Skip to content

Smart Class Gaya Modern Bikin Suasana Belajar Makin Super

Sekarang ini banyak sekali model serta konsep belajar modern yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satunya yakni Smart Class atau ruang kelas pintar, saat ini Smart Class menjadi salah satu tren terbaru yang mulai banyak diadopsi dan turut berpengaruh besar dalam transformasi pembelajaran di sekolah. Namun agar mengoptimalkan proses pembelajaran, perlu diimplementasikan desain interior Smart Class gaya modern seperti yang diterapkan oleh EDOO.

Pengertian Smart Class

EDOO Smart Class adalah ruang kelas modern dan instagrammable dilengkapi dengan seperangkat alat digital untuk merekam kegiatan belajar mengajar menjadi konten pembelajaran dan dapat diakses melalui EDOO secara online dan offline.

Perubahan yang dinamis dan signifikan ini menuntut EDOOcator dan EDOOers untuk terus adaptif dan belajar keterampilan baru. Hadirnya Smart Class di sekolah-sekolah adalah salah satu solusi yang tepat dalam menyongsong era digital saat ini dan masa depan nanti.

Pemanfaatan Smart Class dalam pembelajaran diharapkan dapat mendukung dan mempermudah EDOOcator dan juga EDOOers dalam belajar-mengajar. Di sisi lain pengaplikasian teknologi Smart Class bertujuan untuk menghemat pemakaian kertas (paperless), dan dapat mengembangkan berbagai inovasi baru dan keterampilan dalam ranah pendidikan.

Apa itu Kelas Gaya Modern?

Supaya terlihat unik dan berbeda dari yang lain, maka dibutuhkan banyak keberanian. Tak terkecuali soal pilihan gaya desain interior Smart Class. Guna menampilkan sesuatu yang terlihat beda dan tidak umum, dibutuhkan juga pilihan konsep interior yang unik. Desain interior dengan gaya modern adalah salah satunya.

Gaya modern merupakan gaya desain interior yang dikenal dengan ciri khas yang simple atau sederhana, bersih, fungsional, stylish, tetapi tetap mengedepankan kenyamanan untuk para penghuninya. Desain interior yang modern memiliki kesan yang kekinian. Maka dari itu, tidak heran rasanya apabila desain tersebut memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya.

Pada prinsipnya, desain gaya modern berfokus pada garis tegas, bentuk yang geometris, penataan ruang yang efisien, serta selalu mengedepankan fungsi dari setiap furniture dan dekorasi yang ada di ruangan tersebut. Oleh karena itu, desain ini dianggap cukup merefleksikan gaya hidup masyarakat di kota-kota besar yang tentunya dinamis.

Perlu diketahui bahwa konsep gaya modern dari EDOO Smart Class ini yaitu desain  yang hanya merujuk pada satu gaya desain tertentu yang sedang berkembang dan hanya dipergunakan pada satu periode tertentu. Desain ini pun memiliki ciri khas dan karakteristik tampilan ruangan yang bersih, tertata rapi, dan cenderung minim dekorasi.

Tak bisa ditampik bahwa gaya modern pada EDOO Smart Class menonjolkan keunikan tersendiri dengan gaya apa adanya yang terinspirasi dari bermacam-macam komponen modernitas. Hal tersebut bisa membuat suasana belajar di kelas semakin super.

Hal ini ditunjukkan dengan tampilan dekorasi interior modern yang juga membawa konsep ruang terbuka ke tahap level yang lebih tinggi. Melalui berbagai perabotan dan aksesorisnya yang mendefinisikan sebagian besar ruang fungsi dan tujuan ruang Smart Class ini.

Konsep desain interior EDOO Smart Class ini sangat unik dan juga memiliki kecenderungan minimalis, dengan nuansa dramatis, serta tampilan yang kontras dengan lapisan logam, meja, plus tambahan perabotan rustik atau vintage.

Terdapat sebuah ciri yang sangat khas dalam EDOO Smart Class gaya modern adalah menyoal atap atau langit-langitnya. Interior yang diusung gaya modern secara visual tampak tegas dan terlihat dari langit-langitnya. Langit-langit EDOO Smart Class terbuka yang memperlihatkan elemen struktural menjadi satu fitur yang menonjol, dan menunjukan gagasan sebuah ruang yang atraktif. Hal ini merupakan sebuah hal general dalam gaya modern ini.

Karakteristik Penting EDOO Smart Class Gaya Modern

Berikut beberapa karakteristik penting yang dimiliki oleh EDOO Smart Class gaya modern yang perlu EDOOcator dan EDOOers pahami.

  1. Kursi dan meja kerja pada EDOO Smart Class gaya modern dalam bentuk kelompok. Meja, bench dan kursi di sebelah kiri. Meja dan bar stool yang lebih ditinggi di kanan.
  2. Papan tulis dalam bentuk smart board (Samsung Flip 85 inch) utk menjelaskan setiap materi dan terekam, materi bisa dalam bentuk coretan, link video/audio dr berbagai sumber. Guru dan siswa-siswi dapat mengakses melaui device masing-masing.

3. Dinding EDOO Smart Class di lengkapi materi-materi pembelajaran dalam bentuk image/mural yang ada narasi dalam bentuk audio/video/tulisan dan bisa diakses melalui QR Code, sehingga menambah suasana kelas yang instagramable.

4. Locker sudah disediakan yang di mana peserta pelatihan dapat menyimpan barang-barang bawaan sehingga menjaga ruang tetap rapi dan bersih.

5. Jendela ruang EDOO Smart Class diperbesar untuk menambah pencahayaan ruangan. Desain dan material bingkai jendela menunjang konsep modernitas dan memberikan kesan luas pada ruangan.

6. Pada bagian depan dinding EDOO Smart Class ditempatkan ornament hias, sehingga membuat spot yang instagrammable, sehingga guru dan siswa-siswi dapat berfoto bersama dan mengunggahnya di social media. Ini bisa menjadi sarana publikasi dan promosi.

Demikanlah penjelasan mengenai Smart Class gaya modern. Semoga dengan pembahasan tersebut EDOOcator dan EDOOers bisa mendorong terciptanya suasana belajar yang serba memudahkan, meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan terus berupaya mengembangkan setiap fasilitas ataupun teknologi terbaik dari Smart Class itu sendiri.

Ayo! Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dan memanfaatkan fitur ini dapat chat ke kami melalui email ke partnership@aksaramaya.com atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *