Skip to content

9 Tips Hemat Kuota Internet di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 masih berlangsung, sehingga aktivitas pembelajaran juga masih dilakukan secara jarak jauh atau dari rumah. Akibatnya, kebutuhan kuota internet bertambah dari penggunaan biasa. Selain itu, kamu wajib memastikan jangan sampai kuota habis pada saat proses belajar mengajar berlangsung atau pada saat kamu sedang mengerjakan tugas.

Untuk mengantisipasinya kamu bisa menambah kuota intenet di ponsel pintarmu. Selain itu, kamu juga bisa menghemat dengan menggunakan kuota seperlunya. Misalnya, untuk sementara tahan dulu selera menonton live streaming musik atau podcast kesukaanmu yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam atau stalking media sosial orang lain.

Lebih lengkapnya, ini 9 tips menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan.

  1. Maksimalkan penggunaan Wifi dan hemat paket data manual.

Untuk kegiatan yang bisa menunggu sebaiknya maksimalkan penggunaan Wifi, baik di rumah atau saat sedang berada di ruang publik yang menyediakan wifi. Misalnya mengunggah (download) dokumen dari email, mendownload video, membersihkan pesan, gambar dan data di email, whatsapp atau telegram.

Aktifkan juga fitur yang menyebutkan pembaharuan hanya dilakukan saat ada jaringan Wi-Fi. Caranya: masuk ke aplikasi Play Store, pilih “Menu > Setelan > Update Aplikasi Secara Otomatis”. Pastikan kamu memilih “Update aplikasi secara otomatis melalui Wi-Fi saja. Dengan begitu, kamu juga telah mematikan pembaharuan aplikasi otomatis di Play Store.

2. Matikan data internet jika tidak dibutuhkan.

Jika kamu merasa sedang tidak membutuhkan jaringan internet, misalnya pada saat tidur di malam hari, kamu bisa non-aktifkan jaringan internet.

3. Non-aktifkan notifikasi aplikasi yang tidak diperlukan.

Non-aktifkan notifikasi yang tidak dibutuhkan. Misalnya notifikasi untuk pesan masuk dari grup wa yang biasanya terlalu banyak pesan masuk, sehingga ikut menguras kuota. Setting juga agar gambar dan video di pesan wa tidak langsung secara otomatis tersimpan di galeri karena itu juga akan menguras kuota dan memori di ponselmu.

4. Batasi nonton live streaming musik dan video.

Live streaming musik dan video memang asyik untuk ditonton. Namun, ini sangat menyedot kuota internetmu. Musik dan video yang kamu senangin dapat kamu unduh pada saat ada Wifi, sehingga maish bisa kamu nikmati tanpa harus menghabiskan kuota internet.

5. Aktifkan peringatan batas maksimum penggunaan kuota.

Untuk membatasi penggunaan quota. Gunakan fitur data usage warning dan limit system in pada Android. Caranya masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya. Dengan demikian, jika sudah mendekati batas maksimum kamu bisa hati-hati. Sisanya jangan dipakai dulu untuk kebutuhan lain, selain belajar daring dan mengerjakan tugas. Sampai, kamu bisa kembali membeli kuota tambahan.

6. Hapus aplikasi yang boros data dan tidak terlalu diperlukan.

Apakah kamu benar-benar membutuhkan semua media sosial ada di ponselmu? Jika tidak perlu, kamu bisa menon-aktifkan sebagian dan dibuka pada saat dibutuhkan saja. Aplikasi medsos, selain menguras memori ponselmu, juga menghabiskan kuota. Seperti Instagram karena sebagian besar aplikasi ini berisi foto dan video. Facebook karena banyaknya foto dan video di beranda apalagi videonya auto-play. Google Chrome sangat menyedot data, jika ada alikasi yang lebih ringan, seperti windows atau bawaan ponsel bisa kamu pakai. Aplikasi yang juga boros kuota adalah YouTube dan Snapchat. Di Snapchat berbasis video pendek yang membutuhkan banyak kuota pada saat digunakan. Untuk YouTube banyak godaan menonton podcast dan hiburan lainnya.

7. Batasi penggunaan data di latarbelakang ponsel

Caranya masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Dengan demikian, data di latang belakang ponsemu tidak akan berubah secara otomatis karena fitur ini juga menghabiskan kuota tanpa kamu sadari.

8. Ubah fitur maps ke mode offline

Maps juga salah satu aplikasi yang menguras kuota intenet. Semakin banyak layanan yang digunakan, seperti layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, traffic real time atau melihat map dengan mode satellite, maka kuota yang dikuras akan semakin besar. Ada cara menghematnya, yaitu ubah aplikasi Maps ini dari mode online ke mode offline. Buka Search Bar di atas aplikasi Maps dan pilih Save map to use offline atau di platfom iOS ubah Maps ke flight mode.

9. Non-aktifkan sinkronisasi

Fitur sinkronisasi otomatis pada ponsel pintar menggunakan kuota internet secara otomatis juga. Padahal, sebenarnya tidak terlalu diperlukan, sehingga dari sini kamu bisa menghemat penggunaan kuota. Caranya masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun-akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. *