Skip to content

6 Tips Melakukan Digital Marketing Selama Pandemi

Selama masa pandemi Covid-19, prilaku masyarakat juga ikut berubah, termasuk konsumen. Jika kamu selama ini memiliki bisnis dan menjualnya secara online alias selalu melakukan digital marketing, kamu juga wajib melakukan perubahan.

Soalnya, jika kamu tidak ikut berubah dengan prilaku konsumen dan kompetitor kamu melakukan perubahan, maka bisnismu bisa “tenggelam”. Bagaimana caranya? Aldo Imanuel, Marketing Manager EKRUT, Professional Talent Guide, memberikan 6 tips melakukan marketing digital selama masa pandemi yang perlu kamu coba.

  1. Tetaplah Aktif dan Kreatif di Media Sosial Selama Pandemi

Masa pandemi ini adalah saat yang tepat untuk tetap aktif di media sosial. Saat ini menjadi masa untuk lebih banyak menunjukkan empati dan kepedulian kepada orang lain dan lingkungan melalui media sosial yang kamu miliki. Hindari postingan yang bersifat salesy atau pushy karena yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini adalah dukungan dan simpati untuk menjalani masa pandemi yang pastinya tidak mudah bagi banyak orang. Jadi, tetaplah aktif dan terhubung dengan konsumen di media sosial dengan begitu kamu dapat memelihara branding produk yang kamu miliki.

2. Pastikan Bisnismu Dapat Ditemukan Secara Online

Fokuslah kepada strategi SEO agar dapat ditemukan di halaman pertama google dan bisnis kamu dapat dengan mudah ditemukan secara online.

3. Fokus Kepada Pay per Click (PPC) Advertising

Dengan banyaknya orang di rumah dan berada di depan layar laptop dan ponsel, maka ini akan memberikan peluang kamu banyak mendapatkan keuntungan dari PPC advertising. Tujuannya agar kamu tetap terhubung dengan audience dan memperoleh competitive advantage. Perlu kamu ketahui bahwa rata-rata PPC turun sekitar 6 persen selama pandemi Covid-19.

4. Manfaatkan Kesempatan Ini untuk Bersaing Dengan Kompetitor

Selama ini, ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan oleh kompetitor kamu. Pertama menghentikan semua kampanye mereka. Kedua, mereka justeru melakukan kampanye lebih aktif dan agresif dari sebelumnya. Jadi tipsnya, kamu jangan menghentikan SEO campaign selama pandemi. Kemudian, lakukan optimalisasi website dan konten setiap harinya untuk meningatkan lalu lintas pembaca di website kamu. Cara ini akan membuat kamu dapat bersaing di masa pandemi ini.

5. Berikan Penawaran Spesial

Banyak konsumen yang mencari diskon atau penawaran harga khusus untuk menghemat pengeluaran selama masa pandemi Covid-19. Kamu bisa memanfatkan untuk menunjukkan support kepada konsumen kamu dengan memberikan penawaran spesial. Tujuannya untuk menarik audience. Penawaran spesial bisa berupa pemberian free trial atau diskon. Dengan adanya penawaran khusus ini, kamu bisa menarik perhatikan konsumen dan juga tetap menjaga pemasukan tetap ada selama pandemi, meskipun keuntungan yang diperoleh tidak sebesar di masa normal.

6. Perhatikan local SEO dan Tingkatkan Review Positif

Saat ini, masyarakat menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan membeli kebutuhan sehari-hari, baik dalam bentuk barang maupun jasa, di tempat terdekat dengan tempat tinggalnya. Untuk itu, pastikan local SEO kamu bisa mengoptimalisasi pencarian near me. Kemudian, tingkatkan jumlah review positif untuk meyakinkan audience memilih produk/jasa yang kamu tawarkan. *