5 Tips Menciptakan Minat Kamu Terhadap Sains

Sejumlah studi menunjukkan bahwa mengenal ilmu pengetahuan atau sains, seperti ilmu fisika dan biologi, sejak dini, mampu meningkatkan daya kritis anak. Kamu bisa menciptakan minat terhadap sains mulai dari rumah dan mulai dari hal kecil.

Rumah yang mendukung anak untuk menyukai sains biasanya memiliki ciri-ciri sering membaca dan menonton TV saluran sains, membuka ruang diskusi hingga menganalisis masalah bersama sesama anggota keluarga.  

Bagaimana caranya untuk menciptakan minat sains pada dirimu sejak dini dari kegiatan di rumah? Kamu bisa mencoba 5 tips berikut ini.

1. Buku Sains

Membaca buku soal sains akan membantu kamu untuk lebih mengenal dan memahami tentang ilmu pengetahuan dasar, seperti biologi dan ilmu fisika. Dengan memahaminya maka ketertarikan kamu kemungkinan akan semakin besar karena sains adalah soal kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa membaca buku paleontologi atau dinosaurus yang banyak digemari anak-anak. Saat ini, sudah banyak buku sains populer, misalnya soal anatomi tubuh dan keajaibannya, tentang hidup di ruang angkasa, serta sejumlah buku menarik dan mendidik lainnya.

2. Ikuti Berita

Kamu juga bisa mengikuti berita-berita soal sains, seperti saat ini tentang pandemi Covid-19. Kamu bisa mencari informasi tentang vaksin, tentang virus, bagaimana cara kerjanya, efek dan manfaatnya. Semua itu akan membantu memperkuat nalar kamu terhadap masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Ikuti perkembangan berita soal pandemi. Sejauh mana para ilmuan berhasil menemukan vaksinnya hari demi hari. Kemudian, bagaimana efeknya setelah disuntikkan kepada masyarakat dan perkembangan terbaru lainnya.

4. Fokus pada Satu Hal 

Jika kamu mempelajari sesuatu, cobalah untuk fokus pada satu topik dan dalami. Jangan hanya membaca permukaan saja atau judulnya saja, tetapi tidak mengetahui lebih dalam. Misalnya, soal pandemi Covid-19, kamu perlu paham, mulai dari cara penularan, cara kerja virus, hingga cara menghentikan penyebaran virusnya.

Jangan hanya, mengetahui bahwa ada virus sedang mewabah dan berhenti sampai di situ, kemudian kamu beralih ke isu lain. Jangan karena ini tidak akan membantu kamu memahami logika dari masalah yang sedang terjadi, tetapi hanya data permukaan.

5. Langsung ke Lapangan

Untuk lebih memahami sains, kamu bisa langsung ke lapangan dan mempraktekkannya. Tentu saja tidak untuk Covid-19 karena itu berbahaya. Kamu bisa mulai dari kegiatan yang lebih sederhana di rumah, misalnya bercocok tanam buah-buahan. Belilah pupuk untuk daun, pupuk untuk buah dan pupuk untuk batang.

Coba eksperiman, jika kamu hanya memberikan pupuk batang dalam seminggu, apakah buah dan daunnya benar-benar tidak berkembang. Atau jika kamu ingin mengetahui manfaat air terhadap tanaman, kamu bisa membiarkan tanaman tanpa air dan amati berapa hari daunnya layu.

Kamu juga bisa mencoba mencampur cairan berwarna warni di rumah. Misalnya, sirup berwarna hijau dicampur dengan sirup berwarna merah apa hasilnya dan mengapa. Selain belajar, sirup itu masih bisa kamu minum untuk menyegarkan tenggorokanmu.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *