Ini 3 Cara Mentransfer File Data ke Komputer Baru

Pasti menyenangkan jika memiliki komputer baru karena biasanya lebih canggih dan kapasitasnya lebih besar. Namun, bagaimana caranya memindahkan file data penting dari komputer lama tanpa ada yang hilang?

Meskipun ada banyak cara mudah untuk memindahkan dan membagikan data, kamu hanya dapat memindahkan data yang dapat diakses. Jadi, sebelum berganti PC, pastikan semua dokumen, foto dan data berharga tetap terlindungi meskipun komputer hilang atau rusak.

Ada berbagai cara untuk membagikan file, serta memindahkan program dari komputer lama ke komputer baru, sekaligus menyimpan data dengan aman dengan mudah dan aman, seperti dianjurkan Intel Corporation dalam laman resminya.

1. Cara Manual

Jika kamu lebih suka hal praktis, salah satu cara termudah untuk mendapatkan komputer baru yang sudah terisi dengan semua file data adalah dengan memindahkannya secara manual. Caranya, colokkan komputer lama ke flash drive USB atau hard drive eksternal.

Cukup salin file kamu ke drive eksternal, keluarkan perangkat penyimpanan, pasang perangkat penyimpanan ke komputer baru, dan kemudian balik prosesnya untuk memuat file ke komputer baru.

Beberapa komputer memiliki port eSATA yang dirancang khusus untuk hard drive eksternal dan memindahkan data lebih cepat daripada port USB. Jika tidak ingin membeli hard drive eksternal, kamu juga dapat memindahkan dan menyimpan file ke cloud, menggunakan layanan penyimpanan berbasis Internet, seperti Microsoft OneDrive, Google Drive atau Dropbox.

Kamu juga bisa meletakna dan menyeret file dari komputer lama ke layanan cloud, lalu menyeret dan menaruh file di komputer baru. Layanan ini sering kali gratis untuk penyimpanan dalam jumlah kecil, lalu akan dikenakan biaya langganan bulanan jika penyimpanan kamu meningkat.

2. Kabel Transfer

Jika menurut kamu penggunaan cloud menghabiskan waktu, atau jika kamu ingin menghindari langganan bulanan layanan cloud, opsi alternatif adalah memindahkan file dengan kabel transfer. Kabel dicolokkan ke port komputer baru dan komputer lama.

Biasanya, kabel dilengkapi dengan perangkat lunak yang mengotomatiskan transfer file saat meningkatkan dari komputer Windows* 10, 8.1, 8, 7, Vista, atau XP lama ke komputer baru. Kabel transfer bekerja lebih cepat dari hard drive eksternal karena komputer lama menyambungkan langsung ke komputer baru sekaligus meniadakan perantara (drive eksternal).

Sebelum mulai mentransfer segalanya, pikirkan apakah kamu benar-benar membutuhkan semuanya. Mengatur mesin terbaru menandakan sudah saatnya membuang file lama dengan mengarsipkannya, agar struktur file dan folder bersih.

3. Software Serbabisa

Versi Windows yang lebih lama menyediakan layanan bernama Easy Transfer* yang memungkinkan pengguna memindahkan file antarkomputer dengan mudah. Sayangnya, aplikasi ini sudah dihapus dalam Windows* 10.

Pendekatan ini memerlukan biaya, tetapi akan mengotomatiskan proses dan dapat memandu kamu memastikan untuk tidak mengabaikan file yang mungkin diletakkan di tempat yang asing pada komputer lama.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *