Skip to content

Kegiatan Ice Breaking Kekinian yang Kreatif dan Inovatif

Apakah EDOOcator tahu apa itu kegiatan ice breaking? kegiatan ice breaking merupakan sebuah kegiatan yang diperuntukkan untuk menghilangkan rasa jenuh saat proses pembelajaran di kelas. Salah satu kegiatan ice breaking yang bisa dilakukan yaitu melalui sebuah permainan tebak gambar.

Kegiatan ice breaking dilakukan karena adanya rasa jenuh akibat materi pembelajaran dan banyaknya tugas. Kegiatan ice breaking juga disebut intermeso dalam suatu pembelajaran.

Pengertian Ice Breaking

Umumnya kegiatan Ice breaking dilakukan di dalam kelas, maupun diluar kelas untuk memecah kejenuhan dan kebosanan setiap siswa. Kegiatan Ice breaking juga bisa dilakukan saat jam istirahat siang ataupun saat kondisi para siswa mulai jenuh, supaya kembali memiliki semangat dalam belajar.

Secara istilah ice breaking dalam dunia pendidikan merupakan sebuah proses yang dipergunakan untuk membantu siswa dalam me-refresh pikiran, membuat koneksi, dan melakukan interaksi dengan sesama siswa. Selain itu, kegiatan ice breaking tersebut berguna untuk menciptakan suasana yang nyaman dan ramah bagi siswa, sehingga mereka bisa belajar dengan lebih efektif dan terbuka. 

Materi pelajaran yang kompleks, tugas yang banyak, jadwal yang padat, dan rutinitas yang terus berulang bisa menyebabkan burnout pada siswa. Apabila siswa sudah sampai pada tahap tersebut, maka mereka akan kesulitan untuk fokus dan tidak optimal dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, selain melakukan variasi terhadap metode pembelajaran, EDOOcator juga dapat melakukan kegiatan ice breaking kekinian yaitu Gartic.io.

Permainan Gartic.io

Gartic.io merupakan sebuah permainan online yang mengambil format dari permainan tebak gambar yang popular saat ini. Gartic.io punya tampilan dan gameplay yang menarik dan user friendly serta lebih mudah dimainkan di berbagai platform.

Situs permainan tebak gambar Gartic.io tersebut paling banyak dipergunakan oleh anak-anak zaman sekarang untuk bermain di waktu luang. Sebab dalam permainan Gartic.io ini semua orang saling terhubung dan bermain bersama. situs Gartic.io ini sangat cocok untuk meningkatkan interaksi siswa-siswi.

Pada permainan Gartic.io, satu pemain akan ditunjuk sebagai pemain yang menggambar, sedangkan pemain lainnya harus menebak apa yang telah digambar. Para pemain diberikan soal berupa kata yang harus ditebak oleh pemain lain dengan memberikan suatu gambar yang dibuat terlebih dahulu.

Pemain lain akan mengetikkan jawaban mereka di kolom yang disediakan dan akan memperoleh nilai saat berhasil menjawab. Para pemain dalam permainan Gartic.io ini akan memperoleh soal dan kesempatan bergambar secara bergiliran. Pemain yang telah menebak gambar dengan tepat dan paling banyak akan menang. 

Cara Memainkan Permainan Gartic.io

Permainan Gartic.io ini cukup menakjubkan, karena para pemain perlu banyak latihan dalam membuat gambar/sketsa dan berpikir untuk dapat menjawab kata yang dimaksud. Selain dapat dimainkan di PC, permainan Gartic.io ini juga dapat diakses di platform smartphone android yang bisa langsung diunduh melalui Google Play Store.

Keunggulan dari permainan Gartic.io ialah menawarkan fungsi real-time yang dimana setiap pemain yang memperoleh giliran main, bisa mengetahui secara langsung apa yang telah mereka gambar. Selain itu, pemain tidak usah mendaftarkan akun sebelum bermain, karena mereka hanya bermain dengan nama yang dibuat secara acak atau anonim.

Nah, sangat menarik ya! berikut penjelasan bagaimana cara memulai kegiatan ice breaking dengan permainan Gartic.io untuk mempermudah EDOOcator sekalian dalam proses pembelajaran.

  1. Kunjungi situs website https://gartic.io/
  2. Kemudian pilihlah jenis ruangan yang mau dimainkan. Pilihlah terlebih dahulu ruangan pribadi, supaya pemaian permainan io terfokus pada siswa dalam kelas.

3. Masukkan nama pengguna (nickname) dan bahasa atau bergabung terlebih dahulu melalui akun Google, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

4. Pada gameplay permainan io tersebut tersedia banyak tools gambar untuk menggambar ataupun menebak kata yang diberikan oleh sistem.

5. Setelah skor telah diberikan, pemain yang mempunyai skor tertinggi akan menjadi pemenang dan lanjut ke ronde berikutnya.

6. Ulangilah langkah diatas sampai 5–10 kali hingga permainan selesai

7. Setelah permainan sudah terselesaikan, EDOOcator akan melihat siswa dengan pemerolehan skor terbaik

8. Sebagai EDOOcator berikanlah hadiah atau reward kepada siswa yang memiliki poin/skor tertinggi

Gameplay permainan Gartic.io ini berformat dua arah dan tampilan yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, dan interaksi siswa di dalam kelas. Selain itu, kegiatan ice breaking dengan permainan Gartic.io ini dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar, karena dengan kegiatan ice breaking yang baik siswa akan lebih merasa nyaman dan terbuka dalam belajar, sehingga proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif efisien.

Akan tetapi, untuk menerapkan hal tersebut, EDOOcator harus lebih ekstra dalam mempersiapkan perangkat permainan Gartic.io tersebut seperti laptop/smartphone dan koneksi internet yang stabil. 

Demikianlah penjelasan mengenai kegiatan ice breaking melalui permainan Gartic.io. Semoga dengan referensi kegiatan ice breaking yang kreatif dan inovatif ini, EDOOcator bisa menerapkannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas untuk menghindari kejenuhan para siswa! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *