Ini Dia 5 Metode Mudah Menghafal Tabel Periodik Pelajaran Kimia

Ketika EDOOers masih duduk pada bangku SMP sampai SMA, pastinya sudah tidak asing dengan yang satu ini yaitu tabel periodik pelajaran kimia. Sebagian siswa mungkin menganggap mata pelajaran kimia itu seru dan menyenangkan, namun ada pula yang mungkin juga menganggap pelajaran kimia menjadi momok yang menakutkan. Bahkan bikin geleng-geleng kepala dan pusing melanda ketika mempelajarinya.

Ketika membahas mengenai tabel periodik kimia mungkin tidak akan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Apalagi jika mendapati kesulitan dalam membaca tabel periodik kimia tersebut dan cara menghafalkannya. Menguasai sebuah tabel periodik kimia maka siswa akan mendapatkan manfaat lebih mudah dalam memahami istilah atau rumus-rumus kimia serta dapat menyelesaikan soal dengan begitu cepat. Maka tak heran apabila banyak cara yang ditempuh agar bisa menghafal tabel periodik kimia ini dengan mudah.

Apa itu Tabel Periodik Kimia? 

Tabel Periodik Kimia sendiri adalah bentuk tabel yang berisi unsur-unsur kimia yang tersusun berdasarkan nomor-nomor atomnya. Nomor atom yang tersusun tersebut berisi komposisi sejumlah proton. Dalam hal ini konfigurasi elektron dan kesamaan sifat yang dimiliki unsur kimia tersebut.

Setiap sistem periodik pastinya tersusun dari unsur-unsur kimia yang terbagi menjadi dua kelompok, yakni golongan (lajur vertikal), dan periode (lajur horizontal). Setelah itu, tabel periodik kimia dibagi menjadi 4 fraksi, yakni fraksi s, p, d, dan f. Jadi, dalam satu baris, di bagian kiri menunjukan sifat unsur logam, sedangkan di bagian kanan menunjukan sifat unsur non logam.

Sobat EDOOers sepatutnya memahami lebih dalam, dan menghafalnya guna menghitung reaksi kimia. Tabel periodik kimia, bisa berguna untuk mengetahui nomor atom, konfigurasi elektron, dan sifat setiap unsur. 

Bagi siswa-siswi yang masih duduk dibangku SMP maupun SMA tentu sangat perlu menguasai materi ini, karena dari kelas 7 SMP hingga kelas 12 SMA akan terus menjumpai materi tabel periodik kimia. 

JIka hafal tabel periodik kimia, maka EDOOers bisa lebih mudah memahami istilah atau rumus-rumus kimia dan bahkan akan mudah menyelesaikan soal-soal kimia dengan cepat. Meskipun kelihatannya nampak sulit, sobat EDOOers pasti akan terbiasa dan mudah menghafalnya jika mengikuti metode di bawah ini.

 

Metode Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia

Pengertian tabel periodik kimia sudah diketahui penjelasannya, berikut ini ada beberapa metode menghafalkan tabel periodik kimia yang mudah.

  1. Cetak Beberapa Lembar Tabel Periodik

Pertama kamu harus mencetak beberapa lembar tabel periodik agar kemudian bisa dibawa kemanapun juga. Kalau bisa, cetaklah tabel periodik tersebut lebih dari satu. Lembaran cetak pertama bisa kamu warnai, guna mempermudah proses menghafal. Sisa lembar berikutnya bisa digunakan untuk mengulas kembali apa yang sudah dipelajari pada lembar pertama. 

Lakukanlah berulang kali, semakin sering kamu berlatih semakin bagus, karena artinya kamu lebih bisa menghafal itu. Apabila kamu tipe orang visual atau kinetis. Cetaklah tabel periodik dengan versi kamu sendiri juga tidak menjadi masalah. Malahan terasa lebih familiar jika kamu sendiri yang membuatnya dan bisa membantu dalam menghafal alur tabel.

  1. Menggunakan Jembatan Keledai

Metode kedua untuk menghafal unsur kimia di tabel periodik dengan menggunakan jembatan keledai. Jembatan keledai merupakan suatu metode untuk mengingat atau menghafalkan dengan cepat terhadap sesuatu hal menggunakan hal yang mudah diingat. Metode jembatan keledai ini sering digunakan dalam ranah pendidikan. 

Jembatan keledai sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal sehingga terbentuk kalimat dengan arti yang menarik atau masuk akal.Caranya adalah dengan mengasosiasikan hal yang ingin diingat dengan sesuatu yang mudah dihafal oleh otak.

Istilah jembatan keledai merupakan terjemahan dari Bahasa Belanda Ezelsbruggetje (titian keledai) atau berasal dari Bahasa Latin Pons Asinorum (jembatan keledai). 

Penggunaan metode jembatan keledai yakni dengan mengasosiasikan hal yang ingin dihafalkan dengan sesuatu yang mudah diingat oleh system otak. Maka dengan jembatan keledai tersebut system otak kanan akan berfungsi untuk bekerja. 

Teknik jembatan keledai ini pernah dikenalkan oleh seorang tokoh yaitu Tan Malaka, bahkan sempat disinggung dalam bukunya yang berjudul ‘Madilog’. 

Contoh dari pengaplikasian Teknik jembatan keledai pada proses menghafal tabel periodic kimia yaitu Heboh Negara Arab Krena Xenon Radon yang merupakan singkatan dari unsur He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn.

  1. Mengelompokkan Unsur-Unsur Secara Lebih Spesifik

Metode ketiga EDOOers perlu membuat pengelompokan baru suantu unsur kimia berdasarkan baris, kolom, berat atom, atau dari yang paling gampang sampai yang paling rumit. Sebab biasanya kategori unsur kimia dalam tabel periodik sudah dikelompokkan berdasarkan warna-warna.

Jadi cara ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan minat siswa dalam proses menghafal. Intinya, temukanlah pola pengelompokan yang termudah yang bisa membuatmu lebih cepat hafal.

  1. Ciptakan Lagu 

Halo EDOOers, kalian tau nggak Si Pemeran Harry Potter yaitu Daniel Radcliffe pernah menyanyikan sebuah lagu yang isinya adalah unsur-unsur Kimia. Lagu yang Daniel Radcliffe senandungkan yaitu lagu dari Tom Lehrer dengan judul “The Elements”. Sobat EDOOers bisa menirukan cara Daniel Radcliffe yang menggunakan lagu untuk menghafalkan unsur-unsur kimia. 

Cara ini bisa menjadi menyenangkan buat kalian karena bisa menggunakan sebuah lagu sehingga lebih mudah di hafal. Bahkan di internet sudah banyak referensi lirik lagu yang dapat digunakan untuk menghafal tabel periodik kimia. Selain bisa mencari referensi lagu buat menghafal tabel periodik di internet. Sobat EDOOers bisa menciptakan lagu versi kalian sendiri, dengan aransemen kalian sendiri, atau pelajari lagu yang diciptakan oleh orang lain.

  1. Ketahui Nama Latinnya

Hampir semua lambang unsur pada tabel periodik kimia adalah istilah dalam Bahasa Inggris. Hanya 10 lambang unsur yang berasal dari singkatan nama latin dan 1 unsur yakni wolfram berasal dari bahasa jerman.

Mengenal nama Latin dari sebuah unsur tertentu juga membantu EDOOers  untuk menguraikan nama Latin dari beberapa unsur kimia anorganik. Perlu diketahui juga bahwa mayoritas akar suatu bahasa Romantik (Perancis, Italia, Spanyol, dst) adalah bahasa Latin. 

Nah sekarang EDOOers sudah tahu bagaimana tips dan trik menghafal tabel periodik kimia dengan mudah. Temukan konten belajar dan tryout berkaitan dengan kimia di layanan aplikasi EDOO untuk meningkatkan pemahaman dan nilai kimiamu! Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *