang mudah dilakukan oleh semua orang. Tidak jarang, ada siswa yang sering mendapati kegagalan dan mencoba berulang kali dalam membentuk kertas origaminya. Hal tersebut dapat membantu siswa-siswi dalam membangun pribadi yang tekun dalam mencapai cita-cita/tujuan dan sabar saat menghadapi sebuah kegagalan.

Nah seperti itulah penjelasan mengenai manfaat mempelajari origami bagi siswa. Berkat penjelasan diatas diketahui jika mempelajari origami sangat bermanfaat untuk siswa, sehingga EDOOcator dapat mengajak siswa-siswi belajar origami di kelas, supaya kreativitas siswa bisa meningkat. Salam Literasi untuk Edukasi!