Ini 9 Peran Penting Guru Bagi Dunia

Indonesia memperingati Hari Guru setiap tanggal 25 November. Tujuannya untuk mengapresiasi guru yang sangat besar perannya dalam mendidik generasi muda, tidak hanya dari disiplin ilmu pengetahuan, tetapi juga pendidikan karakter.

Tahun 2020, Hari Guru dirayakan dengan tema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar. Mengapa guru perlu diperingati dengan hari khusus? Sebegitu pentingkah peran seorang guru? Ini pertanyaan sederhana, tetapi akan menimbulkan banyak jawaban karena peran guru tidak hanya di sebuah komunitas, desa dan negara, tetapi di dunia ini sangat penting.

Di Indonesia, guru di kenal dengan sebutan Pahlawan Tanda Jasa karena besarnya perannya dalam mendidik anak bangsa. Lembaga penyedia teknologi edukasi, Global Education Series dan Varkey Foudation, dalam Global Teacher Prize, menemukan ada 9 alasan utama mengapa guru menjadi profesi yang sangat penting di dunia.

1. Membantu Anak Mengatasi Rintangan  

Guru memiliki tugas yang sangat penting di dunia. Banyak guru yang dapat membantu anak-anak mengatasi rintangan yang luar biasa dan kondisi sosial sulit. Ada juga guru yang membantu siswa mengatasi cacat fisik atau menemukan cara baru yang inovatif untuk menyampaikan materi pelajaran dan pendidikan karakter. Namun, setiap guru di setiap komunitas di seluruh dunia memiliki peran yang sama heroiknya. Mereka membentuk cara anak-anak melihat dunia dan membimbing generasi berikutnya. Mereka memiliki pekerjaan terpenting di dunia karena masa depan komunitas dan masyarakat secara keseluruhan ada di tangan guru.

2. Membantu Murid Meraih Prestasi

Setiap guru tahu bahwa ada beberapa anak yang mengangkat tangan untuk setiap pertanyaan, anak yang ingin diperhatikan dan membutuhkan perhatian. Ada juga anak yang hanya diam di belakang kelas dan berusaha untuk tidak terlihat. Dibutuhkan keahlian khusus dari guru untuk mendorong anak pendiam berbicara dan memiliki kepercayaan diri pada kemampuan mereka.

3. Mendengarkan, Pelatih dan Mentor

Guru melakukan lebih dari sekadar mengajar. Di Palestina, seorang guru telah menemukan cara baru yang inovatif untuk membantu anak-anak mengatasi kekerasan yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Di Mumbai, seorang guru membantu gadis-gadis yang terjebak dalam industri seks Mumbai untuk mengubah arah hidup mereka. Di seluruh dunia kami melihat contoh guru melampaui panggilan tugas untuk menjadi agen perubahan sosial yang positif.

4. Membuat Hal Biasa Menjadi Luar Biasa

Di Malaysia, Noorjahan Sultan telah menemukan metode rima yang brilian untuk mengajar bahasa Inggris siswanya. Di Palestina, Jawdat Sisan menggunakan tarian dan drama untuk menghidupkan pelajarannya. Baik itu memanggang kue untuk menjelaskan struktur sel tumbuhan atau menggunakan bongkahan cokelat untuk menerangi pecahan, guru terus-menerus menemukan cara cerdik untuk membuat masalah yang rumit menjadi mudah dan mata pelajaran yang membosankan menjadi menarik. Itulah yang menjadikan mengajar sebagai salah satu karier paling kreatif di dunia.

5. Menyederhanakan Masalah Kompleks

Guru menyederhanakan masalah kompleks. Inilah momen ‘eureka’; ketika seorang siswa tiba-tiba memahami suatu masalah atau konsep yang sebelumnya tampak tidak dapat dipahami. Kabut terangkat dan kebingungan tiba-tiba menjadi jelas. Guru yang hebat memiliki kemampuan khusus untuk mencapai terobosan itu, membuat hal-hal yang rumit menjadi sederhana dan membuat mata anak berbinar.

6. Membantu Menyingkap Ketrampilan Anak

Setiap anak memiliki kekuatan dan bakat uniknya masing-masing. Namun, bagi beberapa siswa, perlu waktu untuk mengungkapkannya dan dedikasi untuk membina mereka. Pengajaran yang cermat dan sabar menghasilkan yang terbaik dalam diri setiap anak dan akan membantu anak memenuhi potensinya.

7. Mengajari Ketrampilan Hidup

Para guru terbaik tahu bahwa mengetahui cara menjahit kancing sama pentingnya dengan kemampuan memecahkan persamaan. Jadi mereka tidak hanya mengajar 123 dan ABC. Mereka membekali anak untuk kehidupan yang akan datang dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan untuk berkembang di dunia orang dewasa.

8. Pahlawan yang Pendiam

Hari guru dimulai bahkan sebelum siswanya bangun dan dapat berlangsung hingga larut malam. Mereka bekerja di depan anak-anak, penonton terberat di dunia dengan kesabaran dan pengertian. Mereka melakukan salah satu pekerjaan terpenting di dunia dengan sedikit imbalan finansial. Guru adalah pahlawan pendiam di komunitas.

9. Mendidik Anak

Guru mendidik anak untuk bisa membaca, menulis atau memecahkan persamaan. Begitu banyak dari apa yang kamu ketahui tentang dunia berasal dari guru yang membekali kamu dengan pengetahuan, keterampilan, dan kebijaksanaan yang kamu butuhkan dalam hidup. Seperti yang dikatakan Benjamin Franklin, “Investasi dalam pengetahuan selalu menghasilkan bunga terbaik.”. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *