Skip to content

Ini 3 Program Beasiswa ke Luar Negeri yang Buka Pendaftaran Periode September – Oktober 2020

Kabar gembira bagi para scholarship hunter alias pemburu beasiswa! Ini ada tiga lagi, program beasiswa ke luar negeri yang membuka pendaftaran periode September hingga Oktober 2020. Jika kamu ingin mencobanya, ini dia informasinya:

  1. Beasiswa KAIST untuk Kuliah S1 di Korea Selatan

Program KAIST International Student Scholarship adalah program beasiswa rutin dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) kepada pelajar internasional lulusan SMA, SMK dan jenjang pendidikan sederajat lainnya.

KAIST adalah salah satu universitas ternama di Korea Selatan dan peringkat Top 40 terbaik di dunia versi QS World University Ranking. Jurusan yang disediakan adalah sains, teknik, teknologi dan bisnis.

Sedangkan fasilitas yang diberikan bagi penerima beasiswa, meliputi biaya kuliah penuh selama masa studi S1 di KAIST atau 8 semester. Evaluasi di tahun pertama, penerima beasiswa harus mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3).

Kemudian, biaya hidup sebesar 350.000 KRW atau sekitar Rp4,35 juta per bulan dan asuransi kesehatan nasional. Program beasiswa ini tidak menanggung biaya asrama sekitar USD100-300 atau sekitar Rp1,47 juta hingga Rp4,42 juta per bulan. Makanan tersedia di cafetaria campus dengan harga sekitar 4.000 – 5.000 KRW atau sekitar Rp49.724,74 hingga Rp62.155,93 per bulan juga tidak ditanggung.

KAIST juga memberikan keleluasaan kepada penerima mahasiswa mencari sumber dana lain untuk memenuhi kebutuhannya selama menempuh pendidikan di Korea Selatan.

Peserta adalah lulusan SMA/SMK/Sederajat Tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya untuk mendaftar Spring Semester 2021. Pendaftaran juga terbuka bagi lulusan sebelum tanggal 31 Agustus 2021 untuk mendaftar Fall Semester 2021.

Waktu pendaftaran mulai tanggal 1 September 2020 hingga 23 Oktober 2020 untuk gelombang pertama. Gelombang kedua tanggal 9 November 2020 hingga 8 Januari 2021. Gelombang ketiga tanggal 1 Maret 2021 hingga 28 Mei 2021. Jika kamu berminat langsung buka di laman https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login.

2. Beasiswa Jardine 2021 Kuliah S1 di Oxford & Cambridge

Program beasiswa Jardine 2021 tidak kalah menariknya. Beasiswa ditujukan bagi lulusan SMA/Sederajat untuk melanjutkan pendidikan S1 di dua universitas ternama dunia, yaitu University of Cambridge dan University of Oxford.  

Fasilitas yang diterima peserta adalah biaya kuliah penuh serta semua biaya yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan, seperti biaya buku dan perlengkapan. Kemudian, tunjangan tahunan yang sudah mencakup biaya makan, tempat tinggal dan biaya tak terduga lain, biaya imigrasi, tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa belajar di reimbursed, serta biaya pertemuan reguler dan magang di musim panas.

Kriteria penilaian seleksi peserta meliputi kualitas kepribadian, karakter kepemimpinan, keterlibatan dalam masyarakat, prestasi kegiatan ekstrakurikuler, selain prestasi akademik, Cambridge University menetapkan IELTS 7,5/TOEFL IBT 110 dan Oxford University: IELTS 7,0/TOEFL IBT 100/CAE 185/CPE 185.

Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 21 Oktober 2020. Informasi lebih lengkap dapat kamu cek di laman https://www.undergraduate.study.cam.ac.uk/courses atau situs resminya di alamat  www.jardine-foundation.org.

3. Beasiswa Chevening ke Inggris

Untuk program beasiswa Chevening, pendaftaran mulai dibuka tanggal 3 September dan akan ditutup tanggal 3 November 2020. Beasiswa diberikan kepada lulusan S1 untuk melanjutkan pendidikan di jenjang studi S2 atau program master.

Chevening Scholarships mencari kandidat penerima beasiswa yang memiliki semangat dan gairah kuat, ide dan pengaruh untuk memberikan solusi dan pemimpin masa depan.

Fasilitas beasiswa diberikan penuh, mulai dari penerbangan dari negara asal ke Inggris, biaya kuliah dan akomodasi selama menempuh pendidikan. Jadi, penerima beasiswa bisa fokus mencapai target profesional dan maksimal mencari pengalaman selama menerima beasiswa.

Durasi beasiswa satu tahun di Inggris. Selain belajar, peserta juga akan mengembangkan profesonalisme dan akademik, mengalami budaya Inggris dan membangun hubungan positif dengan Inggris. Jika tertarik silahkan jelajahi informasi lengkapnya di laman berikut: https://www.chevening.org/news/applications-for-2020-2021-chevening-scholarships-open/. Selamat mencoba! *