Mengatur Jadwal Pelajaran dengan Praktis Melalui EDOO

Teknologi Informasi berkembang begitu pesat hingga saat ini. Melalui kemajuan teknologi informasi, memungkinkan pengelolaan data secara efisien, cepat serta akurat. Perkembangan ilmu dan teknologi mendorong berkembangnya suatu sistem administrasi berbasis teknologi informasi. Hal ini juga merambah kepada manajemen instansi seperti sekolah, termasuk salah satunya dalam pengelolaan jadwal pelajaran.

Kualitas pelayanan yang ditawarkan suatu instansi pendidikan, merupakan salah satu daya tarik utama yang menjadi perhatian orang tua yang menginginkan anaknya nyaman saat belajar di sekolah. Sebagai salah satu kriteria dalam memilih suatu lembaga pendidikan, kualitas dan profesionalisme dalam pelayanan harus didukung oleh platform digital seperti EDOO.

Aplikasi EDOO

Aplikasi EDOO merupakan aplikasi digital library yang dibangun dengan menggunakan teknologi micro service yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan dapat diimplementasikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan sekolah. Selain itu aplikasi EDOO juga dilengkapi dengan bermacam Modul pendukung dan berbagai Fitur unggulan lainnya yang dapat memudahkan mengelola kegiatan sekolah.

Penggunaan smartphone maupun laptop/desktop harus dimanfaatkan seoptimal mungkin agar memudahkan aktivitas siswa maupun guru. Bagi siswa, banyak sekali hal yang bisa dimanfaatkan dari smartphone yang dapat membantu aktivitas belajar.

Misalnya, mengunduh aplikasi belajar online, meminjam buku secara online, membaca buku secara online, mengerjakan soal tes try out secara online, hingga urusan mengatur jadwal pelajaran, semua hal itu bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi EDOO di play store.

Perpustakaan sangat penting bagi keberlangsungan sebuah sekolah untuk penunjang sumber belajar dan informasi untuk siswa maupun guru. Pengelolaan yang bagus, rapi serta sistematis akan membuat perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa dalam mencari referensi baik berupa buku bacaan, materi pelajaran maupun hal–hal lain.

Oleh sebab itu aplikasi digital library untuk sekarang bukan hanya dituntut untuk bisa mengelola manajemen perpustakaan saja. Akan tetapi juga harus bisa membantu mengelola manajemen sekolah, terkhusus dalam mengatur jadwal pelajaran.

Tata kelola sekolah menggunakan cara kuno membuat jadwal pelajaran dengan model manual menjadi masalah bagi efektitas dan efisiensi seorang guru. Tak jarang baik siswa maupun guru sulit untuk segera memperoleh informasi jadwal pelajaran terbaru di setiap semesternya, karena tata kelola manajemen sekolah yang masih menggunakan cara konvensional. Oleh karena itu, aplikasi digital library EDOO menjawab semua permasalahan tersebut dengan mempunyai inovasi fitur jadwal pelajaran.

 

Fitur Jadwal Pelajaran EDOO

Sebelum beranjak dalam memahami fitur jadwal pelajaran EDOO, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu jadwal pelajaran. Pasti EDOOers sudah enggak asing, kan dengan jadwal pelajaran? Karena kita memiliki beberapa mata pelajaran berbeda setiap harinya di sekolah, maka penting untuk membuat jadwal pelajaran agar tidak tertukar dan dapat mempersiapkan suatu mata pelajaran dari jauh-jauh hari.

Definisi jadwal pelajaran adalah merupakan tabel yang befungsi untuk mengkoordinasikan empat hal yaitu siswa, guru, ruangan, dan periode waktu. Sehingga jadwal pelajaran di sekolah biasanya disusun oleh bagian manajemen kurikulum yang dikerjakan oleh petugas khusus penyusun jadwal pelajaran yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Jadwal pelajaran merupakan pedoman guru dalam mengajar dan pedoman belajar bagi siswa. Jadi jadwal pelajaran berfungsi untuk mengetahui pelajaran esok hari atau mempersiapkan diri seorang siswa untuk menjalani pembelajaran dari mata pelajaran tersebut, serta menjadi acuan guru dalam mempersiapkan apa yang mau diajarkan esok hari.

Sedangkan fitur jadwal pelajaran EDOO ialah fitur yang dikembangkan untuk memudahkan mengelola dan mengakses jadwal pelajaran tiap kelas melalui teknologi pada aplikasi EDOO. Fitur jadwal pelajaran masuk ke dalam ranah Modul eClass aplikasi EDOO.

Adanya fitur jadwal pelajaran dari EDOO ini dilatar belakangi karena awal masa pandemi yang dulu tidak memungkinkan adanya proses pembelajaran secara offline, jadi melalui fitur jadwal pelajaran tersebut admin sekolah, guru, ataupun waka kurikulum bisa mengatur jadwal pelajaran untuk siswa meskipun tidak berada di sekolah secara langsung.

Kemudahan yang didapatkan dalam mengatur jadwal pelajaran tidak lepas dari teknologi aplikasi EDOO yang sudah dilengkapi dengan teknologi Digital Rights Management (DRM), berbasis media sosial, dan tentunya teknologi micro service.

Teknologi micro service yang dipakai aplikasi EDOO ini bisa dimanfaatkan dalam beberapa hal di antaranya seperti Kalender Akademik, Manajemen Mata Pelajaran, Manajemen Jadwal Mata Pelajaran, Manajemen Kegiatan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di eKelas, Mapping Mata Pelajaran sesuai kurikulum dan kebutuhan rapor, dan Generate jadwal Mata pelajaran by system.

Dibanding membuat jadwal pelajaran secara manual yang berisiko bentrok antar mata pelajaran dengan guru pengajar, lebih baik gunakan fitur jadwal pelajaran dari aplikasi EDOO. Pada fitur jadwal pelajaran ini seorang admin, guru, atau waka kurikulum bisa mengatur jadwal pelajaran hanya dengan mengisi mata pelajaran, mengisi jenjang pendidikannya untuk siapa, entah untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan mengisi kelas berapa.

Selain itu dengan fitur jadwal pelajaran dari EDOO ini, admin sekolah juga bisa mengatur Bab dan Sub Bab dalam setiap mata pelajaran pada jadwal pelajaran yang dibuat. Misalnya jadwal pelajaran IPS untuk jenjang pendidikan SMP kelas 9, itu meliputi Bab Dinamika Lima Benua, Kondisi iklim 5 benua, Kondisi 5 benua, Dinamika penduduk dunia, Kerjasama nasional dan internasional, Interaksi antar ruang, dan Kondisi benua Amerika yang mau diajarkan guru.

Fitur jadwal pelajaran dari aplikasi EDOO ini cocok digunakan pada Kurikulum Merdeka untuk jenjang pendidikan SD, SMP, hingga SMA. Melalui bantuan aplikasi, tentunya Bapak maupun Ibu Guru akan sangat terbantu dalam proses pembuatan jadwal pelajaran. Jadi, saat admin sekolah ditugaskan untuk mengatur atau menyusun jadwal pelajaran, cukup andalkan aplikasi EDOO berikut untuk menyelesaikannya.

Melalui fitur jadwal pelajaran aplikasi EDOO, bapak/ibu dapat dengan mudah mengatur jadwal pelajaran secara praktis. Sekaligus, sekarang EDOOers dapat dengan mudah mengetahui jadwal belajar melalui layanan aplikasi EDOO.

Ayo! Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dan memanfaatkan fitur ini dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *