5 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat Buat Kamu!

Halo sobat EDOOers! Gaya hidup sehat penting untuk diterapkan setiap harinya, karena tidak hanya dapat melindungi diri dari beragam serangan penyakit, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Cara-cara apa sajakah yang termasuk dalam kategori menjaga gaya hidup sehat? Mari ketahui jawabannya pada artikel berikut ya EDOOers.

Gaya hidup seseorang umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan atau rutinitas sehari-hari, misalnya menjadi anak sekolah. Rutinitas anak sekolah yang padat dari pagi sampai sore, belum lagi ditambah kegiatan ekstrakurikuler dan  kegiatan les private, bisa saja mempengaruhi terhadap pola makan, waktu tidur, hingga bisa menyebabkan stres.

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini dapat berdampak terhadap daya tahan tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga secara optimal.

Pengertian Gaya Hidup Sehat

Secara definitif gaya hidup sehat bisa diartikan sebuah komitmen jangka panjang untuk selalu menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi di dalam tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Gaya hidup sehat merupakan gaya hidup yang memperhatikan semua aspek kondisi kesehatan seseorang. Tidak hanya tentang makanan saja, tetapi juga kebiasaan orang itu dalam menjalani gaya hidup. Kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk mendukung semua kegiatan dan aktivitas yang EDOOers jalani. Menerapkan gaya hidup sehat tentu bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai gangguan kesehatan dan masalah, seperti serangan virus penyakit dan bakteri. Oleh karena itu, penting banget untuk menjaga gaya hidup sehat.

Terapkan 5 Cara Menjaga Gaya Hidup Sehat

Penerapan gaya hidup sehat pun, tidak bisa sembarangan. Hal tersebut perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan. Berikut ini adalah lima cara yang dapat EDOOers terapkan dalam menjalani pola hidup sehat:

  1. Cukupi Waktu Istirahat

Istirahat yang cukup adalah kunci utama untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakanlah untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama, sehingga setelah bangun tidur bisa lebih fresh dan lebih produktif.

Perlu EDOOers ketahui bahwa istirahat yang cukup sangat beperan penting untuk kesehatan tubuh. Karena jika tubuh disibukkan dengan banyak aktivitas setiap harinya dan sering insomnia karena kebanyakan overthinking sebelum tidur, maka tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit. Istirahat yang cukup setiap harinya maka kamu sudah melakukan cara menjaga gaya hidup sehat dengan baik.

  1. Perhatikan Konsumsi Makanan Sehat

Keluarlah kamu dari jebakan kebiasaan pola makan yang tidak sehat, apalagi sering makan makanan yang tergolong junk food. Mulailah dengan mendata semua makanan mau dikonsumsi setiap hari. Catatan ini berguna sebagai pengingat agar kamu bisa membatasi atau menambahkan konsumsinya. Tidak cuma itu, kamu juga bisa memilih makanan yang alami, atau proses pembuatannya tidak ada zat kimianya.

Kamu disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dapat menunjang kesehatan tubuh antara lain; makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral yang cukup. Kurangilah konsumsi makanan yang digoreng dan berlemak tinggi. Makanan berlemak tinggi plus digoreng dapat menyebabkan penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah, yang bisa memicu penyakit kronis.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan salah satu cara gaya hidup sehat yang paling mudah. Minum air putih mengeluarkan toxic yang ada di dalam tubuh, yang dikeluarkan melalui air seni. Hindarilah minum minuman yang banyak mengandung gula, karena beberapa tahahun ini pengidap diabetes di dominasi oleh anak muda yang sering minum minuman manis.

Air putih sangat dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme tubuh. Maka dari itu, EDOOers perlu mencukupi kebutuhan air putih tiap harinya, agar kesehatan tetap terjaga. Hal tersebut disebabkan manfaat air putih dapat menjaga fungsi kerja ginjal, sarana diet, menambah energi, dan beberapa fungsi penting lainnya.

  1. Rajin Berolahraga

Meluangkan waktu lebih untuk berolahraga menjadi salah satu cara menjaga gaya hidup sehat, karena olahraga menjadikan tubuh menjadi lebih fit dan bugar. EDOOers bisa memilih aktivitas olahraga yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Tidak harus yang bersifat memberatkan, olahraga ringan dapat dilakukan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga di sela kesibukan EDOOers.

Setidaknya, lakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya jika EDOOers ingin memiliki tubuh yang sehat. Olahraga yang benar dalam kurun waktu yang tepat juga diketahui bisa melancarkan peredaran darah, serta menguatkan massa otot dan tulang.

  1. Membiasakan Hidup Bersih

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mulai dari kebersihan kamar, rumah, ataupun ruang kelas kita di sekolah, termasuk cara menjaga gaya hidup sehat. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga membuat suasana hati EDOOers menjadi lebih baik saat kamu memulai beraktivitas.

Tidak lupa perhatikan kebersihan badan dengan mandi ataupun kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Dalam beraktivitas sehari-hari pastinya EDOOers memegang banyak benda atau barang-barang yang tidak diketahui kebersihannya.

Itulah beberapa ulasan penting tentang cara menjaga gaya hidup sehat mulai dari pengertian hingga penerapannya. Beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal yang memang terlihat mudah. Namun, hal tersebut bisa terlihat sebagai sebuah challenge untuk sebagian orang. Memahami dan menerapkan gaya hidup sehat, akan membuat kita bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Yuk sebutkan gaya hidup nomor berapa yang telah kamu lakukan EDOOers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *