Lompat ke konten
5 Rekomendasi Anime Bertema Pendidikan yang Bikin Siswa Semakin Semangat Belajar

5 Rekomendasi Anime Bertema Pendidikan yang Bikin Siswa Semakin Semangat Belajar

Halo Sobat EDOOers!! Pernah nyangka nggak, kalo ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan bukan cuma dari sekolah saja? Ilmu pengetahuan dapat kita peroleh di mana saja, seperti dari buku, perpustakaan, aplikasi belajar online, film, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, ilmu pengetahuan juga dapat kita peroleh dari menonton anime. Pada artikel ini kami akan membahas beberapa rekomendasi anime bertema pendidikan yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Apabila ngomongin soal ilmu pengetahuan, tidak bisa terlepas dari pendidikan, karena ilmu pengetahuan merupakan hasil dari proses pendidikan tersebut. Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting untuk masa depan seorang manusia. Melalui adanya pendidikan, manusia dapat mengembangkan diri dan mencapai potensi optimal dari hidupnya.

Akan tetapi, pendidikan zaman sekarang harus bisa terlepas dari stigma, bahwa untuk memperolehnya hanya lewat bangku sekolah. Sekarang ini, banyak orang menimba ilmu dan pendidikan dari subjek lain selama konotasinya positif, contohnya saja dari anime yang bertemakan pendidikan.

Pengertian Anime

Nonton anime sekarang enggak cuma jadi hiburan semata lho EDOOers. Alur cerita anime kini juga sudah banyak yang memberi materi-materi edukasi dari berbagai bidang keilmuan. Yup, EDOOers bisa nonton anime sekaligus diberbarengi dengan belajar banyak ilmu baru pastinya.

Anime adalah animasi khas Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan bermacam-macam karakter dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Meskipun dikategorikan sebagai sejenis kartun, anime sangatlah berbeda dengan serial animasi buatan Amerika atau negara lainnya. 

Selain mempunyai ciri khas pada desain karakter, serta cerita yang disajikan dari anime lebih beragam. Menurut buku berjudul Pengantar Manga (Komik Jepang), dijelaskan kebanyakan cerita dari serial anime diambil dari kisah novel dan manga (komik Jepang).

5 Anime yang Bertemakan Pendidikan

Rekomendasi 5 anime bertema pendidikan di bawah ini tidak cuma menyajikan kisah yang seru, tapi juga mengangkat tema khusus tentang pendidikan yang bisa dijadikan media pembelajaran di sekolah. Jadi, menonton animenya tidak cuma merasa terhibur, tapi juga bikin tertarik untuk mempelajari ilmunya. Simak yuk EDOOers informasinya!

  1. Hataraku Saibou (Cells at Work)

Anime satu ini akan membawamu untuk mempelajari lebih dalam otonomi tubuh manusia. Anime ini cocok untuk siswa yang sulit untuk memahami pelajaran biologi dan merasa bosan dengan pelajaran biologi yang diterangkan secara monoton di sekolah. Hataraku Saibo merupakan sebuah karya dari mangaka bernama Akane Shimizu yang akhirnya diadaptasi menjadi anime oleh studio David Production pada tahun 2018.

Anime ini menceritakan tentang berbabagi kehidupan sel-sel yang ada dalam tubuh manusia dan digambarkan sebagai sebuah kota. Karakter utama dalam anime ini adalah sel antropomorfik. Semua jenis sel ada di anime ini, mulai dari sel darah merah yang mengedarkan oksigen, sel darah putih yang menyerang dan membunuh virus, hingga trombosit yang berperan melakukan perbaikan.

2. Gin no Saji (Silver Spoon)

Anime Gin no Saji ini cocok untuk kalian siswa SMK yang mengambil jurusan pertanian atau peternakan. Gin no Saji menceritakan gimana sih kehidupan pelajar ilmu peternakan dan pertanian. Berkisah tentang si tokoh utama bernama Yugo Hachiken yang merasa mimpinya jadi peternak diremehkan. Akhirnya dia dengan tekadnya masuk ke Sekolah Tinggi Pertanian Oezo di Hokkaido, jauh dari kediamannya untuk menjadi ahli di bidang pertanian dan peternakan. Tokoh utama di sekolah tersebut belajar tentang pertanian, makanan, sayuran dan psikologi hewan ternak.

Cerita yang disajikan anime Silver Spoon tidak hanya menarik, tetapi juga menyentuh. Penonton disuguhi gambaran kehidupan para petani dalam mengolah pertanian mereka, sampai hasilnya bisa menjadi makanan yang layak untuk dikonsumsi masyarakat luas. Selain itu pula, ada banyak pengetahuan mengenai ilmu peternakan, mulai bagaimana merawat hewan ternak, dan hingga disembelih untuk dimakan. Anime ini menyenangkan untuk ditonton dan mengatasi topik serius perihal pertanian dan peternakan dengan mudah.

3. Ookami to Koushinryou (Spice and Wolf)

Anime Spice and Wolf ini cocok buat EDOOers yang suka dengan pelajaran ekonomi di sekolah. Anime ini mengangkat kisah tentang ekonomi. Penonton disajikan perjalanan panjang dalam menghasilkan uang dan menjelajah dunia. Melalui anime ini, penonton juga belajar tentang mata uang negara lain, kurs mata uang, bermain di saham, transaksi bisnis, bagaimana melakukan transaksi bisnis yang cerdas atau tidak, dan hal-hal seputar ekonomi lainnya.

Anime ini juga menyinggung beragam permasalahan ekonomi, seperti inflasi, deflasi, prinsip perdagangan, dan cara kerja perekonomian. Kalau EDOOers kurang dapat memahami ekonomi, anime ini akan menjadi media yang menyenangkan untuk belajar. Siswa SMA/MA yang berada di jurusan IPS wajib nonton anime satu ini nih.

4. Moyashimon

Bisa bayangkan ketika manusia bisa berkomunikasi dengan mikroba di sekitarnya? Hal tersebut terjadi di anime Moyashimon, ketika Tadayasu (tokoh utama) yang merupakan seorang mahasiswa baru jurusan Agrikultur punya kemampuan unik dalam berkomunikasi dengan mikroba.

Serial anime ini adalah anime edukasi yang bagus tentang mikrobiologi. Penonton akan menemukan banyak informasi tentang kehidupan mikroba, dan juga menunjukkan bagaimana mikroba ini bisa membantu, tetapi juga berbahaya bagi manusia.  Selain itu dalam anime ini juga mengajari kita ada fungi (jamur) yang menyebabkan jamur di kaki atlet, pembuatan ragi yang digunakan untuk proses fermentasi minuman khas jepang yaitu sake. Serial ini membuat bakteri terlihat imut dan menyenangkan.

5. Dr. Stone

Anime Dr.Stone merupakan anime shounen yang dikenal sebagai salah satu anime shounen terbaik. Anime Dr. Stone merupakan anime yang diangkat dari manga yang berjudul sama karya Riichiro Inagaki dan diilustrasikan oleh Boichi. Anime ini menceritakan tentang tokoh utama yang jenius bernama Senku Ishigami. Dia menggunakan kekuatan dan keterampilannya untuk membangun kembali peradaban manusia yang hancur akibat fenomena pembatuan aneh yang terjadi di seluruh dunia.

Dr Stone menawarkan cerita yang berbeda dari anime shounen kebanyakan. Anime ini banyak mengkisahkan tentang ilmu pengetahuan yang ditampilkan dengan cara yang lebih menarik dan memang ada di dunia nyata. Pemaparannya didukung dengan grafis yang masuk akal sehingga penonton dapat memahaminya dan tidak kebingungan dengan penemuan di anime Dr. Stone ini. Apalagi sejumlah ilmu sains yang diperlihatkan di anime ini sudah memang terbukti di dunia nyata.

Anime bukan sekedar media hiburan saja, anime pun bisa digunakan sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Nyatanya, banyak anime yang menyajikan subyek pendidikan dengan dibalut cerita yang menarik dan mudah dicerna, seperti halnya 5 rekomendasi anime bertema pendidikan di atas.

Anime dapat dengan baik menyampaikan subyek materi pelajaran kepada siswa lewat interaksi karakternya dan juga dari grafisnya, serta juga bisa bikin siswa lebih semangat belajar, tetapi juga tetap dalam bimbingan serta pengawasan orang tua ya. Anime bertema pendidikan apa yang paling EDOOers suka? Yuk share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *