7 Judul Lagu Pendidikan yang Wajib Kamu Ketahui

Musik tidak bisa lepas dari keseharian kita. Kita memiliki banyak pilihan untuk mendengarkan dan menyanyikan karya seni musik. Mulai dari lagu anak, lagu daerah, lagu dangdut, lagu tempo dulu hingga lagu yang kekinian. Selain menghibur, sebuah lagu juga sangat penting perannya sebagai sarana meningkatkan kecerdasan anak.

Lagu yang dikenalkan sedari dini kepada anak akan membuatnya lebih mudah memahami suara dan juga makna dari kata. Selain itu berdansa dan berdendang mengikuti irama lagu dapat membantu perkembangan motorik dan auditorik pada anak.

Menurut sebuah penelitian di University of Southern California pada tahun 2016 dijelaskan ketika musik yang diperdengarkan dari usia dini akan sangat membantu perkembangan otak. Terutama pada daerah yang berkaitan dengan kemampuan membaca dan bahasa.

Pengertian Lagu Pendidikan Menurut Bahasa dan Istilah

Lagu diibaratkan sebagai bahasa dari emosi, sedangkan secara istilah lagu adalah ragam suara yang berirama dalam percakapan, bernyanyi atau membaca.

Sedangkan pendidikan sendiri bisa dimaknai suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan seorang anak untuk mencapai kedewasaannya. Tujuannya supaya anak dapat cukup dan cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak perlu bantuan orang lain.

Lagu pendidikan secara sederhana bisa dipahami sebagai karya-karya lagu yang bertemakan tentang pendidikan. Karya lagu pendidikan biasanya didengarkan di sekolah atau instansi pendidikan lainnya.

Seperti yang bisa diketahui, setiap karya lagu atau musik memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah fungsi edukasi atau pendidikan. Fungsi ini bisa ditemui di berbagai macam lagu-lagu di Indonesia.

Apa saja contoh lagu-lagu pendidikan di Indonesia? Simak pembahasannya secara lengkapnya di bawah ini:

Contoh Karya Lagu Pendidikan

  1. Hymne Guru

Berdasarkan penjelasan Dody Rhys Rasyid dalam buku Why Must Teacher, Lagu Hymne Guru merupakan salah satu karya musik yang bertemakan pendidikan. Lagu tersebut bahkan menjadi lagu wajib yang dinyanyikan oleh setiap siswa di seluruh penjuru Indonesia.

Lagu Hymne Guru menceritakan tentang pengabdian seorang guru. Lagu ini merupakan buah karya Sartono yang dikemas dengan nada mengharukan dan lirik yang cukup puitis.

Lagu Hymne Guru biasanya dinyanyikan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional juga dinyanyikan pada momen perpisahan sekolah. Lagu pendidikan satu ini dikhususkan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa khususnya mengenang jasa para guru. Terimakasih bapak ibu guru tercinta!

  1. Hymne Siswa

Apabila ada lagu Hymne Guru, tahukah kamu bahwa ada lagu Hymne Siswa.  Lagu Hymne Siswa diciptakan oleh Husein Mutahar yang menyimpan sebuah pesan agar para siswa dapat menularkan ilmunya yang telah didapatkan dari sekolah kepada orang lain demi Indonesia yang lebih baik.

Sang penulis lagu Hymne Siswa berkeinginan mengajak para siswa memegang teguh ajaran agama masing-masing, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan menjaga keberagaman di Indonesia.

Lagu Hymne Siswa ini merupakan salah satu karya lagu pendidikan karena makna yang terkandung dalamnya. Lagu ini menjadi sebuah peringatan serta panggilan bagi generasi muda untuk memajukan bangsa melalui pendidikan.

  1. Mars Wajib Belajar

Lagu Mars Wajib Belajar merupakan sebuah lagu pendidikan yang  diciptakan oleh Restu Narwan Sutarmas. “Mars Wajib Belajar” adalah salah satu contoh lagu yang membahas perihal pentingnya untuk mencari ilmu.

Pesan utama yang ingin disampaikan dari lagu Mars Wajib Belajar adalah mengajak seluruh siswa agar giat/semangat bersekolah dan belajar dalam rangka memberantas kebodohan dan menghindari kemiskinan.

  1. Terima Kasih Guruku

Terima Kasih Guruku merupakan salah satu lagu yang cukup popular dan sering didengar. Lagu yang bertemakan pendidikan ini diciptakan oleh penyanyi dan produser musik Melly Goeslaw.

Dalam lagu yang berjudul Terima Kasih Guruku ini, Melly Goeslaw mencoba menyampaikan sebuah pesan tentang ucapan terimakasih atas jasa guru-guru bagi perkembangan pendidikan. Lagu Terima Kasih Guruku  memiliki makna bahwa guru adalah orang yang selalu membimbing muridnya tanpa pantang menyerah, berkeluh kesah, apalagi tak pernah kenal lelah.

  1. Aku Bisa

Lagu pendidikan tidak harus berhubungan dengan kegiatan belajar ya EDOOers. Misalnya seperti lagu Aku Bisa yang pertama kali diperdengarkan dari salah satu ajang pencarian bakat bagi anak-anak.

Aku Bisa merupakan sebuah lagu pop anak-anak yang dipopulerkan oleh Afi Junior. Lagu ini mempunyai makna bahwa sebagai generasi penerus bangsa, haruslah yakin dan percaya diri serta tidak mudah menyerah menggapai mimpi dalam hidup. Selain itu dalam lagu Aku Bisa ini mengajarkan anak-anak tentang nilai tidak mudah menyerah menggapai mimpi dalam hidup, mandiri, dan berani.

  1. Semua Murid Semua Guru

Lagu pendidikan yang berjudul Semua Murid Semua Guru berawal dari inisiasi seorang Najeela Shihab. Sang inisiator ini berharap pesan di dalam lagu ini bisa tersebar luas sampai dapat didengar secara merata oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Lagu Semua Murid Semua Guru diciptakan untuk memperingati Hari Pendidikan pada tahun 2018. “Semua Murid Semua Guru”merupakan sebuah masterpiece yang dihasilkan oleh kolaborasi ciamik musisi papan atas Indonesia, yaitu mendiang Glenn Fredly, Indra Aziz, Endah N Rhesa, Tompi, Andien, Vidi Aldiano, dan Tulus. Harapannya lagu ini dapat menjadi literasi bagi dunia pendidikan di tanah air.

Menurut mendiang Glenn Fredly lagu Semua Murid Semua Guru tidak  hanya viral, tapi jadi ruang ekspresi, serta menjadi sebuah bentuk konkret vokasi di dunia pendidikan. Endah, selaku vokalis Endah n Rhesa (EAR), mengatakan lirik lagu ini dibuat sesederhana mungkin sehingga orang yang tidak memiliki suara bagus dalam bernyanyi bisa menikmatinya.

  1. Belajar Sama-Sama

Band Marjinal merupakan sebuah band punk yang lahir pada tahun 1998 sebelum masa reformasi di Indonesia. Band yang memiliki basecamp di Lenteng Agung, Jakarta Selatan ini menelurkan sebuah lagu pendidikan yang berjudul Belajar Sama-Sama.

band Marjinal menyoroti pandangan masyarakat tentang dunia pendidikan. Tujuan menciptakan lagu ini adalah memperluas pemahaman mengenai pendidikan bahwa tempat belajar bukan hanya sekolah, melainkan ada di segala tempat dan semua orang bisa mengajarkan ilmu dan pengalaman yang dipunyai, sehingga bisa dibilang semua orang disebut guru.

Demikianlah 7 judul lagu pendidikan yang wajib EDOOers ketahui, lagu mana yang sering EDOOers nyanyikan? Yuk sharing disini.

Salam Edukasi untuk Literasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *