Skip to content

Kisah Azzam Nur Mukjizat: Bocah Spesial di Resepsi 1 Abad NU

Banyak hal-hal menarik dalam perayaan puncak resepsi satu abad NU yang digelar di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada hari Selasa, 7 Februari 2023 kemarin. Salah satunya yaitu adanya bocah spesial yang mempunyai suara sangat merdu bernama Azzam Nur Mukjizat. Azzam menjadi salah satu vokalis pelantun sholawat asyghil di acara tersebut.

Hal lain yang semakin menarik perhatian di acara puncak resepsi satu abad NU adalah sang pelantun sholawat asyghil tersebut terlahir dengan kondisi tunanetra. Banyak orang begitu terpukau dengan suara merdu nan indah dari Azzam. Hingga akhirnya tak sedikit yang merasa penasaran dengan sosok bocah spesial tersebut.

Fakta-Fakta Menarik Azzam Nur Mukjizat

Meskipun memunyai kekurangan fisik, Azzam mempunyai kelebihan di bidang tarik suara dan kisah hidup yang begitu menginspirasi. Berikut fakta-fakta menariknya:

  1. Profil Azzam Nur Mukjizat

Azzam Nur Mukjizat adalah bocah spesial yang lahir di Kabupaten Mojokerto pada 30 Mei 2011. Sekarang ini Azzam menginjak usia yang ke-11 tahun. Ia merupakan anak dari Solihatin, seorang warga Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto.

Azzam memiliki kondisi yang berbeda dari anak-anak pada umumnya. Ia terlahir tanpa adanya kelopak mata. Meskipun begitu, sosok Azzam dikenal orang-orang sebagai bocah bersuara emas.

Azzam Nur Mukjizat juga termasuk salah satu santri Tahfidz di Pondok Pesantren (PP) Bani Anwar/SLB PKK Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Azzam merupakan peserta dalam lomba sholawat asyghil yang diprakarsai oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Azzam Nur Mukjizat menjadi santri dari Mojokerto yang berhasil lolos seleksi dan mampu bersaing dari 634 kontestan yang mengikuti seleksi tersebut, Hingga pada 23 Januari 2023, dia terpilih untuk tampil dalam perhelatan Resepsi Puncak 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

2. Berkolaborasi dengan Komposer Ternama Indonesia

Pada perhelatan acara Resepsi Puncak 1 Abad NU di Sidoarjo, Azzam menjadi salah satu vokalis pilihan PBNU yang membawakan lantunan sholawat asyghil bersama 3 vokalis cilik lainnya. 

Lantunan shalawat itu diiringi aransemen komponis dan musikus kenamaan Indonesia, yaitu Addie Muljadi Sumaatmadja alias Addie MS. Berkat suara merdu Azzam yang melantunkan shalawat, dan aransemen musikus Addie MS. Sholawat ssyghil tersebut mampu menggetarkan sanubari hati masyarakat tanah air yang khusyuk mendengarkan di tempat tersebut ataupun secara daring di rumah masing-masing. Semua orang larut dalam alunan sholawat yang dilantunkan bocah spesial tersebut. 

3. Viral Setelah Menyenandungkan Lagu Berjudul Ibu di YouTube

Azzam Nur Mukjizat menjadi viral dan dikenal banyak kalanagan masyarakat, berkat dia pernah tampil di Channel YouTube Nirwana Official. Pada penampilannya di Channel YouTube Nirwana Official tersebut, Azzam menyanyikan lagu berjudul “ Ibu “ dan video tersebut telah diunggah sejak 2018.

Sosok Azzam yang tidak dianugerahi kelopak mata tetapi punya suara indah ini pun mengundang simpati netizen seluruh Indonesia. Azzam pun kini semakin tenar setelah diundang oleh beberapa stasiun TV swasta.

4. Pernah Hendak di Operasi

Bocah spesial tersebut semenjak lahir sudah mengidap kelainan tanpa memiliki kelopak mata. Kelainan sangat langka tersebut bernama complete cryphtohthalmos, yaitu di mana kelopak mata bagian atas dan kelopak mata bagian bawah tidak terbentuk secara sempurna, sehingga kulit antara jidat kepala dan pipi tersambung.

Sholihati selaku Ibu kandung dari Azzam menjelaskan bahwa pihak keluarga sempat punya rencana untuk melakukan operasi mata. Namun, hal itu diurungkan pihak keluarga, lantaran dampak pasca prosedur tindakan operasi dinilai terlalu berisiko bagi Azzam. Kemungkinan dampak buruk yang akan terjadi pada Azzam, jika jadi dioperasi adalah malah tidak bisa kedip dan tidak bisa tertutup.

5. Rajin Membaca Al-Qur’an dengan Iqra Braile

Meskipun, di tengah keterbatasannya sebagai penyandang tunanetra, Azzam tetap rajin untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan memperggunakan metode Iqra Braile. 

Setiap hari Selasa dan hari Sabtu, Azzam tidak pernah tidak masuk untuk mengikuti pelajaran ngaji bersama guru khusus tunanetranya di SLB PKK Gedeg, Mojokerto. Bahkan, menurut Sholihati, Azzam bahkan punya target dalam mengkhatamkan pelajaran mengaji Iqra Brailenya hanya dalam waktu tiga bulan.

6. Pengagum Ulama, Jokowi dan Bercita-cita Naik Haji

Lekat dengan nilai-nilai keislaman sejak dini, membuat Azzam si bocah spesial tersebut sangat mengagumi sosok ulama kharismatik kelahiran Pekalongan, yaitu Habib Luthfi bin Yahya. Bahkan, apabila diizinkan untuk bisa bertemu Azzam ingin salim dengan Habib Luthfi.

Selain mengidolakan Habib Luthfi bin Yahya, Azzam juga mengidolakan bapak Presiden Republik Indonesia sekarang yaitu Jokowi. Bak pucuk dicinta ulam pun tiba, Azzam akhirnya bisa tampil dan manggung langsung di depan Presiden Jokowi. Maka dari itu, resepsi puncak 1 Abad NU lantas menjadi momen yang paling ditunggu oleh Azzam.

Saat ditanya oleh Pak Jokowi pada sela-sela acara resepi puncak 1 Abad NU mengenai cita-citanya. Bocah spesial yang gemar mendengar kisah-kisah nabi tersebut bercita-cita untuk naik haji bersama keluarganya.

Demikianlah beberapa fakta yang perlu EDOOers ketahui tentang Azzam Nur Mukjizat sang bocah spesial yang mempunyai suara merdu nan indah. Azzam Nur Mukjizat merupakan salah satu contoh anak-anak Indonesia yang bisa memaksimalkan potensi dan kemampuan mereka untuk meraih prestasi yang luar biasa, meski terkendala oleh kekurangannya.

Semoga kisah Azzam menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan kemampuan masing-masing. Congratulations, Azzam! Kamu tahu kisah inspiratif lainnya dari siswa atau guru lainnya? Share di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *