Skip to content

5 Cara Mudah Memahami Matematika

Apakah kamu termasuk orang yang sering cemas dan panik jika harus belajar matematika? Ketika mendengar tentang matematika, apakah kamu akan langsung membayangkan simbol-simbol rumit, prosedur sulit, serta grafik yang membingungkan?

Lebih parah lagi, apakah kamu merasa bahwa pelajaran matematika adalah menjadi pengalaman traumatis? Apakah ketika belajar matematika cukup bisa bertahan tanpa pingsan saja sudah sangat baik bagimu, tidak ada terpikir untuk bisa memahaminya?

Sejarah menyakitkan yang dimiliki banyak orang dengan matematika sebenarnya sangat disayangkan. Soalnya pelajaran matematika itu ternyata sangat berguna. Banyak karier terbaik muncul dari bidang matematika dan mengandalkan pemahaman matematika.

Jadi, jika matematika dipahami dengan benar, maka kamu akan sangat terbantu menyelesaikan banyak masalah dengan dirimu sendiri atau dengan orang lain. Berikut lima cara mudah memahami matematika dari Scott H Young, programmer dan wirausaha dalam laman resminya.

  1. Mulailah Dengan Teori

Langkah pertama untuk mempelajari matematika adalah pelajari dan pahami teorinya, sehingga kamu memahami dasar-dasar kerjanya. Jika kamu belum paham, ulangi terus sampai kamu bisa mengerti, sehingga akan mudah masuk ke tahap selanjutnya.

JIka Kamu kekurangan beberapa prasyarat untuk memahami bagian matematika. Itu berarti kamu perlu mencadangkan dan mengulanginya lagi. Jika terasa seperti berjalan terlalu cepat atau kamu tidak tahu apa yang guru lakukan, kamu mungkin perlu kembali beberapa pelajaran dan mempelajarinya dengan lebih baik sebelum melanjutkan.

2. Latihan Soal

Matematika bukanlah sesuatu yang perlu kamu tonton dan hafal, tetapi sesuatu yang kamu lakukan. Jika kamu menghabiskan seluruh waktu untuk menonton video dan kemudian menemui serangkaian soal, kamu mungkin merasa sangat sulit untuk menerapkan pengetahuan matematikamu. Hal ini dapat menimbulkan perasaan bahwa kamu buruk dalam matematika.

Kamu dapat memperbaikinya dengan melakukan banyak latihan soal. Memang tidak mudah, dari sisi kedisiplinan mengatur waktu atau dari sisi memahami soal-soal yang diberikan guru atau dosen. Namun, jika kamu buntu dan tidak memahaminya, kembalikah ke pelajaran dasar dan teori yang sudah bisa kamu pahami.

3. Gali Hal Menarik dari Matematika

Memiliki pemahaman yang intuitif sangat penting untuk matematika, tidak untuk mata pelajaran lain. Meskipun memiliki intuisi untuk kosakata dalam bahasa asing dapat membantu, kata itu tetap perlu dihafal. Namun, menghafal matematika bisa berbahaya karena bisa menyebabkan kamu mempelajarinya tanpa pemahaman.

4. Pahami Rumusnya

Latihan itu bagus, tetapi memahami rumusnya akan sangat baik. Setelah kamu menyelesaikan soal-soal dan meyakinkan diri sendiri bahwa kamu memahaminya, sesuaikan dengan rumus dan simbol-simbol yang ada. Misalnya, kamu baru saja mempelajari cara menghitung bunga majemuk. Kamu dapat melakukan penghitungan bunga sederhana sendiri dan memahami apa itu bunga majemuk dan mengapa ada contoh kasus berhasil.

Excel adalah cara yang baik untuk bermain-main dengan matematika karena kamu dapat memasukkan rumus secara langsung, tanpa perlu melakukan banyak aljabar atau kalkulasi berulang.

5. Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada akhirnya, tujuan belajar matematika adalah untuk menggunakannya, bukan hanya sekedar lulus ujian. Untuk menggunakan rumus matematika, kamu perlu mempraktekkan pemahaman dari contoh-contoh di buku dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.

Ini lebih sulit dari sekedar memecahkan masalah. Ketika kamu menyelesaikan suatu masalah, Kamu akan mulai mengingat pola penyelesaiannya. Ini sering kali memungkinkan kamu untuk memecahkan masalah tanpa benar-benar memahami prinsip di balik cara kerjanya.

Sebaliknya, menerapkan matematika dalam kehidupan nyata membutuhkan pengenalan situasi. Caranya diawali dari menerjemahkannya ke dalam matematika dan kemudian menyelesaikan masalah. Ini benar-benar lebih sulit daripada menyelesaikan masalah, jadi jika kamu ingin benar-benar menggunakan apa yang kamu pelajari, praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. .*