Mengenal Berbagai Jenis Sudut dalam Pelajaran Matematika

Siapa di antara EDOOers yang hobi menonton sepak bola nih? Agar bola dapat tepat masuk ke dalam gawang lawan, si pemain harus menendangnya dengan sudut kemiringan tertentu, lho. Apabila sudut tendangan tersebut melebihi sudut maksimal antara bola dan gawang, maka bola dapat dipastikan tidak pernah masuk. Lantas, apa sih sebenarnya yang dinamakan sudut dalam pelajaran matematika itu? Check this out!

Ketika dua garis saling berpotongan, maka terbentuklah sebuah sudut pada titik perpotongan tersebut. Mempelajari sudut itu penting EDOOers, karena menjadi dasar dari ilmu geometri. Apabila ada dua sinar yang membentuk sudut maka disebut sebagai sisi-sisi sudut.

Sudut tidak hanya dibentuk oleh perpotongan dua garis lurus saja, namun juga dapat terbentuk oleh perpotongan dua garis lengkung juga. Mari EDOOers mengenali berbagai jenis sudut yang ada dalam pelajaran matematika. Pastikan EDOOers ikuti sampai akhir ya.

Pengertian Sudut

Sebelum mempelajari tentang berbagai jenis sudut dalam pelajaran matematika, EDOOers harus tahu dulu pengertian sudut. Sudut merupakan daerah hasil perpotongan antara dua buah garis. Titik perpotongan tersebut dinamakan sebagai titik sudut.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sudut adalah bangun yang terbuat dari dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. Maka dari itu, secara sederhana sudut ialah sebuah bentuk yang dibentuk dari dua garis lurus yang saling berpotongan yang dipertemukan pada suatu satu titik yang sama. Suatu sudut sering dilambangkan dengan “<”.

Pada gambar di atas, EDOOers udah tau nih tentang bagian-bagian apa aja dari suatu sudut, seperti kaki sudut, titik sudut, dan daerah sudut atau besar sudut. Kaki sudut merupakan garis atau ruas yang membentuk sudut. Titik sudut ialah perpotongan antara dua kaki sudut. Sementara itu, besar daerah sudut tidak bisa ditentukan oleh panjang kaki sudut. Bisa jadi 2 bangun yang memiliki panjang kaki sudut yang berbeda, tetapi memiliki besar daerah sudut yang sama.

5 Jenis Sudut dalam Pelajaran Matematika

EDOOers udah ada yang tahu belum jenis-jenis sudut dalam pelajaran matematika ada apa aja? Berdasarkan jenisnya, sudut dibagi menjadi 5 jenis yaitu sudut siku-siku, sudut lancip, sudut tumpul, sudut lurus, dan sudut refleks.

  1. Sudut Siku-Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang mempunyai besaran sudut sebesar 90° (derajat). Sudut siku-siku tersebut dihasilkan oleh dua garis lurus yang saling berpotongan atau saling bertemu, sehingga menghasilkan garis yang saling tegak lurus. Besaran suatu sudut siku-siku bisa dibilang lebih kecil dari sudut tumpul dan lebih besar dari sudut lancip.

Sudut siku-siku juga biasanya disebut tight angle dalam bahasa Inggris. Apabila ada sebuah segitiga yang memiliki sudut sudut tepat 90°, maka segitiga tersebut dipastikan itu sebagai segitiga siku-siku.

Sementara itu, sudut siku-siku bisa EDOOers temukan dalam kehidupan sehari-hari juga, misalnya pada semua tembok rumah, lemari, jam yang menunjukkan pukul tiga, jendela, buku, bingkai foto, dan keramik.

2. Sudut Lancip

Sudut lancip merupakan sudut yang mempunyai besaran sudut yang kurang dari 90°, atau lebih tepatnya besaran sudut lancip itu diantara 0° sampai dengan kurang dari 90°.  Besaran suatu sudut lancip dapat diketahui bahwa lebih kecil bila dibandingkan dengan sudut siku-siku.

Sudut lancip punya nama lain dalam bahasa Inggris yaitu acute angle. Semua segitiga yang memiliki sudut kurang dari 90°, maka segitiga tersebut dipastikan memiliki sudut lancip. Sudut lancip umumnya dapat EDOOers temui pada segitiga, jajaran genjang trapesium, dan lain-lain.

Sudut lancip juga dapat EDOOers temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti contohnya pada potongan pizza, penjepit jemuran, ujung setrika, jam yang menunjukkan pukul 11, dan huruf A.

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah kebalikannya sudut lancip, kok bisa begitu? Karena sudut tumpul itu mempunyai besaran sudut lebih dari 90° atau lebih tepatnya besaran sudutnya di atas dari 90° dan di bawah dari 180°. Sudut tumpul bisa dibilang sebagai sudut yang besar sudutnya di atas sudut lancip dan sudut siku-siku.

Sudut tumpul juga dikenal dengan sebutan obtuse angle. Sebuah segitiga yang salah sudutnya memiliki sudut lebih besar dari 90° dan dibawah 180°. Maka dapat dipastikan segitiga tersebut dinamai sebagai segitiga tumpul. Sedangkan segitiga yang memiliki sudut tumpul adalah segitiga sama kaki dan segitiga sama panjang.

Sudut tumpul bisa EDOOers temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti boomerang, atap rumah, kursi pantai, jam yang menunjukkan pukul 7, kursi goyang, dan tongkat hockey.

4. Sudut Lurus

Sudut lurus merupakan sudut yang mempunyai besaran sudut sebesar 180°. Jika dilihat secara sekilas, sudut lurus itu seperti garis lurus saja dengan bentuk horizontal dan terlihat seperti memiliki dua lengan. Sesuai namanya, sudut ini ya lurus gitu EDOOers.

Meskipun begitu, sudut lurus yang seperti garis lurus saja itu, tetapi sudut ini sangatlah berbeda dengan sudut 0°. Sudut lurus dalam bahasa Inggris mempunyai nama lain, yakni straight angle. Pada kehidupan sehari-hari, EDOOers dapat menemui sudut lurus ini pada kehidupan sehari-hari pula, contohnya seperti dinding tembok, jam yang menunjukkan pukul 6, dan alas meja.

5. Sudut Refleks

Sudut refleks adalah sudut yang mempunyai besaran sudut mulai dari 180° hingga kurang dari 360°. Berkat besaran sudut yang dimiliki oleh sudut refleks tersebut, maka sudut refleks bisa dibilang bahwa besaran sudut tersebut lebih besar dari sudut tumpul, sudut siku-siku, serta sudut lancip.

Namun, sudut refleks tidak sampai 360°, Jadi si sudut refleks ini tidak diputar sampai satu putaran penuh lho, EDOOers. Alasan mengapa dinamai sudut refleks, karena sudut tersebut merupakan refleksi dari sudut tumpul.

Sudut refleks dalam bahasa Inggris, dinamakan dengan reflex angle. Besaran sudut pada sudut refleks ini memiliki lebih dari satu sudut lurus, tetapi tidak mencapai rotasi penuh. Contoh dari sudut refleks bisa EDOOers lihat pada jarum jam yang menunjukkan pukul 7 dan 8.

Sampai sini udah paham kan EDOOers dengan berbagai jenis sudut dalam pelajaran matematika, seperti yang dijelaskan di atas? Apabila masih belum paham, EDOOers dapat mempelajari materi sudut dalam pelajaran matematika ini pada aplikasi EDOO, yang menyajikan banyak konten-konten digital pembelajaran yang terbaik, salah satunya tentang pelajaran matematika, sehingga kamu bisa menikmati belajar dengan baik di dalam maupun di luar kelas. Yuk segara download aplikasi EDOO di smartphone atau cek versi webnya, EDOOers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *