7 Kiat Mendapatkan Beasiswa Dalam Negeri Impianmu

Halo sobat EDOOers sudah mempunyai rencana kuliah tahun depan? Nah dapetin beasiswa yuk! Ada banyak institusi atau lembaga di Indonesia yang menawarkan beasiswa dalam negeri dan bantuan pendidikan untuk lanjut ke jenjang pendidikan tinggi sampai lulus lho!

Keterbatasan biaya bukan halangan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Melalui meraih beasiswa kamu bisa lebih mudah meraih impian dan cita-citamu kuliah di perguruan tinggi favorit.

Terlebih lagi, sekarang ini telah banyak lembaga atau institusi dalam negeri yang menyediakan beasiswa untuk kuliah secara gratis. Beasiswa dalam negeri tersebut antara lain yaitu Beasiswa Astra, Bantuan Pendidikan KIP Kuliah, Beasiswa Aperti BUMN, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, Beasiswa LPDPBeasiswa Unggulan Kemendikbudristek, Beasiswa Tanoto Foundation, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya penawaran dan jenis beasiswa kuliah dalam negeri yang tersedia saat ini, tidak ada alasan bagi kamu EDOOers untuk tidak mengejar cita-cita dan impian setinggi-tingginya.

Apa Itu Beasiswa ?

Sebelum kita menelisik lebih dalam mengenai kiat-kiat apa aja sih yang harus dilakukan untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri impian sobat EDOOers. Mari kita ajak untuk memahami terlebih dahulu definisi dari beasiswa.

Beasiswa merupakan bantuan ataupun tunjangan biaya yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa, sehingga seorang pelajar atau mahasiswa tersbut dapat mengikuti semua kegiatan pembelajaran dengan biaya yang lebih ringan. Karena sifatnya bantuan, besaran beasiswa yang diberikan lembaga atau instansi yang berkaitan ke penerima berbeda-beda, bisa berupa beasiswa penuh (full scholarship), beasiswa sebagian (partial scholarship) atau bantuan fasilitas yang ditentukan pemberi beasiswa kepada si penerima beasiswa.

Mencari beasiswa untuk berkuliah dapat menjadi solusi bagi pelajar atau siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri. Meski sekarang ini mudah dalam menemukan informasi beasiswa, tetapi dibutuhkan kiat-kiat yang matang dan terencana untuk meraihnya. Apalagi dengan jumlah beasiswa yang limited berbanding terbalik dengan jumlah pemburu beasiswa yang selalu bertambah tiap tahunnya.

Kiat-Kiat Mendapatkan Beasiswa Dalam Negeri Impianmu

Nah, bagi EDOOers yang berminat memburu program beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, berikut kami bagikan tips-tips bagaimana mendapatkan beasiswa dalam negeri impianmu. Let’s check these out!

  1. Rajin Melakukan Riset Informasi Beasiswa

Hal pertama dan utama yang harus EDOOers lakukan adalah jangan malas dan ragu untuk melakukan riset serta mengumpulkan informasi beasiswa sebanyak mungkin dari mana saja, misalnya seperti mencari informasi ke pihak sekolah, teman, saudara, atau kakak alumni dari sekolahmu yang udah belajar di kampus.

Kamu juga dapat melakukan riset sendiri dengan mencari informasi ke dalam internet atau sosial media. Banyak lembaga atau instansi yang memberikan informasi program beasiswa ke sosial media agar informasi tersebut mudah dijangkau oleh khalayak umum. Maka dari itu, pastikan dirimu rajin dalam mencarinya EDOOers.

  1. Kuasai Bahasa Asing Sebaik Mungkin

Kiat kedua dalam memperoleh beasiswa impian yaitu dengan mulai belajar dan kuasai Bahasa asing sebaik mungkin. Terlebih lagi pandai dalam menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Calon mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa asing terutama Bahasa inggris yang bagus memiliki peluang lolos lebih besar untuk bisa memperoleh beasiswa dalam negeri.

Umumnya beasiswa kuliah di dalam negeri sekarang mengharuskan kamu memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi, minimal antara skor 450 sampai 500. Apabila saat ini kamu masih merasa kurang dalam menguasai bahasa asing, tak ada kata terlambat untuk mempelajarinya lagi. Mulailah Kembali dengan tekun dan disiplin, ikuti kursus-kursus bahasa asing dari awal ya EDOOers.

  1. Mempunyai Prestasi yang Bagus

Hal selanjutnya yang harus EDOOers perhatikan dalam mendapatkan beasiswa adalah kumpulkan prestasi-prestasi saat masih sekolah. Mengumpulkan prestasi yang baik dari segi akademik ataupun nonakademik.

Syarat untuk dapat lolos beasiswa biasanya adalah kamu harus memiliki nilai akademik yang bagus serta memiliki berbagai prestasi membanggakan selama sekolah contohnya seperti juara futsal, basket, badminton, panahan, voli, dsb. Teruslah belajar dengan serius dan selalu meraih predikat dan prestasi yang memuaskan maka kesempatan EDOOers untuk bisa mendapatkan beasiswa semakin terbuka lebar. 

  1. Lengkapi Persyaratan dan Dokumen yang Diperlukan

Kiat satu ini harus tidak luput juga EDOOers persiapkan, lengkapilah berbagai persyaratan dan dokumen yang diperlukan oleh lembaga atau instansi penyelenggara beasiswa. Bagaimanapun, caranya agar EDOOers dapat memperoleh beasiswa kuliah gratis adalah dengan lolos seleksi administrasi terlebih dahulu dengan melengkapi dokumen penting yang sifatnya akuntabilitas yaitu benar adanya dan bisa dibuktikan keabsahannya.

Pastikan persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan benar-benar lengkap dan sesuai dengan kriteria beasiswa. Apabila sampai kurang atau salah dokumen satu saja, maka gagal segala upayamumu. Maka dari itu, janganlah menyepelekan pentingnya persiapan berkas pendaftaran dan jadilah pribadi yang lebih teliti.

  1. Buatlah Curriculum Vitae (CV) yang Kreatif

Desainlah CV sekreatif mungkin, CV adalah gambaran rinci tentang diri kamu, latar belakang pendidikan, pengalaman berorganisasi, kualifikasi, prestasi dan pencapainmu saat bersekolah. Melalui adanya CV, EDOOers dapat mempromosikan diri kamu bahwa kamu orang yang pantas dan tepat untuk dipilih memperoleh beasiswa.

Sebaiknya sebelum membuat CV, EDOOers dapat searching terlebih dahulu format CV yang sesuai untuk kebutuhan pengajuan suatus beasiswa. Sebaiknya sebelum mengejar beasiswa, EDOOers juga memperkaya portofolio di dalam CV dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan sekolah, seperti organisasi, aktif mengikuti perlombaan, atau aktif dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler.

6. Belajar Membuat Esai dan Motivation Letter Anti Mainstream

Tak kalah penting juga dalam berburu beasiswa adalah adanya persyaratan bagi calon penerima beasiswa untuk menulis Esai atau Motivation letter. Sebab itu, buatlah esai yang benar-benar meyakinkan lembaga pemberi beasiswa bahwa kamulah orang yang layak dan pantas memperoleh dukungan pembiayaan pendidikan tersebut. Isi kandungan dalam esai utamakan berisi pengalaman yang paling menonjol yang pernah kamu lakukan, prestasi yang pernah dicapai, dan jangan lupa beri argumen kuat mengapa dirimu pantas mendapatkan beasiswa.

Sebaliknya dalam menulis Motivation Letter hindarilah kata-kata mainstream yang udah terlalu umum. Kamu bisa menceritakan beberapa fakta pendukung yang membuktikan bahwa kamu memang punya keinginan dasar yang sangat kuat untuk melanjutkan belajar di jenjang perguruan tinggi. Intinya buat Esai atau Motivation Letter yang menunjukkan bahwa tulisanmu ini memang hanya milik kamu.

7. Mempersiapkan Diri untuk Interview

Kiat mendapatkan beasiswa kuliah gratis dalam negeri yang terakhir, yaitu EDOOers harus benar-benar siap berhadapan dengan para interviewers pada tahapan proses interview.

Di tahapan Interview ini, EDOOers akan berhadapan langsung dengan berbagai pihak. Tak sedikit calon penerima beasiswa yang gagal pada tahap tersebut, dikarenakan grogi atau kurang percaya diri. Oleh karena itu, sebelum menjalani tes wawancara, sebaiknya kamu memperbanyak latihan berbicara di depan cermin agar lebih terbiasa. Tarik napas dalam-dalam dan berbicara dengan jelas. Jadi, sangat disarankan untuk EDOOers menyiapkan diri dari jauh-jauh hari atau sebulan melakukan interview

Nah, itulah beberapa kiat-kiat untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang bisa EDOOers jajal satu per satu. Berbagai buku, audio, video yang membahas kiat-kiat untuk mendapatkan beasiswa dan referensi untuk pengembangan diri bisa didapatkan di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih bersemangat dalam menambah wawasan EDOOers. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *