Kenali Jenis-Jenis Kecerdasan Manusia, Kamu Termasuk yang Mana?

Apakah EDOOers sudah tahu potensi diri kamu sendiri? Tidak semua orang sudah mengenali dan menggali potensi kecerdasan diri. Apabila EDOOers tahu apa potensi diri dan kecerdasan manusia yang kamu miliki, rupanya akan lebih mudah untuk mengerti metode belajar yang lebih tepat untuk kamu.

Tahukah EDOOers, ada 9 jenis kercerdasan manusia untuk menggambarkan kelebihan yang dimiliki masing-masing manusia. Melalui mengetahui jenis kecerdasan manusia, akan lebih memudahkanmu untuk memahami kemampuan dan mengasah potensi yang kamu miliki.

Pada zaman modern ini, kecerdasan tidak cuma diukur dari nilai yang bagus saja ataupun skor IQ yang tinggi. Keahlian dalam berolahraga, bermusik, atau berkomunikasi juga termasuk dalam bentuk kecerdasan manusia, lho. Hal ini merupakan teori kecerdasan ganda (multiple intelligences) yang dikemukakan oleh seorang psikolog dari Harvard, yaitu Howard Gardner.

Howard Gardner merupakan seorang peneliti dan dosen Kognisi dan Pendidikan Sekolah Pascasarjana Pendidikan di Harvard University yang memunculkan istilah Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelligences melalui penelitiannya tersebut.

Howard dalam penelitiannya mengemukakan bahwa tidak ada manusia yang tidak cerdas, karena setiap manusia itu adalah unik. Howard mengategorikan 9 jenis kecerdasan manusia, serta tidak ada jenis kecerdasan manusia yang lebih unggul dari kecerdasan lainnya. Howard menguraikan teorinya menegenai kecerdasan majemuk dalam buku Frames of MindThe Theory of Multiple Intelligences pada tahun 1983.

Hadirnya kecerdasan majemuk tersebut memberikan manfaat dan konsekuensi dalam pendidikan dan pembelajaran, yaitu adanya variasi cara belajar hingga evaluasinya. Multiple intelligence atau kecerdasan majemuk mempercayai bahwa setiap manusia bisa belajar dalam berbagai cara. 

 

9 Jenis Kecerdasan Manusia

Potensi kecerdasan setiap individu sangatlah beragam yang dikelompokkan oleh Howard menjadi 9 jenis kecerdasan manusia. Yuk kenali kecerdasan apa saja yang disampaikan peneliti dari Harvard University ini. Selengkapnya bisa EDOOers simak dengan seksama ya!

  1. Kecerdasan Verbal-Linguistik

Kecerdasan verbal-linguistik ini mengacu pada kemampuan penggunaan kata-kata dengan baik, baik lisan maupun tertulis, entah itu saat menulis, membaca, maupun berbicara. Mereka yang memiliki kecerdasan ini peka banget lho dalam menemukan suatu perbedaan dari arti kata, urutan kata, bahkan sampai ritme dalam sebuah ungkapan.

Kecerdasan verbal-linguistik ini sangat cocok untuk karir yang berhubungan langsung dengan berbicara dan menulis, seperti penulis, wartawan, guru, pengacara, penyair, pembicara publik, novelis, pendongeng, penyiar berita dan radio, dramawan, serta komedian.

  1. Kecerdasan Logika-Matematika

Kecerdasan ini sangat berkaitan dengan kemampuan dalam mengolah angka dan kemahiran menggunakan logika. Manusia yang mempunyai kecerdasan logika-matematika memiliki kemampuan dalam berpikir secara konseptual, dan mempunyai kapasitas untuk membedah pola numerik serta logika.

Pemilik kecerdasan logika-matematika percaya jika pendekatan ilmiah dapat memberikan solusi yang terbaik dalam memecahkan masalah. Kecerdasan ini dapat dilihat pada seorang yang berprofesi sebagai ilmuwan, akuntan, pengacara, bankir, ahli matematika, progammer, dan insinyur.

  1. Kecerdasan Visual-Spasial

Orang yang punya kecerdasan visual-spasial memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan sangat lihai dalam memvisualisasikan sesuatu hal. Mereka yang unggul dalam kecerdasan ini sangat tertarik pada hal-hal berupa bentuk dan sudut pandang fisik. Karir yang baik untuk mereka yang mempunyai kecerdasan ini adalah menjadi arsitek, pekerja seni, insinyur, kartografer, perancang busana, pilot, dan pelaut.

  1. Kecerdasan Gerak-Kinestetik

Kecerdasan gerak-kinestetik berkaitan dengan kemampuan manusia dalam menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan keterampilan menggunakan tangan untuk mencipta atau mengubah sesuatu. Orang dengan kecerdasan ini bisa mengontrol gerak tubuh untuk mengatasi sebuah objek dengan baik.

Kecerdasan ini mengacu pada orang menyukai aktivitas fisik. Mereka yang memiliki keterampilan motorik yang baik dan kemampuan fisik yang sangat mumpuni. Apabila kamu memiliki karakteristik di atas, maka kamu mungkin akan cocok berkarir menjadi seorang penari, atlet olahraga, pengrajin, seniman patung, dan aktor.

  1. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal merupakan kemampuan untuk mengamati, menikmati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan sebuah musik maupun bunyi-bunyian atau suara-suara yang bernada dan berirama. Kecerdasan tersebut meliputi kepekaan terhadap suatu melodi, ritme, pitch, timbre, nada dari musik yang didengar. Pilihan karir yang cocok bagi pemilik kecerdasan ini yaitu penyanyi, penulis lagu, konduktor, guru musik, dan komposer.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan ini sangat berkaitan dengan aspek internal dalam diri seseorang manusia, seperti rentang emosi, perasaan hidup, kemampuan membedakan ragam emosi, menandainya, dan mempergunakannya dalam memahami dan membimbing tingkah laku sendiri. Orang dengan kecerdasan intrapersonal yang baik mampu memberikan respons dan motivasi dengan baik. Kalau EDOOers memiliki jenis kecerdasan manusia ini, maka pilihan karir yang paling cocok adalah menjadi penulis, filsuf, ilmuan, ahli teori, guru, psikiater, psikolog, dan konselor.

7. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini juga disebut kecerdasan sosial, orang-orang yang memiliki kecerdasan ini pandai memahami dan berinteraksi dengan orang lain, serta juga cukup lihai mengamati mood orang lain. Kecerdasan interperseonal ini berkaitan dengan kemampuan kerja sama, berorganisasi, dan bersosialisasi. Pilihan karir yang pas untuk orang dengan tipe kecerdasan tersebut adalah menjadi politikus, konselor, psikolog, filsuf, guru, terapis, pekerja sosial, dan pramuniaga.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis ini sangat berkaitan dengan kemampuan dalam menganalisa lingkungan hidup. Orang yang mempunyai kecerdasan ini umumnya peka terhadap alam dan lingkungan. Kecerdasan ini juga berkaitan dengan kemahiran dalam mengenali, mengidentifikasikan, dan mengklasifikasikan flora dan fauna. Pilihan karir yang cocok buat orang dengan tipe kecerdasan naturalistik adalah ahli biologi, petani, konservasionis, dokter hewan, atau pemandu alam. Pilihan karir yang pas buat orang dengan tipe kecerdasan naturalistik ini adalah ahli biologi, petani, zookeeper, ranger profauna, konservasionis, dokter hewan, atau pemandu alam.

9. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan eksistensial ini berkaitan dengan kemampuan manusia dalam menempatkan diri dalam lingkup kosmos, memaknai kematian, memaknai hidup, memahami nasib dunia jasmani dan kejiwaan, sserta memaknai pengalaman mendalam seperti cinta atau kesenian. Manusia yang mempunyai kecerdasan eksistensial puya sensitivitas dan kapasitas dalam menghadapi pertanyaan tentang kehidupan, seperti “Apa arti hidup ini? Kenapa kita mati? Kenapa kita ada di dunia ini?”. EDOOers yang memiliki kecerdasan ini berpotensi menjadi filsuf, psikolog, sejarawan, budayawan, praktisi sosial dsb.

Setiap manusia tentu memiliki potensi dan keunikannya sendiri. Maka dari itu, EDOOers nggak perlu merasa gagal atau berkecil hati ketika kamu kesulitan mempelajari pelajaran di sekolah. Bisa jadi, hal-hal lain yang kamu senangi merupakan bentuk kecerdasan yang kamu miliki.

Nah, setelah EDOOers telah mengetahui 9 jenis kecerdasan manusia di atas, kira-kira tipe mana yang termasuk ke dalam dirimu? Dengan mengenalinya, EDOOers akan lebih mudah mengasah potensi dirimu dan menentukan karir yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki di masa depan kelak. Yuk share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *