Digitalisasi Sekolah Tanpa Butuh Internet dengan MOCODLS Edoo

Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang sangat vital, elemen penting untuk menentukan maju mundurnya dunia keilmuan dan pendidikan. Eksistensi perpustakaan dan budaya literasi menjadi parameter utama perkembangan dunia pendidikan Indonesia.

Seiring dengan kemajuan teknologi zaman kini dan melihat begitu pentingnya perpustakaan, maka dunia pustaka selalu update bersama perkembangan teknologi. Digital Library (e-library) adalah platform teknologi perpustakaan yang sangat populer dalam dekade terakhir ini, untuk mengelola dan menyimpan konten seperti buku (tulisan), gambar, video, audio dalam bentuk digital dan bisa diakses oleh pengguna dari berbagai jenis gadget via protokol elektronik jaringan komputer lokal ataupun global.

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2019 meluncurkan program digitalisasi sekolah dan madrasah. Program digitalisasi sekolah tidak seperti program sekolah pada umumnya yang hanya bersifat teacher centered atau berpusat pada guru saja. Namun berganti menjadi student centered, di mana siswa yang harus secara mandiri belajar dan mencari sumber ilmu pengetahuan secara mandiri.

Digitalisasi sekolah merupakan terobosan baru dalam menghadapi revolusi industri 5.0, Di mana dunia pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pembelajaran.

Tentang MOCODLS

Solusi pembelajaran digital tersebut adalah MOCO Digital Library Station (MOCODLS) sebuah teknologi yang dikembangkan Aksaramaya melalui EDOO sebagai perangkat penyimpanan dan pengelolaan konten digital yang dilengkapi dengan hotspot, manajemen perpustakaan, Digital Right Management (DRM), serta dashboard admin dan reporting.

Garis besarnya, MOCODLS merupakan server lokal sebagai pangkalan data untuk mengelola serta menyimpan konten digital, sehingga pemustaka dapat meminjam koleksi konten digital secara online ataupun secara lokal tanpa koneksi Internet (offline) dengan menggunakan platform EDOO.

Teknologi MOCODLS merupakan bentuk inovasi pembelajaran yang dihadirkan oleh Edoo berbasis digital yang dimulai dengan mempersiapkan konten digital berupa eBook, Artikel, Video, dan Audio dimana seluruh materi pembelajaran sekolah (bahan ajar) dimasukkan dan di simpan ke dalam jaringan MOCODLS untuk dapat digunakan bersama, baik oleh guru, siswa dan sekolah.

Akses konten dalam teknologi MOCODLS dapat diperoleh dengan bebas tanpa harus adanya koneksi internet. Perangkat penyimpanan pada teknologi MOCODLS ini dapat melakukan penyimpanan konten digital dari perpustakaan digital yang memungkinkan warga sekolah/madrasah dapat mengakses konten tersebut untuk kegiatan pembelajaran tanpa menggunakan internet.

Pemanfaatan Teknologi MOCODLS

Sekolah atau madrasah yang ingin membangun Smart Library bisa menggunakan teknologi MOCODLS dari Edoo. Sebab MOCODLS dilengkapi dengan PC, tablet, buku, mading digital dan fasilitas pendukung lain untuk warga sekolah mendapatkan informasi, membaca dan meminjam buku. Selain itu dengan teknologi MOCODLS juga dapat mendukung konektivitas internet, wifi, hotspot dan dapat menyuplai data analitik pemustaka.

Smart Library dengan dukungan teknologi MOCODLS prosedur pembangunnya dari awal menggunakan konsep tanpa koleksi buku cetak / fisik, tanpa rak dan gedung khusus (paperless). Semua koleksi buku dalam bentuk digital seperti ebook, e-jurnal dan sejenisnya disimpan pada server MOCODLS. Bagi pembaca buku bisa diakses dengan gadget (Laptop, Tablet dan Smartphone) dalam jaringan hotspot intranet (tanpa koneksi data internet).

MOCODLS sangat cocok dan relevan dengan pernyataan Mendikbud Indonesia pada tahun 2019, Muhadjir Effendy yang mengatakan bahwa para siswa-siswi harus memiliki karakter kemandirian, salah satunya dengan mengubah model pembelajaran dari ‘teacher centered’ menjadi ‘student centered’. Dengan MOCODLS, para siswa-siswi dapat mencari sumber belajarnya sendiri karena di MOCODLS sudah tersedia materi pembelajaran sekolah lengkap, serta data konten akan diupdate setiap bulan oleh guru ataupun admin sekolah. Di mana siswa bisa menentukan pilihannya, apakah ingin belajar melalui buku, video, audio, latihan soal atau menggunakan bacaan literasi.

MOCODLS juga dapat digunakan untuk membangun Smart Class di sekolah kalian lo EDOOers. Caranya dengan mengintegrasikan dan mensinkronkan teknologi MOCODLS dengan menstransfer konten digital di dalamnya ke beberapa platform lain, seperti Smart Whiteboard, Monitor, LED TV melalui perangkat HDMI. Selain itu konten digital di dalam MOCODLS bisa ditransferkan ke platform lain yaitu PC/Dekstop, Tablet, maupun Android melalui access point jaringan hotspot intranet (tanpa koneksi data internet). Sehingga semua tulisan dan coretan guru dan siswa dapat direkam dan disimpan dalam MOCODLS.

Teknologi MOCODLS dari Edoo hadir menjadi solusi bagi sekolah dan madrasah yang koneksi internetnya lemah atau malah tidak ada internet, bahkan dapat membantu daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) yang selama ini kurang infrastruktur teknologi, karena MOCODLS sangat praktis dan flexible, tidak membutuhkan area yang besar, tidak perlu maintenance, tidak membutuhkan koneksi internet dan hanya membutuhkan daya listrik saja.

Guru dan admin sekolah dapat dengan cepat mengelola dan mempublish semua informasi paling update dan kredibel dari sekolah dengan MOCODLS, maka ekosistem konten sekolah mulai dari konten internal dan konten eksternal akan terbentuk dengan baik.

Koleksi Konten di MOCODLS

Koleksi-koleksi dalam teknologi MOCODLS itu sangat bermacam guna mengimplementasikan program digitalisasi sekolah. Koleksi tersebut antara lain adalah eBook Kurikulum Merdeka, ebook (SD, SMP, SMA), eBook Kemendikbud, eBook Kemenag, Konten Video, Konten Audio.

Ratusan data konten pembelajaran yang ada di dalam MOCODLS ini dapat diunduh GRATIS tanpa mengurangi pulsa ataupun kuota internet. Setiap data konten (materi pembelajaran sekolah) yang sudah terunduh dari teknologi MOCODLS akan dapat digunakan kapan dan di mana saja tanpa membutuhkan koneksi internet lagi.

Hadirnya MOCODLS diharapkan dapat menjadi pemanfaatan teknologi yang cocok bagi sekolah untuk program ‘Digitalisasi Sekolah dan Madrasah’ sehingga dapat memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mempermudah proses pembelajaran.

Ayo para sekolah atau EDOOskul, manfaatkan MOCODLS dari aplikasi EDOO dalam membantu proses pembelajaran siswa. Supaya lebih yakin dan tidak penasaran dengan aplikasi Edoo, maka segera download langsung di Play Store atau akses http://edoo.id/

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dan tertarik pada MOCODLS dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *