Program Literasi Digital Sekolah (LDS) EDOO, Apaan Tuh?

Sudahkah EDOOers mengenal apa itu literasi digital? Literasi digital merupakan sebuah istilah yang sering terdengar belakangan ini, apalagi ketika pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Seiring dengan gencar dan massifnya penggunaan teknologi saat ini, maka upaya untuk mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi dan konten digital yang benar dan bertanggung jawab menjadi isu yang selalu menarik untuk dikaji serta di analisis bersama. Salah satunya, dengan menguatkan pentinya literasi digital dengan adanya program Literasi Digital Sekolah (LDS) dari EDOO.

Pengertian Literasi Digital

Sebelum menginjak ke pengertian program Literasi Digital Sekolah (LDS) dari EDOO, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu literasi digital. Kata literasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “literacy” yang memiliki arti kemampuan baca tulis. Kemudian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi merupakan sebuah kemampuan membaca, menulis, dan kemampuan individu dalam mengolah informasi, sedangkan digital adalah sesuatu yang berhubungan dengan angka-angka dalam sistem penomoran tertentu.

Literasi digital adalah sebuah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber yang benar dan jelas dengan cara diakses melalui perangkat komputer maupun perangkat digital lainnya.

Pendapat lain menjelaskan bahwa literasi digital ialah kemampuan untuk mengaplikasikan suatu teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan dan mengomunikasikan informasi dengan kecakapan teknikal maupun kognitif.

Sedangkan, menurut UNESCO, sebagaimana dikutip dari buku Literasi Digital, literasi digital bukan cuma berkaitan dengan teknologi semata. Sebab, literasi digital merupakan sebuah kecakapan yang mencakup kemauan untuk terus belajar, berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagai hal di dunia digital. Tujuannya yaitu mendukung pencapaian dalam proses pembelajaran dan peningkatan kompetensi secara optimal.

Program Literasi Digital Sekolah (LDS) EDOO

Melalui penjelasan literasi digital di atas tidak mengherankan jika cara meningkatkan kemampuan digital perlu untuk dipelajari. Penerapan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari itu sangat beragam. Lalu bagaimana sih cara meningkatkan kemampuan literasi digital? Kamu bisa meningkatkan literasi digital serta menerapkannya melalui program yang ditawarkan EDOO ini lho, yaitu program Literasi Digital Sekolah (LDS).

Program Literasi Digital Sekolah (LDS) adalah suatu program pendampingan dan pelatihan bagi sekolah untuk mengembangkan ekosistem konten-konten digital sekolah. Melalui program ini EDOO hadir untuk mengembangkan ekosistem konten digital sekolah yang lebih.

Masih banyak dijumpai konten-konten sekolah masih berserakan di mana-mana, ada yang di website, media sosial atau malah tersimpan di laptop guru serta tumpukan kertas tak terhitung jilidannya memenuhi ruangan perpustakaan dan tidak terurus. Nyarinya amat susah, seolah tidak digunakan lagi untuk kegiatan belajar mengajar. 

Program Literasi Digital Sekolah (LDS) merupakan kegiatan untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan aplikasi perpustakaan digital Edoo untuk mendukung proses belajar mengajar yang terbagi menjadi 3 kegiatan. Ketiga kegiatan dari program Literasi Digital Sekolah (LDS) tersebut sebagai berikut:

  1. Implementasi EDOO

Kegiatan pertama dari program LDS EDOO ini yaitu sebuah program pelatihan dan dan pendampingan pengunaan modul dan fitur aplikasi Edoo kepada warga sekolah/madrasah yang meliputi admin, guru, siswa dan orang tua. Pelatihan tersebut berisi pemaparan tentang apa itu aplikasi Edoo, modul, fitur dan cara penggunaannya lalu dilanjutkan dengan segmen diskusi tanya jawab. Para peserta dari sekolah bisa mengikuti langkah-langkah mudah dari fasilitator/trainer agar semua pihak bisa langsung praktik bersama.

Tujuan pelatihan tersebut agar bisa memanfaatkan aplikasi EDOO secara optimal. Materi pelatihan dan pendampingan pada kegiatan ini meliputi pemanfaatan Modul ePustaka, eClass, Tryout, Ujian, Media sosial, Agenda, Smart code, dan lainnya.

2. Pembuatan Konten Digital

Kegiatan kedua ini merupakan pelatihan dan pendampingan pada guru dan siswa untuk membuat konten sekolah dan mengembangkan koleksi konten sekolah.  Sedangkan pembuatan konten sekolah disini meliputi penulisan, editing, ilustrasi, podcast, Video, pembuatan butiran soal. Berbekal pelatihan dan pendampingan tersebut, warga sekolah akan mampu membuat konten digital secara mandiri kedepannya untuk melengkapi koleksi internal perpustakaan sekolah.

3. Festival Literasi Digital Sekolah

Kegiatan ketiga yaitu Gerakan Festival Literasi Digital Sekolah dalam rangka mendukung program Sekolah GO-DIGITAL, maka Aksaramaya Bekerjasama dengan berbagai pihak membuat kegiatan tersebut yang diisi oleh beragam lomba-lomba yang menyenangkan dari bermacam kategori.

Kategori yang akan dilombakan dalam Gerakan Festival Literasi Digital Sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Kategori ePustaka Terbaik yang meliputi koleksi paling banyak, user teraktif, dan jumlah buku yang dipinjam
  2. Kategori eClass Terbaik yang meliputi paling banyak memanfaatkan e-class
  3. Kategori Tryout Terbaik yang meliputi paling banyak memanfaatkan tryout
  4. Kategori Smart Code Terbaik yang meliputi paling banyak membuat library everywhere
  5. Kategori Social Media Terbaik yang meliputi paling banyak menulis ulasan, paling banyak menulis di feeds, dan paling banyak share konten
  6. Kategori Smart Corner Terbaik yang meliputi paling kreatif isinya, dan paling aktif membuat konten
  7. Kategori Smart Class Terbaik yang meliputi paling banyak memanfaatkan smart class.

Selanjutnya untuk alur literasi digital sekolah sendiri yaitu Implementasi Edoo, Pelatihan dan pendampingan pembuatan konten, penyelenggaraan Festival Literasi Sekolah, membuat library everywhere yang dilengkapi smart code di area sekolah/madrasah, dan warga sekolah/madrasah dapat mengakses konten digital library.

Mengingat semua aktivitas di dunia sekarang kini banyak beralih menjadi semakin digital, maka penting bagi siswa-siswi untuk memiliki keterampilan literasi digital. Kemampuan literasi digital dapat membantu menavigasi dunia digital yang semakin kompleks dengan baik, ramah dan aman. Terlebih lagi penggunaan internet di Indonesia sangatlah tinggi untuk era saat ini.

Oleh karena itu guna menerapkan dan meningkatkan literasi digital untuk semua warga sekolah, terkhusus bagi siswa siswi. Maka opsi terbaik yaitu dengan program Literasi Digital Sekolah (LDS) dari EDOO yang bisa membentuk ekosistem konten pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. Melalui keterampilan literasi digital, EDOOers dan EDOOcator akan mampu mengolah dan memanfaatkan informasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Ayo! Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dan menyelenggarakan program ini dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *