Donasi Buku: Cara Unik Berbagi di Era Digital

Tahu nggak sih EDOOers, kalau kamu pengen memberi atau melakukan donasi tidak harus berupa uang atau makanan lho? Namun wujud donasi tersebut bisa berupa buku. Donasi buku, mungkin jarang ada orang melakukannya. Selain sebagai wujud pemberian, donasi buku juga bersifat sukarela dan tanpa pamrih.

Donasi buku zaman sekarang semakin modern dengan munculnya donasi buku digital (ebook). Buku-buku yang kita donasikan akan berguna untuk publik yang selama ini tidak mendapat askes konten literasi dan edukasi.

Bisa jadi, saat EDOOers mendonasikan buku, entah buku tercetak atau buku digital (ebook) dapat menjadi suatu berkah untuk taman bacaan, anak-anak, atau orang lain yang kita donasikan. Bahkan bisa jadi, donasi buku yang kita lakukan tersebut bisa membawa kebahagiaan kepada orang lain, meningkatkan minat baca dan kompetensi seseorang.

Makna Donasi

Hidup itu bukan melulu tentang bagaimana mencari dan menikmati, tetapi juga tentang berbagi, begitulah nasihat orang tua dulu. Terkadang manusia sering lupa, akan kewajibannya untuk berbagi kepada sesama manusia. Berbagi apapun itu macamnya, termasuk buku.

Pastinya kata “donasi” sudah tidak asing di telinga orang-orang. Makna donasi begitu melekat sangat erat dengan hal-hal yang berbau sosial. Namun sebenarnya apa makna donasi itu sendiri? Donasi ialah sebuah pemberian yang sifatnya sukarela dengan tanpa adanya imbalan yang bersifat keuntungan kepada orang lain. Sedangkan orang-orang yang memberikan donasi dinamakan sebagai donatur. 

Seperti pengertian donasi, donasi yang sedang marak dilakukan, apalagi di era digital ini adalah donasi secara online. Hadirnya layanan aplikasi EDOO yang membantu menjembatani kebutuhan donasi melalui fitur donasi eBook.

Melihat latar belakang tersebut, dapat kita simpulkan bahwa donasi buku cetak atau buku digital termasuk dalam bentuk donasi fasilitas pendidikan, karena dengan donasi yang diberikan dapat meningkatkan mutu pendidikan, minat baca dan budaya literasi.

Cara Donasi Buku Lewat EDOO

Donasi buku kini tidak perlu susah lagi, EDOOers. EDOO dapat kamu manfaatkan untuk mendonasikan buku kesayanganmu kepada orang lain yang membutuhkan.

EDOO adalah suatu platform perpustakaan digital untuk mendukung kegiatan pembelajaran siswa secara online dan offline, yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan di anataranya ePustaka, eClass, Ujian, Tryout, admin reporting, fitur media sosial, rak pinjam, catatan, donasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi kamu yang udah yang punya banyak koleksi buku dan ingin membagikan buku-buku kesayanganmu kepada orang lain. Kamu bisa memanfaatkan fitur donasi pada aplikasi EDOO ini untuk menyebarkan keberkahan antar sesama lho, EDOOers.

Berikut adalah langkah-langkah dalam mendonasikan buku via aplikasi EDOO. Perhatikan baik-baik ya sobat EDOOers!

1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah buka aplikasi EDOO. Bagi yang belum memiliki aplikasi EDOO dapat mengunduhnya di play store atau bisa akses via web dan lakukan registrasi terlebih dahulu dengan email.

2. Langkah kedua, masuklah pada home aplikasi EDOO, lalu klik menu Buku, kemudian kamu akan diarahkan untuk memilih buku apa yang mau didonasikan.

3. Langkah ketiga, setelah selesai memilih buku yang ingin didonasikan. Kamu akan diharuskan menekan tombol klik donasi (berwarna orange) untuk diarahkan ke langkah berikutnya yaitu memilih jumlah copy buku yang ingin kamu donasikan. Selain itu kamu juga diminta memilih tujuan ePustaka tempat kamu mendonasikan buku tersebut.

4. Langkah keempat, kamu akan diperlihatkan detail box donasi dengan menyuguhkan berapa total tagihan yang harus kamu bayarkan, karena buku yang kamu donasikan berasal dari penerbit-penerbit lokal maupun nasional yang sudah berkerja sama dengan EDOO.

5. Langkah kelima, terakhir kamu bisa memilih metode pembayaran tagihan donasi bukumu tersebut dengan bisa memilih via transfer bank (BRI, BNI, Mandiri, dan Bank Permata) atau juga bisa via eWallet (Gopay, OVO, dan DANA).

Demikianlah langkah-langkah donasi buku melalui aplikasi EDOO. Semoga donasi buku dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada anak-anak, umumnya kepada semua orang, karena fungsi buku dalam meningkatkan kemampuan literasi masih belum tergantikan.

Donasi buku bisa jadi hanyalah perbuatan kecil, tetapi berdampak besar bagi penguatan literasi. Donasi buku EDOO adalah sebuah berkah dan menjadi sebuah kebaikan kecil yang sederhana tapi bermakna serta donasi buku pastinya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jika kamu kesulitan memanfaatkan fitur ini, EDOOers atau EDOOcator dapat klik tombol WA di samping kanan bawah web ini atau langsung simpan dan kontak nomor 0858-9132-5172

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *