Cek Growth Mindset yang Lagi Tren dan 5 Manfaatnya!

Dari masa ke masa, dunia akan terus mengalami perubahan. Oleh sebab itu, EDOOers sebagai siswa juga perlu mempunyai pola pikir yang berkembang dalam mengimbangi zaman. Jika kita memiliki pola pikir yang hanya stagnan (diam) di tempat saja, risiko mengalami sebuah kegagalan dalam meraih kesuksesan pun akan semakin meningkat. Bahkan akan sulit untuk berkompetisi dengan yang lainnya.

Pola pikir seseorang yang berkembang ini dikenal dengan Growth MindsetGrowth Mindset dapat dipahami sebagai suatu pola pikir seseorang yang memahami bahwa sebuah bakat atau kemampuan yang dimilikinya sedari kecil merupakan sebuah awalan. Mereka percaya sejatinya bakat dan kemampuan tersebut dapat terus diasah dan dikembangkan dengan kerja keras dan dedikasi. Mereka menanamkan pola pikir untuk terus belajar tanpa henti untuk memahami dunia.

Pemilik Growth Mindset sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan bukan sebagai akhir, melainkan sebagai tangga untuk melangkah ke tahap berikutnya. Sehingga menghasilkan sesuatu yang positif karena percaya bahwa kecerdasaan dan bakat yang dipunya bisa berkembang seiring berjalannya waktu lewat dedikasi dan kerja keras.

Siswa yang mencoba mengubah pola pikirnya menjadi pola pikir Growth Mindset, akan menjadi individu yang lebih percaya diri ketika menghadapi segala rintangan dalam hidup serta yakin bahwa akan mampu mencapai tujuan atau cita-cita yang siswa tersebut hendaki.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Carol S. Dweck mengenai Growth Mindset, proses-proses berpikir seseorang yang telah menerapkan pola berpikir ini adalah mereka menyadari bahwa kecerdasan yang dimilikinya masih bisa untuk dikembangkan. Hal tersebut membuat orang tersebut terus terpacu untuk terus belajar dan menjadikan proses belajar sebagai tujuan hidup. Orang-orang yang telah menerapkan Growth Mindset juga merasa bahwa usaha keras belajar dan berlatih yang menjadikan mereka lebih tangguh. Kemudian hal tersebut akan membawa kepada kesuksesan.

Oleh sebab itu, siswa yang menerapkan pola pikir ini dapat memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk sukses. Growth Mindset dapat mengubah kehidupan seseorang, bagaimana sih manfaat dari Growth Mindset bagi kehidupan seorang siswa itu?

Manfaat Menerapkan Growth Mindset

Growth Mindset disubstansialkan sebagai salah satu faktor yang dapat mengubah kehidupan seseorang. Lalu, bagaimana sebenarnya manfaat menerapkan pola pikir Growth Mindset ini bagi kehidupan siswa?

  1. Menyadari Bahwa Kegagalan Bukanlah Tanda Ketidakmampuan

EDOOers memiliki Growth Mindset bisa menerima suatu kegagalan, dan bisa menyadari bahwa kegagalan tersebut bukanlah hasil yang mutlak. Dari kegagalan yang sudah terjadi itu salah satu proses untuk menuju kesuksesan.

Bagi kamu dengan pola pikir Growth Mindset, suatu kegagalan menjadi sebuah cambukan atau menjadi batu pijakan dalam proses untuk suatu saat berhasil mendapatkan cita-cita yang ingin dicapai. EDOOers juga akan mampu menghadapi semua kekurangan yang kamu miliki. Kuncinya, jangan ragu, malu, malas untuk terus belajar dan berproses.

  1. Melihat Masalah Sebagai Tantangan yang Harus Diselesaikan

Permasalahan yang muncul akan menjadi sebuah tantangan bagi EDOOers untuk dapat mengasah kemampuan berpikir analitis dan kritis. Pola pikir yang berkembang akan dilengkapi dengan optimisme yang membuat EDOOers mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

  1. Menjadi Pribadi yang Lebih Produktif

Dalam Growth Mindset kemampuan dan bakat merupakan suatu hal yang harus dikembangkan. Mengembangkan kedua faktor ini tentu akan menuntut EDOOers untuk mengeksplorasi bermacam hal. Seorang siswa yang memiliki Growth Mindset akan memiliki keberanian untuk mencoba banyak hal-hal baru, menantang diri sendiri, dan bisa memperoleh suatu hal yang yang dianggap mustahil kebanyakan orang. Tidak ada suatu batasan dalam mengasah kemampuan dan bakat yang kamu miliki. Belajar dan berkembang adalah tujuan hidup mereka pemilik pola pikir Growth Mindset.

  1. Menghargai Orang Lain

Pola pikir Growth Mindset juga membuat EDOOers bisa lebih menghargai kesuksesan yang orang lain dapatkan. Kamu akan turut bergembira ketika orang lain atau temanmu meraih kesuksesan di bidang yang sama dengan yang kamu jalani. Pemilik pola pikir Growth Mindset memandangnya sebagai inspirasi dan pembelajaran baginya, bahwa kamu pun juga bisa mencapai kesuksesan seperti orang lain tersebut.

Pemilik pola pikir Growth Mindset tidak gentar atau malah menjadi tidak percaya diri ketika melihat orang lain sukses, karena bagi mereka itu bukanlah sebuah tekanan untuk menjadi lebih unggul dari orang lain tersebut, melainkan sebagai motivasi dan inspirasi bahwa jalan untuk mencapai kesuksesan itu tidak hanya satu jalan dan tidak mustahil untuk diraih.

  1. Pantang Menyerah dan Mampu Menerima Segala Kritikan

Menerapkan pola pikir Growth Mindset, EDOOers akan lebih tertantang dalam menghadapi sebuah permasalahan dan pantang menyerah ketika menghadapi suatu hambatan. EDOOers juga bisa menerima dengan mudah kritikan secara lebih baik dan menjadikan kritik tersebut menjadi suatu pembelajaran.

Bagi EDOOers yang sudah menerapkan pola pikir Growth Mindset, kritik tersebut dijadikan sebuah masukan yang dapat membangun diri menjadi lebih baik. EDOOers tidak takut akan kritikan karena tidak menganggapnya sebagai sebuah ancaman atau serangan terhadap diri secara pribadi, melainkan sebuah masukan untuk menempa diri lebih baik lagi. Hal ini akan membuat EDOOers mampu melihat suatu masalah dan bagaimana metode mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Itulah penjelasan Growth Mindset dan 5 manfaat yang bisa EDOOers dapatkan ketika menerapkan pola pikir tersebut. Ayo menjadi pribadi yang terus berkembang!

Berbagai buku, audio, video yang membahas pola pikir Growth Mindset dan referensi untuk pengembangan diri bisa didapatkan dengan mudah di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih bersemangat dalam menambah wawasan EDOOers. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *