Modul Report dan Analytic EDOO: Mempermudah Analisa Konten dan Pemustaka Perpustakaan Digital Sekolah

Jika kita mendengar kata perpustakaan, sebagian umum orang pasti langsung terbayang rak-rak buku yang tersusun dengan cukup rapi. Namun hal ini tampaknya sudah sedikit bergeser dengan hadirnya perpustakaan digital. Pertumbuhan perpustakaan digital semakin cepat karena kebutuhan masyarakat akan akses informasi, data-data yang valid dan kredibel dari suatu jurnal, buku bacaan, karya tulis ilmiah atau bahkan hiburan.

Saat ini berkembangnya electronic book (e-book) atau buku digital semakin bergerilya menjadi sesuatu yang perlu direspon. Akankah dengan hanya mengubah buku cetak menjadi buku digital akan menjadikan sebuah perpustakaan menjadi lebih baik lagi? tentu saja itu tidak cukup. Pantaskah dengan perkembangan teknologi saat ini perpustakaan terus berdiam diri saja? Apakah perpustakaan dapat menjamin kebutuhan pemustaka terpenuhi, meskipun sudah bertransformasi menjadi perpustakaan berbasis digital? Semua tantangan ini patut dijadikan sebuah perhatian khusus untuk melangkah kepada perpustakaan modern berbasis data dan teknologi.

Berangkat dari persoalan bagaimana perpustakaan menghasilkan data yang insightful, maka EDOO menghadirkan sebua Modul Report dan Analytic untuk sekolah. Modul Report dan Analytic merupakan sebuah layanan gratis dari aplikasi EDOO yang menyajikan laporan dan analitik data.

Modul Report dan Analytic ini berguna sebagai penyedia data dan informasi yang dapat dianalisis untuk bahan pengambilan keputusan sekolah. Data yang ditampilkan oleh Modul ini antara lain:

  1. Data Kegiatan Warga Sekolah dalam Mengakses Konten
  2. Data Kegiatan Belajar Ujian/Tryout Mengajar dan Pelaksanaan Ujian
  3. Data Siswa dan Guru dalam Mengunakan EDOO
  4. Data Buku yang Sering Dipinjam (Buku Favorit)
  5. Data Pelajar yang Paling Aktif (Top Pemustaka/Top Borrower)
  6. Data Top Category Buku (berdasarkan rentang waktu minggu ini, bulan ini, & tahun ini)
  7. Data Trend Pertumbuhan Pemustaka
  8. Data Top Review
  9. Data Pengguna Terbaru (New User)
  10. Data Trend Peminjaman Buku

 

 

Keunggulan pengelolaan data pada aplikasi EDOO ini adalah proses analisis data sudah menggunakan teknologi machine learning dan Big Data. Kita tahu bagaimana pentingnya dua hal tersebut di era sekarang ini. Setiap data menjadi penting jika kita bisa mengelolanya dengan tepat melalui Modul Report dan Analytic EDOO.

Admin sekolah / guru / EDOOcator dapat memanfaatkan data di Modul Report dan Analytic untuk evaluasi atau mendukung riset. Selain itu Anda juga bisa menganalisa setiap data yang tersaji pada modul ini untuk diubah menjadi strategi dalam implementasi pengembangan perpustakaan sekolah yang lebih baik lagi.

Berbagai visualisasi data digambarkan menjadi beberapa bentuk diagram batang, diagram garis, diagram pie, dan diagram permukaan yang ditampilkan pada Modul Report dan Analytic ini membuat penyajian data semakin menarik dan mudah dipahami.

Dalam implementasinya, data pada Modul Report dan Analytic dapat berfungsi sebagai bahan  pengambilan keputusan kebijakan tentang langkah-langkah apa saja yang harus diambil untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan digital ini ke seluruh warga sekolah. Contohnya, bahan pengambilan kebijakan untuk penambahan jumlah buku yang diminati para siswa, atau bentuk pemberian reward kepada siswa yang rajin membaca buku, melihat dari data top pemustaka.

Penyajian Modul Report dan Analytics EDOO merupakan suatu usaha untuk optimalisasi peran perpustakaan sekolah berbasis big data dan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Sekolah dapat memperoleh insight dari pertumbuhan konten dan pemustaka, lalu siswa mendapatkan hasil akhirnya dari kebijakan sekolah setelah melihat modul ini.

Ayo EDOOskul, akses modul  Report dan Analytics melalui http://dashboard.edoo.id/

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *