Skip to content

7 Cara Blogger Bertahan dari Gempuran Podcaster dan Youtuber

Sebelum adanya podcaster dan vlogger, blogger jadi penguasa dunia internet. Bayangkan saja, banyak blogger yang bahkan memiliki penghasilan lebih besar dari pengacara, artis dan profesi lain yang membutuhkan pendidikan dan keahlian khusus. Tidak jauh berbeda kondisinya dengan vlogger di youtube saat ini.

Blog singkatan dari web log merupakan bentuk aplikasi web yang memuat tulisan pada sebuah halaman web. Neik McIntosh, dalam karya tulisnya bertajuk Google buys Blogger web service, menyebutkan media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google akhir tahun 2003.

Sejak saat itu, bermunculan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan penulis mengembangkan blognya. Sedangkan, pada saat ini blog dan blogger memang tidak sepopuler podcast dan podcaster yang memuat karya bentuk audio. Juga tidak sekaya vlog atau vlogger di youtube channel alias youtuber, tetapi bagi kamu yang suka menulis dan fotografi, tampaknya blog masih bisa kamu kembangkan.

Bagaimana caranya mengembangkan blog dan menarik banyak pembaca. Robert Paglirini dalam bukunya The Other 9 Hours, memberikan tujuh tips cara mempertahankan blog, di tengah gempuran podcaster dan youtuber.

  1. Ciptakan Isi yang Bernilai

Ini adalah aturan terpenting. Kamu harus memiliki sesuatu untuk disampaikan, yaitu sebuah topik yang kamu sukai dan pahami. Agar situs jejaring kamu dapat menarik perhatian dan menjaga jumlah pengunjung, kamu harus menawarkan sesuatu yang bernilai bagi pembaca. Jika hanya ada dua blog di internet, maka kamu akan bisa bertahan dengan isi yang biasa-biasa saja, tetapi kenyatannya ada jutaan blog di internet yang hanya sejauh satu klik.

2. Fokuskan pada Sebuah Keunikan

Untuk meningkatkan kesempatan meraih sukses, kamu harus membuat blog tentang sesuatu yang kamu sukai dan sesuatu yang tidak ramai dibicarakan oleh 10 juta blogger lain. Mungkin kamu tertarik pada gosip selebritis, tetapi jika kamu tidak memiliki narasumber dekat dengan Britney misalnya, atau sudut pandang yang unik mengenai gosip tersebut, maka kemungkinan besar isi blogmu akan sama-sama dengan 10 juta blogger lain, bahkan lebih garing.

Kamu harus memiliki bahan tulisan yang unik. Misalnya, setelah menonton acara penghargaan Golden Globes Awards, Danielle Friedland terinspirasi membuat sebuah blog tentang selebritas yang sedang hamil. Blog uniknya menarik perhatian para pengiklan, seperti McDonald’s dan Estman Kodak. Kini blog itu di bawah payung majalah People.

3. Identifikasi Pasar Populer

Kamu membutuhkan sebuah keunikan, tetapi kamu juga harus memiliki sebuah topik yang cukup populer untuk mendapatkan pengunjung dan menghasilkan uang. Membuat blog tentang mengadopsi anak-anak autis dari Indonesia tentu sebuah teman yang unik dan mungkin merupakan sesuatu yang kamu sukai. Namun, jika kamu ingin mendapatkan banyak pengunjung dan pendapatan dari topik itu, akan sulit karena itu bukan topik yang populer.

4. Berikan Pendapatan Kamu

Ketika membut blog, berpidato atau diwawancarai di jaringan TV nasional, kamu harus menentukan posisi kamu dan berani mengeluarkan pendapat. Tidak seorangpun tertarik pada pembelaan, tetapi pada perbedaan pendapat, Namun, tidak berarti kamu harus menjadi orang yang menjengkelkan, melainkan kamu harus mempertahankan pendapatmu dengan jelas dan jangan merasa tidak enak. Pada akhirnya, kepribadian dan pendapatan kamu akan menentukan keberhasilan blog kamu.

5. Bersikap Terbuka

Seorang blogger yang baik harus bersikap terbuka. Sebuah blog harus tampil lebih, seperti sebuah percakapan antara teman, bukan seperti laporan berita. Pembaca kamu ingin mengenal kamu. Bantu mereka mengenal siapa kamu dengan berbagi cerita, tantangan, kekalahan dan kemenangan pribadi.

Ada begitu banyak orang yang ingin menampilkan gambaran sempurna tentang diri mereka, tetapi tidak efektif ketika kamu membuat itu dalam blog. Pembaca akan merasa  dapat lebih memahami orang-orang yang nyata, mereka mengakui kesalahan dan perjuangan mereka melawan tantangan, dibandingkan kisah pasar Tuan dan Nyona sempurna.

6. Ciptakan Sebuah Merek

Sebuah merek merupakan reaksi emosional seseorang ketika seseorang itu memikirkan sebuah nama. Apa yang kamu rasakan ketika kamu memikirkan tentang Oprah, Bill O’Reily atau Paris Hilton? Kamu tidak harus menjadi terkenal untuk memiliki sebuah merek. Kamu sudah memiliki sebuah merek sekarang.

Bahkan, kamu harus menciptakan merek sendiri dan mengkomunikasikan merek tersebut ke orang lain. Sebelum menulis blog pertama kamu, tentukan seperti apa merek yang kamu inginkan dan pastikan bahwa kamu semakin menguatkan merek tersebut dengan setiap tulisan di blog.

7. Buatlah Beberapa Aliran Penghasilan

Iklan merupakan cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan, tetapi jangan terperangkap dengan pemikiran bahwa iklan merupakan satu-satunya jalan untuk mendapatkan uang dengan membuat blog. Blogger yang paling sukses tidak bertumpu pada satu sumber penghasilan. Mereka harus menciptakan blog dengan sangat hati-hati agar dapat memberikan sejumlah aliran penghasilan. *