Skip to content

Dicari Peserta Pertukaran Pelajar SMA/Sederajat ke AS dan Jepang!

Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) dan Program Asia Kakehashi mencari peserta pertukaran pelajar, masing-masing ke Amerika Serikat dan Jepang. Ini kesempatan baik bagi para pelajar SMA/Sederajat untuk menambah wawasan, pengalaman dan jaringan internasional sejak muda.

Selama masa program pertukaran pelajar, peserta akan tinggal bersama keluarga di negara tempat kegiatan dan bersekolah di SMA setempat. Jadi, peserta bisa belajar budaya dari keluarga dan berinteraksi langsung dengan pelajar di sekolah dan masyarakat sekitar.

Batas waktu pendaftaran untuk kedua program pertukaran pelajar ini adalah tanggal 13 September 2020. Berikut penjelasan masing-masing program.

  1. Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study

Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) dikelola oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat sejak tahun 2003 dan telah memfasilitasi lebih dari 1.000 siswa Indonesia ke Amerika Serikat.

Program ini ditujukan bagi pelajar berprestasi dan aktif, baik di kegiatan akademik maupun ektrakulikuler, serta berasal dari keluarga kurang mampu. Kementerian Luar Negeri AS juga mendorong agar pelajar penyandang disabilitas, seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan keterbatasan fisik, serta dari luar Pulau Jawa untuk ikut program ini.

Adapun fasilitas yang akan diterima peserta, meliputi US Visa, tiket pesawat PP Indonesia-Amerika Serikat, biaya perjalanan lokal, seperti biaya PP dari kota asal ke Jakarta untuk wawancara visa di Kedutaan Besar AS. Biaya PP dari kota asal untuk mengikuti Orientasi dan Reorientasi. Biaya PP ke kota tempat tinggal di Amerika Serikat

Panitia juga membiayai penempatan di keluarga angkat dan SMA di AS, kemudian biaya orientasi di Indonesia dan di AS, mulai dari pre-departure orientation, arrival, mid-year, end of stay and reorientation, program pengayaan, asuransi kesehatan dan uang saku bulanan. Sementara itu, pengadaan paspor, tes kesehatan dan kebutuhan pribadi ditanggung masing-masing peserta program.

Sementara itu, syarat peserta diutamakan peserta kelas XI SMA/SMK/MA/Pesantren sederajat, tetapi peserta kelas X tetap boleh mendaftar. Lahir antara tanggal 1 Januari 2004 s/d 1 Agustus 2005.Nilai rata-rata rapot minimal 80 untuk semua mata pelajaran. Untuk pelajar kelas X bisa menggunakan nilai rapor SMP. 

2. Program Asia Kakehashi

Program Asia Kakehashi ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Jepang (MEXT) bagi pelajar SMA/SMK/Sederajat di Indonesia. Para peserta akan mendapatkan beasiswa penuh selama masa studi, yaitu sekitar enam bulan.

Selain biaya studi, peserta akan dibiayai visa Jepang, tiket pesawat Pulang Pergi (PP) Indonesia-Jepang. Kemudian biaya perjalanan lokal, yaitu biaya PP ke/dari kota asal untuk orientasi dan reorientasi, biaya PP ke/dari kota tempat tinggal di Jepang, serta biaya penempatan di keluarga angkat dan Sekolah Menengah Atas, atau asrama di Jepang.

Penyelenggara kegiatan juga membiayai kegiatan orientasi di Indonesia dan di Jepang, mulai dari pre-departure orientation, arrival, mid-year, end of stay dan reorientation), program pengayaan, asuransi kesehatan dan uang saku bulanan.

Untuk program pertukaran pelajar ke Jepang, syarat yang ditetapkan, meliputi peserta adalah pelajar kelas 10 dan 11 dari SMA/SMK/MA/Pesantren Sederajat. Lahir antara tanggal 1 Januari 2004 s/d 1 Agustus 2005. Rata-rata nilai raport minimal B untuk semua mata pelajaran. Untuk pelajar kelas X bisa menggunakan nilai rapor SMP.

Jika tertarik mencobanya, kamu bisa mendaftarkan diri ke laman http://seleksi.bina-antarbudaya.or.id. Pilih Program Asia Kakehashi Project dan ikuti petunjuk pendaftarannya. *