Layanan Try Out Online Idaman Gen Z dan Millenial

Pandemi Covid-19 yang sudah mewabah ke seluruh penjuru dunia sejak tahun 2020, membuat pemerintah mengambil langkah tegas untuk mengatasinya. Berbagai cara pun dikerahkan untuk mencegah persebaran virus Covid-19, seperti proses pembelajaran dari rumah hal ini membuat dunia pendidikan di Indonesia berubah 180 derajat. 

Teknologi banyak berperan untuk membantu memudahkan kegiatan yang memerlukan pertemuan fisik terutama dalam dunia pendidikan. Dengan adanya kemajuan teknologi era saat ini cukup mudah mendapatkan pengetahuan dna menguji kemampuan diri secara online.

Tak menampik dari perkembangan yang semakin maju kini, layanan aplikasi Edoo mencoba memfasilitasi guru dan siswa dengan layanan Modul Try Out sebagai alternatif utama pelaksanaan kegiatan tryout secara online dan gratis.

Try Out atau biasa dikenal dengan TO adalah salah satu metode ujian yang ditunjukan kepada siswa untuk mengetahui seberapa tingkat penguasaan dan pemahaman siswa terhadap pelajaran atau materi tertentu. Lazimnya, try out dilakukan oleh sekolah-sekolah menjelang Ujian Nasional (UN) atau ujian masuk perguruan tinggi. Tujuan utamanya untuk mengetahui kemampuan para siswanya menguasai materi-materi yang akan diujikan nantinya.

Seiring pentingnya peran Try Out tersebut maka EDOO menyediakan Modul Try Out yang digunakan untuk mengelola kegiatan tryout mulai dari pembuatan butiran soal, pembuatan paket, pelaksanaan sampai penilaian dan assesment.

Pada paket Try Out EDOO terdapat ribuan butiran soal dengan klasifikasi mudah, sedang dan sulit. Guru bisa membuat butiran soal denagn status private atau publik.

Modul Try Out dari EDOO sendiri sama halnya dengan Modul Ujian, juga dibedakan dalam dua tampilan. Pertama yaitu dashboard Modul Try Out bagi akun guru dan admin sekolah lalu kedua tampilan modul pada siswa di layanan aplikasi.

Modul Try Out Akun Guru

Fitur utama Modul Try Out pada aplikasi Edoo ada dua, yakni fitur Bank Soal dan Paket Try Out. Seorang guru atau admin sekolah dapat mengatur sendiri butiran-butiran soal try out yang ingin dimasukkan ke dalam Bank Soal. Detail pengaturan dalam membuat soal try out meliputi, mengatur Try Out untuk kelas berapa, mata pelajaran apa, kompetensi inti (KI), kompentensi dasar (KD), peruntukan untuk ujian apa (PTS, PAS, Ulangan Harian, dll), mengatur sumber soal, jenis soal, cakupan soal, serta tingkat kesulitan soal.

Selanjutnya, Paket Try Out memungkinkan guru atau admin sekolah mengatur judul try out, deskripsi intruksi pengerjaan, target sekolah, kelas, mata pelajaran (bidang studi), jenis try out seperti apa (PTS, PAS, PAT, US, UH, dan UTBK), jumlah soal, durasi pengerjaan, pembahasan soal, menambahkan gambar, dan guru bisa mengatur soal try out jadi gratis (free) atau premium.

Modul Try Out Akun Siswa

Sedangkan Modul Try Out Edoo pada akun siswa, akan selalu muncul di homepage aplikasi Edoo, berdampingan dengan menu Aktivitas, Buku, Video dan Audio.

Soal-soal try out pada aplikasi Edoo dibedakan menjadi dua macam, pertama soal yang gratis (free) yang bisa diakses tanpa dikenakan biaya. Kedua soal yang premium yang hanya bisa diakses apabila siswa melakukan transaksi pembayaran terlebih dahulu melalui transfer bank atau e-Wallet. Selain itu, Try out dapat dipilih sesuai level kelas atau kategori yang diinginkan.

Setiap sekolah atau intansi pendidikan memiliki cara tersendiri dalam menjalankan proses Try Out baik secara Offline dan Online. Pada masa setela pandemi, di mana kita terbiasa melakukan semuanya secara online, maka tentu saja Try Out secara online merupakan opsi yang baik bagi sekolah dan EDOO memfasilitasi hal tersebut!

Modul Try Out mendukung pembuatan soal-soal Pilihan Ganda. Cara menjawab soal-soal pada paket try out dengan hanya mengeklik pilihan jawaban yang dirasa benar. Setelah selesai mengerjakan soal, siswa bisa melihat berapa jumlah soal yang dapat dijawab dengan benar dan berapa soal yang dijawab salah. Hasil try out dapat langsung dilihat oleh siswa sekaligus ulasan setiap soal dan peringkat dari setiap partisipan yang mengerjakan soal terkait.

Teruntuk guru dan sekolah, Modul Try Out dari Edoo sangat bermanfaat untuk mengetahui kemampuan dan kesiapan para siswa. Sehingga guru bisa segera menentukan metode pembelajaran yang lebih tepat dan baik untuk diberikan kepada siswa. 

Edoo terus ber-komitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan modul dan fitur layanan sesuai dengan kebutuhan sekolah agar dapat mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia dan membangun peradaban bangsa.

Ayo, para sekolah manfaatkan Modul Try Out di aplikasi Edoo! Supaya lebih yakin dan tidak penasaran dengan aplikasi Edoo, maka segera download langsung di Play Store atau akses http://edoo.id/.

Sekolah yang ingin GO-DIGITAL bersama EDOO dapat chat ke kami melalui email ke [email protected] atau WA/telfon kami di nomor 0859-1067-25577

Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *