Mengenal Macam-Macam Kebutuhan Manusia dalam Pelajaran Ekonomi Kelas 7

Halo EDOOers, apa yang terlintas dipikiran kalian ketika mendengar kata kebutuhan manusia? Apakah itu tentang makanan, pakaian, kuota internet, atau cinta? Pastinya manusia sebagai makhluk hidup itu akan selalu memiliki berbagai kebutuhan untuk menunjang hidupnya.

Kebutuhan manusia itu sangatlah beragam. Mulai dari yang besar sampai hal-hal kecil seperti alat tulis sekolah. Pemenuhan terhadap kebutuhan tentunya berkaitan dengan pendapatan, karena dibutuhkan banyak pertimbangan supaya finansial atau ekonomi terjaga. Sebab itulah alasan mengapa EDOOers perlu belajar pelajaran ekonomi di sekolah.

Adanya pelajaran ekonomi itu merupakan salah satu cara untuk mengatasi hadirnya kelangkaan maupun memenuhi kebutuan manusia. Sedangkan ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku atau usaha manusia untuk memenuhi semua kebutuhannya yang tidak terbatas. Namun, di sisi lain hal tersebut terbentur dengan sumber daya ekonomi yang masih terbatas.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Eh, ngomong-ngomong tentang kebutuhan manusia, EDOOers tahu nggak sih apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kebutuhan punya arti sesuatu yang dibutuhkan.

Maka bisa diartikan bahwa kebutuhan manusia adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, atau keinginan manusia yang harus selalu dipenuhi, demi tercapainya kepuasan rohani maupun jasmani guna keberlangsungan hidupnya.

Pengertian lain dari kebutuhan manusia adalah segala sesuatu, baik barang ataupun jasa yang dibutuhkan manusia untuk upaya bertahan hidup. Ketika kebutuhan tersebut terpenuhi, maka manusia akan ngerasain sebuah kepuasan baik jasmani maupun rohani.

Berbekal pengertian di atas konsep kebutuhan manusia ialah keinginan dari manusia yang harus selalu dipenuhi dan apabila hal ini nggak dipenuhi, bisa mengganggu kehidupan manusia. Namun masalahnya, tidak semua kebutuhan manusia bisa terpenuhi, karena manusia mempunyai keterbatasan. 

Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Sekarang EDOOers pelajari yuk macam-macam kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu dapat dibedakan menjadi 4 kategori, yakni kebutuhan menurut intensitas, kebutuhan menurut waktu pemenuhan, kebutuhan menurut sifat, dan kebutuhan menurut subjek. Yuk, langsung aja ulas satu per satu, ya EDOOers.

  1. Kebutuhan Menurut Intensitas

Kebutuhan menurut intensitasnya mengacu pada kebutuhan apa saja yang patut diprioritaskan lebih dulu. Ada 3 macam kebutuhan menurut intensitasnya, antara lain:

a) Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang paling utama, paling penting dan sifatnya mendesak untuk dipenuhi, demi bisa bertahan hidup. Contoh kebutuhan primer yaitu makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal. 

b)  Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan pelengkap yang dipenuhi apabila sudah dapat memenuhi kebutuhan primer. Kebutuhan ini kepentingannya berada di tengah-tengah, jadi kalau kebutuhan ini tidak terpenuhi, hidup manusia tidak terancam kok. Contoh kebutuhan sekunder yaitu transportasi pribadi, perabot rumah, handphone, dan koneksi internet.

c) Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang bersifat mewah, dan biasanya dipenuhi jika sudah bisa memenuhi kebutuhan primer dan sekunder. Contoh kebutuhan tersier yaitu mobil mewah, kapal pesiar, liburan ke luar negeri, perhiasan, dan motor sport yang mahal.

2. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhan

Kebutuhan menurut waktu pemenuhan dibagi berdasarkan kapan atau seberapa mendesaknya kebutuhan tersebut untuk harus dipenuhi. Kebutuhan menurut waktu dibagi menjadi 2 macam, antara lain:

a) Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi saat itu juga dan tidak bisa ditunda, alias mendesak. Contoh kebutuhan sekarang yaitu makan saat lapar, minum saat haus, dan jasa medis ketika sedang sakit.

b) Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan atau kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang dapat ditangguhkan atau ditunda, karena dibutuhkannya masih di masa yang akan datang. Contoh dari kebutuhan masa depan yaitu menabung, asuransi, dan investasi.

3. Kebutuhan Menurut Sifat

Kebutuhan menurut sifat adalah kebutuhan manusia yang didasarkan sebagai alat untuk memenuhi kepuasan. Kebutuhan menurut sifat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

a) Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang mempunyai manfaat bagi fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini juga terkait langsung dengan gaya menjaga badan agar tetap sehat dan bugar. Contoh kebutuhan jasmani yaitu olahraga, istirahat ketika lelah, berpakaian untuk menjaga penampilan, dan makan minum yang bergizi.

b) Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan manusia yang sifatnya tidak tampak secara fisik tetapi secara batin. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan manusia yang berkaitan erat dengan kesehatan jiwa.

EDOOers dapat menyebutnya sebagai kebutuhan inmaterial. Apabila kebutuhan ini terpenuhi, maka EDOOers akan merasakan kepuasan batin. Contoh dari kebutuhan rohani yaitu kasih sayang, beribadah sesuai agama masing-masing, nonton hiburan media, liburan, berkumpul bersama teman, ketenangan, keamanan, dan kesehatan mental.

4. Kebutuhan Menurut Subjek

Kebutuhan menurut subjek adalah kebutuhan yang dibagi berdasarkan siapa yang membutuhkan pemenuhannya. Kebutuhan tersebut dibagi menjadi dua macam, antara lain:

a) Kebutuhan Individual

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk menunjang pilihan pribadi atau perseorangan saja, jika terpenuhi dirasakan manfaatnya oleh diri pribadi. Contoh kebutuhan individu yaitu seorang siswa yang bersekolah membutuhkan peralatan pembelajaran, seperti buku, pena, pensil, dan seragam.

b) Kebutuhan Kelompok (Kolektif)

Kebutuhan kelompok (kolektif) adalah suatu kebutuhan yang pemanfaatannya untuk kepentingan orang banyak atau umum dan digunakan bersama-sama. Contoh kebutuhan kelompok (kolektif) yaitu jalan raya, jembatan, transportasi umum, rumah sakit, pembangunan stadion, pembangunan waduk, dan pasar.

Nah, sampai sini udah paham belum EDOOers dengan berbagai macam kebutuhan manusia, seperti yang dijelaskan di atas? Apabila masih belum paham, EDOOers dapat mempelajari materi kebutuhan manusia dalam pelajaran ekonomi ini pada aplikasi EDOO, yang menyajikan banyak konten-konten digital pembelajaran berkualitas, salah satunya tentang pelajaran ekonomi, sehingga kamu bisa menambah pengetahuan. Yuk segara download aplikasi EDOO di smartphone atau cek versi webnya, EDOOers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *