Pojok Baca Sebagai Wadah Kegiatan Edukasi dan Rekreasi

Kemudahan akses terhadap layanan perpustakaan sangat diperlukan agar akses informasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar semakin mudah ditemui warga sekolah. EDOO sebagai inisiator perpustakaan digital sekolah berupaya dalam menyebarkan akses layanan perpustakaan dengan membangun Pojok Baca atau Smart Library.

Perpustakaan memiliki peranan strategis dalam membangun literasi masyarakat Indonesia sebagai lembaga penyedia informasi. Perpustakaan pula secara mandatori diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, mengolah dan menyebarluaskan karya-karya informasi dan karya ilmiah kepada masyarakat.

Ekstensi perpustakaan seperti Pojok Baca atau Smart Library mutlak diperlukan agar literasi dapat survive di era teknologi. Literasi bisa dipahami sebagai kecakapan seseorang dalam membaca dan menulis. Literasi tidak hanya berkutat pada kecakapan membaca dan menulis, namun literasi dapat juga diartikan melek teknologi, berpikir kritis, dan peka terhadap lingkungan sekitar. Vitalnya kesadaran berliterasi sangat berpengaruh dalam mendukung keberhasilan seseorang menangani bermacam persoalan. Salah satu jenis literasi yang berkaitan dengan kemampuan khusus dalam memperggunakan berbagai informasi dalam format digital disebut literasi digital.

Pengertian Pojok Baca atau Smart Library

Pojok Baca adalah pemanfaatan area ruang sebagai ruang baca digital tempat berlangsungnya kegiatan membaca dan agenda literasi. Sedangkan, Pojok Bacaa merupakan ide membaca yang bertujuan untuk mengedukasi setiap masyarakat dan membangun smart city dengan menyediakan pelayanan perpustakaan dalam format digital (e-book) yang berbasis internet maupun layanan buku fisik. Pojok baca digital ini dikembangkan pertama kali oleh Aksaramaya untuk Perpustakaan Nasional Indonesia sebagai sebuah program dalam memeratakan akses informasi.

Koleksi berbagai macam ebook yang ada di Pojok Baca berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server, konten iPunas, dan konten eksternal lain yang semua bisa dipinjam dan diunduh mengunakan aplikasi iPusnas. Pocadi juga telah dilengkapi dengan perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi ebook, audio maupun video yang direkomendasi ada pada banner yang tersedia.

Terdapat beberapa keunggulan Pojok Baca. Keunggulan Pojok Baca di antaranya bisa menarik minat membaca warga sekolah, bisa menciptakan suasana yang lebih menyenangkan, dan membuat pemustaka lebih lama menghabiskan waktu untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi. 

Konsep Smart Library untuk Sekolah

Smart Library merupakan perpustakaan di area sekolah yang dilengkapi perangkat digital dan konvensional untuk mendapatkan informasi dan konten belajar mengajar melalui perangkat aplikasi perpustakaan digital dan buku cetak yang didesain senyaman mungkin.

Antara kedua hal tersebut aslinya sama saja, karena sama-sama memanfaatkan teknologi dalam mengoptimalkan layanan perpustakaan untuk pemustaka, dan sama-sama diinisiasi oleh EDOO. Terutama dalam mengoptimalkan akses baca, dengan Smart Library ratusan judul buku dapat dibaca tanpa perlu ribet dan kesusahan lagi.

Bentuk pengembangan Smart Library ini adalah penyediaan sebuah perpustakaan Hybrid (kovensional dan digital) dengan fasilitas ruang baca yang menarik, perangkat pengelolaan dan penyimpanan konten digital yang bisa dimanfaatkan oleh pemustaka untuk mengakses konten-konten digital yang tersedia. 

Smart Library merupakan bentuk pemanfaatkan teknologi yang EDOO kembangkan untuk menjadikan perpustakaan biasa menjelma hybrid, penggabungan perpustakaan konvensional, perpustakaan digital serta program pemberdayaan siswa dan guru.

Smart Library dibangun untuk menumbuhkan kreativitas dan menciptakan kreasi siswa berbekal konten-konten digital yang ada di perpustakaan dan membangun komunikasi antara siswa dan guru, sehingga tercipta sinergi dan kolaborasi yang maksimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Komponen Smart Library

Smart Library dikembangkan oleh EDOO sebagai salah satu produk unggulan. Hadirnya, Smart Library dalam rangka penguatan literasi di sekolah dapat digunakan guru, siswa dan warga sekolah untuk menunjang kegiatan edukasi. Komponen-komponen yang terdapat di dalam MOCO Smart Digital Corner/ Smart Library sebagai berikut:

A. Peralatan Elektronik & IT

  1. MOCODLS
    dilengkapi router, access poin dan koneksi internet
  2. Connectivity (Access poin, LAN/Modem)
  3. Pop Up Library/Mading Digital
    Layar monitor yang menampilkan konten digital seperti video, audio, ebook dan informasi lainnya.
  4. Personal Computer ALL-IN-ONE
  5. TABLET Android
  6. UPS

B.  Konten

  1. Konten Buku Cetak
  2. Konten Digital

a. Ebook

b. Video

c. Audio (Podcast)

C. Meubelair (Perabot Perpustakaan)

  1. Rak Buku Perpustakaan
  2. Backdrop & Papan Nama
  3. Meja Komputer Perpustakaan
  4. Sofa Perpustakaan
  5. Karpet
  6. Meja Receptionist

Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Smart Library sebagai Pojok Baca memberikan banyak manfaat bagi sekolah, karena memudahkan warga sekolah dalam mencari informasi dan menjadi wadah edukasi serta rekreasi. Harapan kedepannya sekolah dapat memiliki Smart Library / Pojok Baca untuk menunjang layanan perpustakaan yang bersifat inklusif.

Ayo! Sekolah yang ingin bertanya tentang Smart Library / Pojok Baca dapat melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *