5 Rekomendasi Desa Wisata Terbaik yang Cocok untuk Healing di Akhir Tahun

Pemerintah terus mengembangkan potensi-potensi desa wisata yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengatasi pengangguran, melestarikan lingkungan serta memajukan kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi desa wisata terbaik yang cocok untuk healing EDOOers bersama keluarga atau teman di akhir pekan.

Sekarang ini istilah desa wisata mulai banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas, ketika ingin menikmati sebuah liburan. Bahkan, tempat wisata ini digadang-gadang akan menjadi salah satu potensi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Apa itu Desa Wisata?

Secara pengertian, desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena ada banyak daya tarik yang dimilikinya. Tak hanya soal daya tarik wisata saja, sebuah desa bisa dikatakan sebagai desa wisata juga harus memiliki atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung di dalamnya sebagai wujud pelayanan bagai wisatawan.

Sebenarnya hal paling umum yang menjadi daya tarik disajikan oleh desa wisata yaitu berupa struktur kehidupan masyarakat desa yang menyatu dengan tata cara, tradisi dan budaya yang berlaku. Hal demikian tersebut membuat wisatawan tertarik untuk datang melihat dan mempelajarinya secara langsung.

Belakangan ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lagi gencar-gencarnya untuk mempromosikan berbagai desa wisata di Indonesia sebagai tonggak destinasi liburan. Desa wisata juga disinergikan dengan upaya pengembangan 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Terlebih lagi, ada banyak desa wisata terbaik di Indonesia yang cocok dijadikan tempat healing liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Ada fakta menarik yang diambil dari data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di antaranya berpotensi dikembangkan menjadi desa wisata.

5 Desa Wisata Terbaik Cocok untuk Healing

Bagi EDOOers yang tertarik berlibur ke desa wisata, berikut ini beberapa rekomendasi desa wisata terbaik yang menarik untuk dikunjungi sewaktu libur Natal dan Tahun Baru 2023:

  1. Desa Wisata Buluh Duri – Serdang Bedagai

Desa wisata Buluh Duri-Serdang Bedagai keluar menjadi juara sebagai Desa Wisata Terfavorit dari Kemenparekraf dalam ajang pemilihan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 ini. Desa ini memiliki potensi aliran sungai Bahbolon untuk dijadikan pariwisata dan olahraga Arung Jeram.

Desa Wisata Buluh Duri ini terletak di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Letak wilayah desa wisata ini sendiri masih berdampingan dengan lahan milik BUMN PTPN-III Gunung Pamela.

2. Desa Wisata Sembungan – Wonosobo, Jawa Tengah

Mendapat klaim sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, desa wisata Sembungan mempunyai ketinggian 2.300 MDPL, desa wisata ini menawarkan eksotisme keindahan alam dan budaya. Selain itu desa wisata Sembungan menjadi juara satu kategori Desa Wisata Rintisan ADWI  2022.

Desa wisata Sembungan memepunyai produk unggulan berupa olahan makanan dan minuman khas, seprti Carica, Purwaceng, Terong Kemar dan Lombok Dieng. Selanjutnya di desa ini juga tersedia wisata edukasi pengolahan sampah di gedung Bank Sampah Adem Ayem.

Dilansir dari situs resmi milik kemenparekraf, desa wisata Sembungan memiliki pesona alam sunrise paling cantik di Asia, aliran air yang selalu berkilau dari Telaga Cebong, dan memiliki wisata air terjun Sikamim yang menakjubkan.

3. Desa Wisata Pariangan – Tanah Datar, Sumbar

Desa wisata Pariangan atau Nagari Pariangan berlokasi di Provinsi Sumatera Barat ini termasuk salah satu desa yang paling indah di dunia. Selain itu desa wisata Pariangan menjadi juara satu kategori Desa Wisata Berkembang ADWI  2022.

Bahkan, keindahan desa wisata Pariangan ini disejajarkan dengan desa Niagara on The Lake di Kanada, Wengen di Swiss, Shirakawa-go di Jepang, Cresky Krumlov di Republik Ceko, dan Eze di Prancis.

Desa Pariangan ini masih terdapat banyak rumah-rumah Gadang khas Sumatra Barat. Meskipun rumah-rumahnya padat, rumah penduduk dibangun bertingkat-tingkat mengikuti kontur atau pola dari lereng gunung. Akses jalan menuju desa wisata Pariangan ini berkelok dengan pemandangan hijau yang sangat asri, serta dibumbui hamparan sawah yang sangat subur dan pepohonan rimbun.

4. Desa Wisata Semen – Blitar, Jawa Timur

Desa wisata Semen di Blitar ini merupakan desa yang kembali menggali seluruh potensi kearifan lokal dari zaman dulu, hingga modern sebagai inovasi untuk kesejahteraan bersama.

Desa wisata Semen di Blitar ini mendapat juara satu kategori Desa Wisata Maju ADWI 2022. Desa wisata Semen ini tepat berada di tengah-tengah antara Lereng Gunung Kelud dan Lereng Gunung Kawi, serta dibelah oleh sungai besar yakni Sungai Lekso.

Para wisatawan yang mengunjungi desa wisata Semen ini dapat menikmati wisata budaya Tarian Langen Beksan, Jaranan Dor, atau wisata alam seperti hiking track, camping, susur sungai, dan outbond. Selain itu, juga ada wisata edukasi seperti membuat batik, edukasi pembuatan gula kelapa, membuat sirup dari buah nanas, memerah susu sapi, dan konservasi anggrek.

Berada di ketinggian 700 Mdpl desa wisata Semen mempunyai suhu rata-rata 20-29 derajat celcius, bahkan dapat mencapai 17 derajat celcius pada saat musim kemarau tiba.

5. Desa Wisata Keris – Sumenep, Jawa Timur

Desa Aengtongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur adalah salah satu diantara beberapa wilayah penghasil dan pengrajin keris yang terdapat di pulau Madura. Desa Aengtongtong mendapat juara satu kategori Desa Daya Tarik Pengunjung Maju ADWI 2022.

Kondisi alam yang terdapat di desa Aeng Tongtong juga bisa dibilang sangat beragam karena terdiri dari banyak sumber daya alam (SDA) di antaranya yaitu sawah, ladang padi, ladang tembakau, kebun kelapa, perbukitan dan lain-lain.

Nah, itulah 5 rekomendasi desa wisata terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan list untuk liburan akhir pekan ataupun liburan Natal dan Tahun Baru 2023 kali ini. Pastinya saat berlibur ke desa-desa wisata tersebut hal yang sangat berbeda akan dirasakan.

Bagaimana tidak, selain menikmati pemandangan dan merasakan kesejukan udaranya, di desa tersebut bisa belajar tentang adat istiadat asli dan budaya tiap desa di Indonesia, dengan begitu bisa membuat kita semakin mencintai dan memajukan pariwisata Indonesia. Desa wisata mana yang paling ingin EDOOers kunjungi? Yuk share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *