Lompat ke konten
3 Jenis Katrol & Kegunaanya dalam Kehidupan Sehari-Hari

3 Jenis Katrol & Kegunaanya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Halo EDOOers, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Siapa yang sering mengambil air sumur dengan cara menimba? Bagian penting yang harus ada saat hendak menimba air di sumur terdiri dari tiga komponen yaitu tali, timba, sesuatu yang berbentuk seperti roda (katrol). Ketiga komponen tadi itu memiliki tugasnya masing-masing. Apa itu katrol? Temukan jawabannya di pembahasan kita kali ini tentang jenis katrol, beserta kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Katrol merupakan salah satu penemuan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari manusia. Seandainya penemuan katrol ini tidak pernah ada di muka bumi, tidak bisa dibayangkan bagaimana susahnya kehidupan manusia dalam kesehariannya. 

Salah satu kegunaan dari katrol adalah mempermudah manusia dalam mengambil air dari sumur. Buat EDOOers yang belum mengenal dengan katrol, yuk mari kita kenalan terlebih dahulu.

Apa Itu Katrol?

Katrol adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, selain tuas dan bidang miring. Katrol merupakan jenis pesawat sederhana yang berbentuk roda dan bergerak berputar pada porosnya.

Prinsip kerja dari katrol yaitu menarik dan mengangkat suatu benda dengan menggunakan roda atau poros, atau bisa dibilang prinsip kerja katrol itu mengubah arah kerja gaya, sehingga bisa menimbulkan rasa yang lebih ringan dan mempermudah pekerjaan.

Keringanan yang diperoleh itu disebut dengan keuntungan mekanis. Jadi keuntungan mekanis adalah angka yang dapat menjelaskan mengenai banyaknya pesawat sederhana menggandakan gaya. 

Apabila ditinjau dari cara kerjanya, semua jenis katrol mempunyai kesamaan dengan pengungkit. Hal tersebut dikarenakan di dalam prinsip kerja katrol terdapat titik tumpu, titik kuasa, dan titik beban. 

Titik tumpu ialah letak poros berputar. Sedangkan titik kuasa berguna untuk memberikan gaya atau bagian untuk menarik beban, sementara itu titik beban sebagai tempat beban diletakkan. Ternyata, katrol itu dibagi menjadi tiga jenis, lho EDOOers. Yuk simak penjelasan berikutnya ya!

3 Jenis Katrol Beserta Kegunaanya

Faktanya, ada tiga jenis katrol yang sering dipergunakkan, EDOOers. Pembagian tersebut didasarkan pada prinsip kerja katrol tersebut. Hmm, kira-kira apa saja ya EDOOers jenis-jenis katrol itu? Daripada kamu penasaran, terus nanya dan bertanya-tanya, langsung aja dah simak penjelasan di bawah ini ya!

  1. Katrol Tetap

Katrol tetap adalah katrol yang tidak mengalami perubahan posisi saat dipergunakan. Katrol tetap merupakan katrol yang titik tumpunya berada di bagian porosnya serta dipasang di suatu tempat yang tetap, sehingga katrol tidak bisa berpindah tempat saat dipergunakan.

Pada katrol tetap, gaya kuasa yang dikeluarkan mempunyai nilai yang sama dengan berat bebannya. Hal tersebut yang menimbulkan keuntungan mekanis katrol tetap hanya bernilai satu. Katrol tetap umumnya sering digunakan pada sumur timba dan tiang bendera.

2. Katrol Bebas

Katrol bebas adalah katrol yang mengalami perubahan posisi saat dipergunakan. Katrol bebas merupakan lawan dari katrol tetap, tapi bukan lawan bertarung yang musuhan kayak di film-film action gitu lho EDOOers. Maksudnya kalau katrol bebas itu merupakan katrol yang porosnya tidak dipasang di satu tempat yang tetap, sehingga katrol bebas bisa berpindah tempat atau bergerak bebas saat dipergunakan.

Pada katrol bebas, gaya kuasa yang dikeluarkan untuk menarik suatu beban mempunyai nilai setengah dari berat bebannya. Oleh sebab itu, keuntungan mekanis katrol bebas bernilai dua. Katrol bebas biasanya ditemukan pada alat-alat pengangkatan peti kemas di pelabuhan dan digunakan untuk memudahkan distribusi pengangkutan bahan bangunan dari bawah ke atas gedung.

3. Katrol Majemuk

Katrol majemuk adalah perpaduan antara katrol tetap dan katrol bebas. Jadi model dari katrol majemuk ada dua jenis, katrol yang paling atas adalah katrol tetap. Sedangkan katrol yang di bawahnya adalah katrol bebas, keduanya dihubungkan dengan tali yang kuat.  Prinsip kerja katrol majemuk adalah pada poros katrol bebas diletakkan beban, setelah itu digerakkan dengan katrol tetap.

Keuntungan mekanis dari katrol majemuk sama dengan jumlah katrol atau jumlah tali yang dipergunakan dalam mengangkat suatu benda. Katrol majemuk memiliki titik tumpu lebih dari satu. Kenapa begitu? Karena jenis katrol ini dipergunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat, tidak cuma satuan kilogram, melainkan sampai benda yang satuan beratnya ton. Katrol majemuk kebanyakan dipergunakan dalam bidang industri dan kontruksi bangunan, yakni untuk membantu dalam pengangkatan alat-alat yang berat seperti crawler crane dan ekskavator.

Demikian pembahasan lengkap mengenai jenis katrol dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Katrol sangat mempermudah aktivitas manusia terlebih untuk membawa benda yang tergolong berat. Agar EDOOers bisa mempelajari dan mengerjakan soal Fisika mengenai katrol pada pelajaran Fisika, tentunya dibutuhkan praktek supaya dapat memahami cara kerjanya.

Pada aplikasi EDOO, menyajikan banyak konten-konten digital pembelajaran yang terbaik, salah satunya tentang pelajaran Fisika, sehingga siswa bisa menikmati belajar dengan baik di dalam maupun di luar kelas. Yuk segara download aplikasi EDOO di smartphone kalian EDOOers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *