Ujian Jadi Mudah dengan Modul Ujian Edoo

Sekarang ini zaman sudah memasuki era revolusi industri generasi yang kelima, atau biasa lebih dikenal dengan nama Revolusi Industri 5.0. Era ini ditandai dengan meningkatnya interaksi, konektivitas, serta perkembangan sistem digital, virtual, dan artifisial. Era revolusi 5.0 ini merupakan era di mana teknologi telah menjadi bagian utama dalam diri manusia itu sendiri. Dalam era tersebut, internet bukan hanya digunakan untuk membagikan informasi saja, melainkan juga untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan dalam era revolusi 5.0 menerapkan teknologi dalam setiap kegiatan proses pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa untuk berdampingan dengan komputer.

Akibat dari meningkatnya intensitas interaksi antara manusia dan teknologi informasi komunikasi yang semakin merajalela dan berkembang pesat, tentunya memberi dampak perubahan dalam berbagai macam aspek kehidupan manusia, termasuk perubahan dalam sistem pendidikan itu sendiri.

Derasnya arus globalisasi membuat perubahan tidak dapat dihindarkan sehingga membuat kita harus lebih sigap dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Ada banyak sekali penerapan teknologi ke dalam dunia pendidikan, salah satu penerapan tersebut ialah inovasi komputerisasi ujian dengan memanfaatkan teknologi dan infrastruktur yang telah ada sehingg ujian menjadi berbasis komputer atau biasa disebut ujian online.

Terkait banyaknya penerapan teknologi dalam sistem pembelajaran siswa di Indonesia, maka Edoo menghadirkan modul layanan berupa Modul Ujian, dalam membantu kegiatan ujian online di sekolah. Modul Ujian merupakan modul layanan yang digunakan untuk mengelola kegiatan ujian siswa secara online.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pembahasan modul ujian EDOO, maka harus terlebih dahulu mengetahui apa itu ujian. Ujian adalah penilaian yang diselenggarakan satuan pendidikan yang bertujuan dalam mengukur pengetahuan dan kemampuan siswa atau untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Modul Ujian dari Edoo sendiri secara umum dibedakan dalam dua tampilan. Pertama yaitu tampilan Modul Ujian dari dashboard bagi akun guru dan admin sekolah. Kedua yaitu tampilan bagi akun siswa pada aplikasi. Mensiasati kebijakan pemerintah sejak tahun 2015 mulai diadakannya ujian berbasis komputer. Maka dengan memanfaatkan Modul Ujian dari Edoo ini bisa melatih guru dan siswa dalam penerapan kebijakan ujian berbasis komputer tersebut di sekolah masing-masing.

Modul Ujian Akun Guru

Sebenarnya, tampilan dashboard modul Ujian bagi akun guru, admin sekolah, dan kepala sekolah itu sama. Terdapat dua fitur utama dalam Modul Ujian bagi akun ini, yaitu Bank Soal dan Paket Ujian. Pada fitur Bank Soal, para guru bisa mengisi sekumpulan butir-butir soal sesuai mata pelajaran. Guru dapat pada mengatur soal yang mau dimasukkan ke dalam Bank Soal tersebut, mulai mengatur kelas berapa, mata pelajaran apa, kompetensi inti (KI), kompentensi dasar (KD), peruntukan untuk ujian apa (PTS, PAS, Ulangan Harian, dll), mengatur sumber soal, jenis soal, cakupan soal, serta tingkat kesulitan soal.

Umumnya Bank Soal digunakan oleh guru untuk menampung butir soal yang telah disusun.  Namun soal yang disusun itu, harus diuji (dikalibrasi) terlebih dahulu. Keberadaan Bank Soal  pada Modul Ujian sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan guru ketika ingin melakukan sebuah penilaian kepada siswa. Setiap kali akan menyusun tes untuk penilaian, guru tinggal mengambil butir-butir soal yang telah ada di Bank Soal tersebut. Selain memudahkan dalam penyusunan instrumen, juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai.

Selanjutnya fitur kedua pada Modul Ujian adalah Paket Ujian, yang dimana guru dapat mengatur mengenai judul ujian, deskripsi intruksi pengerjaan, sekolah tujuan, kelas, mata pelajaran (bidang studi), jenis ujian seperti apa (PTS, PAS, PAT, US, UH, dan UTBK), jumlah soal, durasi pengerjaan, pembahasan soal, serta guru bisa memasukkan gambar ke dalam soal. Paket Ujian merupakan sekumpulan soal ujian yang dibeda-bedakan sesuai mata pelajaran yang ada di sekolah.

Modul Ujian Akun Siswa

Bagi EDOOers para siswa jangan khawatir, tentu saja dalam akun aplikasi Edoo kalian juga terdapat Modul Ujian, hanya saja tampilannya berbeda. Tampilan Modul Ujian untuk akun milik siswa sendiri hanya akan muncul apabila seorang guru atau admin sekolah membuatkan paket ujian pada periode yang ditentukan. 

Misalnya ketika menjelang penilaian akhir semester, guru akan membuatkan paket ujian mengenai PAS pada mata pelajaran IPS. Setelah guru selesai membuat paket ujian PAS mata pelajaran IPS tersebut, maka akan muncul pada akun Edoo milik siswa dan bisa di kerjakan.

Paket ujian pada akun Edoo milik siswa akan muncul pada bagian eClass setelah guru membuatnya. Penggunaan Modul Ujian menjadikan siswa lebih mudah dalam mengerjakan suatu ujian, karena bisa diakses melalui aplikasi Edoo di handphone atau berbasis web di laptop atau komputer dekstop milik masing-masing siswa. Hasilnya pun dapat diketahui pada nilai dan assessment.

Lalu apa kelebihan dari ujian secara online ya EDOOers? ternyata ujian online melalui Modul Ujian di Edoo memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya yakni ujian jadi praktis dan paperless, melatih manajemen waktu bagi siswa, fleksibel tempat dan waktu, soal bervariasi, dan melatih persiapan format ujian-ujian online di masa mendatang.

Ayo para sekolah atau EDOOskul, manfaatkan Modul Ujian dari aplikasi EDOO dalam membantu proses penilaian siswa. Supaya lebih yakin dan tidak penasaran dengan aplikasi Edoo, maka segera download langsung di Play Store atau akses http://edoo.id/

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *