Lakukan 5 Tips Ini Agar Selalu Siap Menghadapi Ujian Dadakan

Ujian dadakan adalah sesuatu yang paling menakutkan bagi pelajar dan mahasiswa. Tunggu dulu, siapa bilang? Ini hanya akan terjadi kalau kamu memang tidak pernah memiliki persiapan untuk ujian dadakan alias kamu hanya belajar jika ada PR dan jika jadwal ujian telah diumumkan.

Namun, jika kamu selalu mengulang pelajaran di rumah secara rutin, maka dadakan atau tidak dadakan, kamu akan selalu siap sedia jika ada ujian. Sehingga, kamu tidak panik dan nilainya juga akan tetap baik-baik saja. Nah, ingin selalu siap menghadapi ujian dadakan? Lakukan 5 tips ini.

1. Semangat

Semangat sudah pasti paling dibutuhkan dan untungnya semangat berasal dari diri sendiri dan gratis. Jadi, semangat untuk belajar dan mengulangi pelajaran di rumah harus terus kamu miliki. Jika semangatmu padam, maka apapun yang terjadi di luar tidak akan bisa menyelamatkanmu karena kamu akan tetap lesu dan tidak akan bisa membantumu bangkit.

Jadi, jaga semangatmu untuk selalu rajin belajar dengan mengulang pelajaran-pelajaran yang telah disampaikan guru atau dosen di depan kelas. Semangatmu harus menyala-nyala, sewaktu mendengarkan guru mengajar di sekolah, hingga mengulang pelajaran di rumah.

2. Pilih Waktu Nyaman

Untuk mengulang pelajaran kamu perlu mencari waktu yang nyaman. Kamu bisa memilih, waktu sore hari. Misalnya, pulang dari sekolah, lanjut dengan makan siang, lanjut beristirahat sebentar sekitar satu jam. Kemudian, kamu bisa mulai belajar dan mengulangi pelajaran-pelajaran di sekolah. Belajar di antara siang dan sore sekitar pukul 3 atau 4 sore relatif aman. Kamu sudah selesai makan dan istirahat dan biasanya orang-orang di rumah sedang istirahat tidur siang, sehingga kamu bisa fokus belajar.

3. Konsentrasi

Selama mengulang pelajaran di rumah, kamu harus menjauhkan semua gadget atau dawai karena bisa mengganggu konsentrasi belajar. Abaikan dan pasrahkan saja semua isi pesan yang masuk, tidak perlu semua di balas, kecuali ada pesan penting dari orang tua di Jakarta. Jangan juga belajar sambil menonton televisi karena itu bisa mengganggu konsentrasimu, justeru berkonsentrasi ke TV karena gambarnya lebih menarik.

4. Rapikan Tempat Belajar

Merapikan tempat belajar tidak kalah pentingnya. Tempat belajar yang rapi akan membuat kamu bisa berkonsentrasi belajar dan merasa nyaman. Berbeda jika tempat belajar berantakan maka kamu akan sulit konsentrasi karena diganggu oleh pemandangan berantakan. Selain merapikan tempat belajar,  tempat belajarmu harus wangi, minimal tidak berbau ya.

5. Siapkan Makanan Ringan dan Minuman

Kalau sedang belajar jangan terlalu stres dan kaku, kamu juga perlu rileks. Kamu bisa menyiapkan snack alias kudapan dan minuman di meja. Ketika kamu merasa jenuh dan bosan, kamu bisa sejenak menghirup minuman di tempat ini sekarang.  Namun, usahakan minuman dan makanan ringan jangan ada di awal belajar karena bisa-bisa kamu lebih dulu menyelesaikan makanan baru belajar.

Akibatnya ngantuk. Sebaiknya, konsumsi makanan pada saat istirahat saat melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Makanan dan minuman ringan, tidak hanya membantu merilekskan lidah, tetapi juga membuat variasi, sehingga jogging tidak bisa dan tidak merusak pasir di laut karena mencoba melakukan perubahan. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *