Skip to content

Kisah Hans Sebastian : Pemuda Asal Medan Pemilik Tulisan Tangan Super Rapi

Seni menulis indah atau biasa disebut lettering art menjadi salah satu karya yang banyak digandrungi oleh generasi muda di beberapa waktu terakhir. Kebanyakan generasi muda menilai karya seni tersebut memiliki kesan artistik serta lebih kekinian. Hal serupa seperti yang sedang ditekuni oleh pemuda asal Medan satu ini, yaitu Hans Sebastian sang pemilik tulisan tangan super rapi di Indonesia.

Alasan mengapa kesenian satu ini sangat digemari generasi muda adalah pada dasarnya seni menulis indah atau lettering art merupakan salah satu jenis karya seni yang menonjolkan gaya serta model untuk menarik perhatian di bagian huruf. 

Hans Sebastian merupakan sosok pemuda asal medan yang sangat menyukai karya seni,khususnya seni dalam menulis indah atau lettering art. Latar belakang pendidikan Hans adalah S1 Jurusan Sastra Inggris di Universitas Sumatera Utara.

Pemuda kelahiran 1 Juni 1996 tersebut sudah mulai mengenal seni menulis indah sejak tahun 2015 dan baru menggelutinya secara profesional di sekitar pertengahan tahun 2020.

Awal Ketertarikan Menjadi Seniman Menulis Indah

Awal kisah Hans Sebastian si pemilik tulisan tangan super rapi, diawali dari rasa penasarannya dalam membuat karya tulisan rapi. Berkat rasa penasaran tersebut, Hans pun mulai mencoba membuat tulisan indah dan menunjukkannya ke banyak orang melalui akun Instagram pribadinya. Hasilnya di luar ekspektasi, ternyata karya-karyanya pun banyak memikat followers bahkan seniman-seniman di Indonesia.

Waktu pertama kali Hans mencoba membuat karya tulisan rapi ini saat mengalami keadaan duka akibat pandemi Covid-19. Guna melupakan duka mendalam tersebut di masa pandemic. Hans memutustkan untuk terus membuat karya tulisan rapi, untuk bisa menyembuhkan dan menghilangkan rasa duka serta rasa bosannya.

Bahkan membuat karya tulisan indah dan rapi ini menjadi sebuah hobi baru yang digelutinya sampai saat ini. Sebagai hobi baru, Hans sangat menikmati kesenian menulis indah ini. Menurutnya hal tersebut menjadi aktivitas paling menyenangkan. Tidak hanya itu, Hans mempelajari Teknik menulis ini secara serius, konsisten, dan menyeluruh. 

Konsep Gaya Penulisan Hans Sebastian

Berawal dari usaha serta kegigihan untuk terus belajar secara konsisten tersebut, membuat anak pertama dari 3 bersaudara itu berhasil menemukan konsep gaya tulisan yang menarik dan enak dipandang. Pada awalnya penilaian tersebut terkhusus untuk dirinya sendiri, tetapi lambat laun pembaca semakin meluas dan seni tulisan yang dibuat oleh Hans semakin banyak dikenal orang pula. 

Setelah menemukan konsep gaya tulisan paling baik versi dirinya dan pembaca luas. Selanjutnya, Hans mengembangkan sayapnya dengan mencari konsep topik-topik penulisan yang dapat memberikan banyak manfaat kepada orang lain.

Jadi Hans tidak hanya serta-merta menulis secara indah dan rapi saja. Lebih dari itu Hans melakukan riset pula untuk menemukan pembahasan topik yang dapat membawa manfaat kepada setiap pengikutnya, terutama pengikutnya di akun media sosial Instagram @hansswriting.

Setelah melakukan berbagai macam riset, Hans menyadari bahwasannya mayoritas dari followersnya adalah pelajar dan mahasiswa. Alhasil, Hans memutuskan untuk mendalami lettering art dengan konsep yang sesuai pada ranah pendidikan.

Topik pada ranah pendidikan tersebut terus didalami oleh Hans cukup lama. Selain itu, Hans mempunyai nilai lebih sebagai seniman lettering art yaitu sikap rendah hati yang dimilikinya. Bagi Hans, membuat karya tulisan tangan super rapi dan indah seperti seni bukan seperti permainan. 

Hans mengaku juga mengambil beberapa topik menarik selain dari ranah pendidikan. Topik yang Hans ambil berdasarkan film seperti pada Dunia Marvel. menurutnya, topik edukasi mengenai Dunia Marvel tersebut sangat detail seperti tokoh-tokoh superhero dalam cerita tersebut.

Lambat laun, pemilik akun Instagram @hansswriting jumlah followersnya naik pesat, sebab setelah ia mulai mempelajari berbagai teknik handwriting dan memiliki konsep gaya penilisan sendiri. Namun, menurut Hans yang terpenting, kuncinya adalah kesabaran dan konsistensi dalam berkarya.

Berkolaborasi dengan Merek Ternama Indonesia

Selain membagikan tulisan tangan super rapi dan bermanfaat di akun Instagram-nya, ternyata Hans juga seringkali mendapat tawaran kerja sama dengan beberapa pihak. Misalnya salah satu karya tersukses Hans adalah ketika ia berkolaborasi dengan salah seorang kenalannya dengan menulis tentang sosok tokoh jurnalis ternama Tanah Air yaitu Najwa Shihab. Lewat karya seni tulisannya yang khas tersebut, Hans juga menambahkan dengan sketsa wajah Najwa Shihab.

Tidak cuma puas pada satu pencapaian saja. Hans Sebastian juga sering memperoleh banyak tawaran kerja sama dari beberapa perusahaan maupun brand, contohnya saja seperti Faber-Castell Indonesia, Tiktok Indonesia dan PT Standardpen Industries.

Hans Sebastian sang pemilik tulisan tangan super rapi tersebut, juga sering mendapatkan pemberitahuan untuk permintaan kolaborasi dengan beberapa brand stationery (merek alat tulis). Seniman lettering art yang karya-karyanya memikat banyak mata manusia tersebut, pada akun Instagramnya sampai diikuti oleh akun-akun centang biru, loh EDOOers.

Karya-karya lettering art dari Hans Sebastian dapat dilihat pada akun Instagramnya yaitu @hansswriting dan melalui facebook Hans Sebastian.

Sungguh sebuah kisah inspiratif yang bisa dijadikan teladan, untuk siswa di seluruh Indonesia agar lebih bisa rapi dalam hal menulis. Oleh sebab itu, mari sama-sama kita tingkatkan semangat untuk selalu berjuang dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas baik di kota, di desa, maupun di pedalaman. Kamu juga ingin punya tulisan tangan rapi atau indah, EDOOers? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *