EDOO – Perpustakaan Digital Sekolah untuk Membuka Jendela Dunia

Siapa sih yang nggak kenal dengan namanya perpustakaan. Pastinya semua orang mengetahui, bahkan orang yang nggak hobi membaca juga tahu tempat yang banyak bukunya tersebut. Secara harfiah perpustakaan adalah sebuah tempat yang di mana terdapat banyak sekali buku yang bisa kita baca, bahkan bisa kita pinjam untuk dibawa ke rumah.

Perpustakaan akan sangat bermanfaat bagi banyak orang, karena dapat membuat diri kita memiliki ruang untuk membaca, memperoleh pengetahuan, menambah wawasan, mengumpulkan informasi dan berkreasi.

Tak dipungkiri dengan kemajuan teknologi maka mengubah sistem perpustakaan konvensional yang mengharuskan pembaca buku datang ke tempat, menjadi sistem modern di mana buku-buku perpustakaan bisa kita baca dan akses secara online di genggaman tangan melalui perpustakaan digital. Kebiasaan yang berganti merupakan suatu hal yang wajar, sehingga tak perlu membandingkan kebiasaan membaca buku yang satu dengan kebiasaan membaca buku yang lainnya. Keduanya ada untuk saling melengkapi.

Sejalan dengan adanya perubahan tersebut, Aksaramaya mengembangkan Edoo, platform perpustakaan digital sekolah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online dan offline yang dilengkapi dengan modul eClass, ujian, tryout, analytic dan fitur media sosial untuk berinteraksi antar pengguna. Dengan hadirnya Edoo yang memiliki beragam layanan, maka Edoo memberikan solusi perpustakaan digital melalui modul ePustaka.

ePustaka adalah modul layanan dalam aplikasi Edoo berupa kumpulan koleksi konten digital yang dapat dipinjam, diunduh, dibaca, sesuai aturan yang telah ditentukan pemiliknya.

Semua warga sekolah termasuk guru, siswa, admin sekolah, klub ekstrakulikuler, alumni dan orang tua dapat memanfaatkan modul ePustaka. Bahkan, sekolah memiliki akses istimewa untuk dapat membuat dan mengelola lebih dari satu ePustaka yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

Koleksi ePustaka di aplikasi Edoo berasal dari pengembangan-pengembangan konten internal dan eksternal. Namun, koleksi yang ada di ePustaka Edoo bisa dibilang cukup berbeda dengan perpustakaan digital yang lain dan bahkan mempunyai kelebihan dari perpustakaan digital platform lain.

Platform perpustakaan digital lain tidak mempunyai banyak koleksi, seperti kaset, audio, buku cetak, video, dan film mikro. Dengan kata lain, hampir semua koleksi yang ada di perpustakaan digital platform lain hanya berupa buku atau monograf. Akan tetapi di ePustaka Edoo sendiri menyediakan layanan perpustakaan digital sekolah berisi koleksi dalam bentuk ebook, artikel, audio, video pembelajaran yang telah disesuaikan untuk kebutuhan belajar mengajar di sekolah.

Kelebihan berikutnya dari modul ePustaka dari aplikasi Edoo adalah kamu juga bisa mengakses konten digital dari perpustakaan sekolah lain jika koleksinya bersifat publik. Hal ini membuat medium untuk menambah wawasan kita semakin luas.

Apabila siswa penasaran ingin membaca buku digital yang tidak ada di perpustakaan sekolah, maka siswa bisa mengaksesnya melalui modul ini. Dengan Edoo kamu juga bisa saling tukar menukar referensi buku favorit yang diinginkan lho.

Maka dari itu, kapan lagi coba kamu bisa akses perpustakaan sekolah hanya melalui satu aplikasi. Menyenangkan banget kan? Kalo ada bahan buku yang menurutmu menarik tapi di perpustakaan konvensional tidak ada, kamu tinggal akses saja lewat aplikasi Edoo.

Harapannya dengan layanan ePustaka dari Edoo bisa memberikan manfaat bagi siswa maupun guru serta membuka jendela dunia. Seperti sebuah ungkapan yang mahsyur dan sering kita dengar “ Buku adalah jendela dunia di mana kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan, hanya cukup membaca sebuah halaman.”

Saat ini 1000 sekolah dan madrasah di Indonesia telah memanfaatkan EDOO. Bagi sekolah dan madrasah yang juga ingin GO-Digital bersama EDOO, Anda dapat menghubungi 0859-1067-25577 atau email ke [email protected].

Jadi, apakah kamu sudah menggunakan ePustaka dari aplikasi Edoo dalam mencari sekaligus menambah informasi? Supaya lebih yakin dan tidak penasaran dengan aplikasi Edoo, maka segera download langsung di Play Store atau akses http://app.edoo.id/. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *