Skip to content

9 Tips Menghemat Baterai Ponsel Dalam Kondisi Darurat

Saat terjadi bencana, seperti banjir atau kondisi darurat lain, bisa diikuti dengan aliran listrik terputus ke kawasan permukiman. Ini bisa menambah kendala untuk melakukan penyelamatan karena sulit menghubungi orang lain atau pihak yang bisa membantu. Salah satu jalan terbaik adalah berusaha menghemat penggunaan baterai ponsel yang masih tersisa.

Jika kamu memiliki powerbank dan masih terisi, ini bisa menjadi salah satu penyelamat. Namun, tetap saja harus dihemat karena dalam kondisi bencana, segala sesuatu bisa saja terjadi. Mungkin saja aliran listrik akan terputus dalam waktu lama karena ada kerusakan jaringan atau kerusakan lain.

Ini 9 tips dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menghemat baterai ponsel saat terjadi banjir.

1. Aktifkan Mode Power Saving

Seperti dilansir dari Samsung.com, untuk mengubah mode power saving atau mode penghematan daya, maka kamu bisa menampilkan warna pada layar menjadi warna abu-abu, menonaktifkan notifikasi, menonaktifkan fitur Wi-Fi, enonaktifkan fitur tambahan, serta membatasi kinerja CPU Gear.

Caranya, tekan Power Key untuk membuka layar Aplikasi. Kemudian, tap/ketuk Settings, tap/ketuk Power saving, tap/ketuk icon check/centang. Setelah itu, perangkat akan memasuki Power Saving Mode/mode hemat daya dan warna layar akan beralih menjadi abu-abu.

2. Aktifkan Airplanet Mode

Aairplane mode pada ponsel bertujuan untuk membatasi sinyal  jaringan, bisanya digunakan dalam penerbangan, agar tidak mengganggu sinyal pesawat. Namun, fitur ini dapat juga digunakan untuk menghemat baterai ponsel ketika dibutuhkan karena dapat mematikan seluruh jaringan di ponsel jika tidak dibutuhkan, sehingga dapat menghemat baterai. Saat di aktifkan kembali, biasanya sinyalnya akan lebih bagus, sehingga selain menghemat baterai, ketika kamu gunakan kembali hasilnya bisa efisien karena sinyal bagus.

Airplane Mode bisa juga berfungsi untuk mempercepat pengisian daya baterai ponsel, jadi begitu kamu mendapatkan aliran listrik yang terbatas, daya yang bisa kamu simpan akan lebih banyak.  Selain itu, semua koneksi sinyal, seperti WiFi, bluetooth, GPS dan lain-lain ikut mati, sehingga mengemat baterai.

3. Pakai Mode Silent, Jangan Getar

Mode silent lebih menghemat penggunaan baterai ponsel dari pada mode getar. Namun, memang mode silent ada potensi kamu tidak mendengar jika ada panggilan yang masuk. Sedangkan, mode getar lebih mudah mengenali jika ada panggilan masuk. Namun, mode silent akan sangat membantu menghemat baterai ponselmu. Jadi, sebaiknya, letakkan ponselmu di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, sehingga ketika ada panggilan penting kamu masih bisa menyadarinya dengan cepat.

4. Batasi Aplikasi di Layar Background

Membatasi aplikasi di layar background ponsel pintar juga akan sangat membantu menghemat baterai karena aplikasi di background biasanya berjalan saat ponsel dibuka dan ada aplikasi yang berjalan di latar belakang (background App).

Ini juga menguras isi batere ponsel. Memang kadang kala dibutuhkan untuk mempermudah jika ingin membuka aplikasi, tetapi jika terlalu banyak akan memenuhi kapasitas RAM dan menguras baterai. Cara menonaktifkannya force stop aplikasi melalui setelan, menggunakan aplikasi tambahan, menghentikan sinkronisasi email.

5. Simpan Daya Layar Dengan Sering Menguncinya

Selalu kunci daya layar ponsel, sehingga tidak langsung terbuka jika tersentuh sesuatu benda atau tangan. Setiap aktivitas ponsel membutuhkan baterai, padahal baterai sangat dibutuhkan dalam keadaan mendesak.

6. Pakai Mode Wallpaper Gelap

Menggunakan mode wallpaper gelap juga dapat menghemat baterai karena daya yang dibutuhkan jauh lebih kecil, jika dibandingkan dengan layar terang.

7. Matikan Notifikasi, Auto-Sync & Geotag

Matikan semua notifikasi, auto-sync & geotag karena semua aktifitas yang muncul akan membutuhkan daya baterai. Apalagi, jika notifikasi yang aktif adalah bukan untuk kebutuhan mendesak, seperti notifikasi media sosial atau akun youtube hiburan yang kamu subscribe.

8. Pakai Aplikasi Versi Lite

Saat ini, banyak aplikasi yang sudah memiliki versi lite, seperti Facebook, Baidu, Line, Twitter dan sebagainya. Aplikasi versi lite ini lebih hemat dalam penggunaan sumber dayanya, sehingga juga hemat baterai dan tidak membebani RAM ponsel kamu.

9. Jangan Lupa Charge Powerbank Saat Menemukan Listrik

Nah, meski batere menipis, jangan lupa bawa power bank jika kamu ke tempat yang masih tersambung aliran listrik. Misalnya di tempat mengungsi yang menyediakan genset untuk korban banjir misalnya. Jadi, ketika pasokan listrik tersedia, kamu bisa langsung mengisi powerbank untuk kebutuhan ponsel kamu. *