5 Alasan Mengapa Kita Perlu Mempelajari Geografi

Sejauh apa yang kamu ketahui seputar ilmu geografi? Bila mendengar kata geografi di benak kita, siswa-siswi pasti akan berpikir tentang peta atau atlas. Namun, sebenarnya lebih dari itu. Untuk mengetahui alasan kuat mengapa penting mempelajari geografi, terlebih dulu kita harus paham apa yang dipelajari dalam mata pelajaran satu ini.

Geografi merupakan salah satu mata pelajaran penting yang wajib dipelajari di sekolah, apalagi untuk siswa di jurusan IPS tentunya. Pelajaran geografi menjadi salah satu mata pelajaran yang disukai banyak siswa-siswi karena banyak hal baru tentang bumi dan unsur yang ada di dalamnya, seperti iklim, flora, fauna, udara, hingga lapisan laut dan tanah yang dapat kita ketahui.

Pengertian Ilmu Geografi

Secara bahasa ilmu geografi adalah berasal dari bahasa Yunani yakni geo yang berarti bumi dan juga graphein yang berarti mendeskripsikan, menggambarkan, atau mencitrakan.

Dalam buku berjudul World Geography (1995) Linda L. Reenow mengartikan ilmu geografi sebagai ilmu yang berkaitan dengan keberadaan makhluk hidup dan benda di bumi dan bagaimana keduanya saling saling mempengaruhi.

Ilmu geografi mempelajari bumi yang memiliki banyak unsur dan karakteristik yang berbeda. Mempelajari bumi kita ini tidak akan ada habisnya. Berbagai unsur-unsur di dalamnya merupakan sebuah aspek unik yang memiliki karakteristik tersendiri dari Sang Pencipta. Semuanya saling berinteraksi dengan baik membentuk kehidupan yang harmonis di bumi.

Tahukah EDOOers? Ternyata kita sering menerapkan ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari, sadar nggak kalian EDOOers? Misalnya ketika pergi ke suatu daerah, maka kita bisa memilih jalan mana yang harus dilalui agar cepat sampai. Caranya adalah dengan mengetahui kondisi dan karakter daerah itu atau memakai peta atau google maps, EDOOers.

5 Alasan Ilmu Geografi Penting bagi Siswa

Sebagai salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, pelajaran geografi tentu punya peran yang penting untuk kehidupan kita, EDOOers. Lalu, inilah lima alasan penting mempelajari geografi bagi siswa:

  1. Mengasah Kecerdasan Spasial

Alasan pertama adalah bisa mengasah kecerdasan spasial siswa. Kecerdasan spasial merupakan kecerdasan dalam menguasai, mengelola, memahami, dan mengoptimalkan ruang (dalam hal ini landscape permukaan bumi). Jika kamu belajar geografi dengan bersungguh-sungguh, maka kamu akan bisa menjadi seorang perencana tata ruang yang baik.

Lihatlah sekarang ini banyak terjadi fenomena banjir di kota-kota besar, kemacetan transportasi di jalan, slum area dll. Jadi ilmu geografi akan menjadi kamu seorang ahli tata ruang yang handal di masa depan.

  1. Memprediksi Fenomena di Masa Depan

Keterampilan dalam disiplin ilmu geografi ini juga dapat mengarahkan kamu untuk memprediksi fenomena di masa depan nanti dengan melihat pola yang terjadi di masa kini. Atas dasar faktor perubah dan pembentuk ruang adalah sama, hanya intensitasnya mungkin bervariasi. Dengan demikian mempelajari pola yang terjadi saat ini, maka kamu bisa memprediksi apa yang akan terjadi kelak dengan bumi.

  1. Mengetahui Lokasi-Lokasi di Permukaan Bumi

Alasan ketiga yaitu sudah pasti dengan mempelajari geografi akan memberikanmu wawasan akan lokasi-lokasi penting di seluruh permukaan bumi. Kamu tidak akan buta lagi tentang arah, apalagi sampai tersesat karena salah ambi keputusan dalam mengambil arah. Kamu juga bisa memahami peta dengan baik dan benar jika belajar geografi dengan tekun.

Nah, selain itu ilmu geografi ini juga membantu terciptanya peta dunia, yang kemudian mengilhami adanya berbagai penjelajahan ke berbagai sudut dunia. Oleh karena itu ilmu geografi sangat penting.

  1. Meningkatkan Tingkat Kepedulian terhadap Bumi dan Isinya

Belajar ilmu geografi pastinya belajar tentang lingkungan. Sedikit banyak, pelajaran geografi akan membahas tentang lingkungan. Artinya kamu akan dibimbing untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan. Jangan sampai lingkungan yang asri dan harmoni ini dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Melalui geografi kamu akan terus berlatih untuk mengenal dan lebih peduli pada lingkungan hidup.

  1. Menjadikan Pribadi Berpikir Kritis dan Sadar akan Kekuasaan Tuhan

Disadari atau tidak, alasan ilmu geografi bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari adalah membentuk pribadi dengan pola berpikir terbuka dan kritis. Contohnya, bagaimana manusia mampu memandang suatu kejadian dari berbagai sisi, mengajarkan pola berpikir sistematis dan terpandang, serta mengajarkan melihat segala sesuatu yang terjadi berdasarkan landasan-landasan tertentu.

Mempertimbangkan bagaimana pentingnya ilmu geografi, memutuskan untuk fokus mempelajari pelajaran ini tentu akan membawa kamu ke banyak kemajuan dan keuntungan di masa depan.

Melihat juga bagaimana banyaknya manfaat yang diperoleh dari ilmu geografi, tampaknya agak mengejutkan apabila mata pelajaran satu ini tidak dimasukkan dalam kurikulum inti di sekolah. Setelah memahami alasan penting kita sebagai siswa menengah harus mempelajari pelajaran geografi dengan baik. Berbagai buku, audio, video yang membahas Geografi tersedia di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih bersemangat dalam belajar EDOOers. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *