Skip to content

Ini 9 Program Beasiswa Diploma dan S1 Pendaftaran Juli 2020

Untuk mendapatkan beasiswa tidak hanya dibutuhkan kemampuan akademis, tetapi juga strategi lain, terutama manajemen waktu. Jangan sampai lewat deadline memasukkan lamaran. Berikut program beasiswa yang masih membuka pendaftaran selama Juli 2020.

Bagi para pemburu beasiswa, umumnya tujuan utamanya adalah untuk melanjutkan pendidikan secara gratis alias tidak harus memikirkan biaya, sehingga bisa lebih fokus pada proses belajar. Selain itu, mendapatkan beasiswa juga menjadi prestasi tersendiri, terutama bagi yang berjiwa kompetitif kuat, karena bisa memenangkan persaingan dari sekian banyak calon peserta lain

Kebanggan ini akan bertambah jika kampus penyedia beasiswa adalah kampus berkualitas, favorit dan memberikan peluang karir cemerlang setelah menyelesaikan pendidikan.
Saat ini, banyak sekali alternatif pilihan penawaran beasiswa, baik dari perusahaan, asosiasi, komunitas, lembaga pendidikan, Pemerintah maupun dari institusi lain.

Program beasiswa yang ditawarkan juga sangat beragam. Tidak hanya di luar negeri, pilihan program beasiswa di dalam negeri juga cukup bervariasi, sehingga dapat menjadi alternatif lulusan SMA/SMK/MU untuk mencapai cita-citanya.

Untuk mendapatkan beasiswa tidak hanya dibutuhkan kemampuan akademis, tetapi juga strategi lain, terutama manajemen waktu. Jangan sampai lewat deadline memasukkan lamaran. Berikut program beasiswa yang masih membuka pendaftaran selama Juli 2020.

  1. Beasiswa Telkom University

Program Beasiswa Rencanamu bersama Telkom University ditujukan untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA yang memiliki kemauan belajar, mimpi, serta kemauan besar untuk berkontribusi bagi sesama dan negara.

Program ini merupakan bagian dari Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi Berbasis Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN). Fasilitas yang diberikan adalah biaya penuh atau full beasiswa untuk studi di program S1 Reguler di Telkom University.

Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 18 Mei dan akan berakhir tanggal 8 Juli 2020. Informasi dan pendaftaran dapat dilihat di laman https://smb.telkomuniversity.ac.id/beasiswa-rencanamu-2020/

  1. Beasiswa Atlet dan Juara Seni Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Peserta beasiswa adalah lulusan SMA/Sederajat yang berprestasi di bidang olahraga dan seni. cabang olah raga yang diterima, meliputi bola basket, bola voli, softball, bulutangkis, sepakbola, futsal, tenis, panjat tebing, pencak silat, taekwondo, karate dan kempo.

Untuk bidang seni, meliputi Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Qur’an (5, 10, 20, atau 30 juz), Musabaqah Khaththil Qur’an (kaligrafi), debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris, paduan suara, marching band, fotografi, desain grafis dan animasi.

Fasilitas beasiswa, meliputi bebas biaya studi maksimal delapan semester untuk S1, maksimal enam semester untuk D3, serta Dana Catur Darma. Batas terakhir pendaftaran 15 Juli 2020. Informasi lebih lengkap dapat dibuka di laman https://pmb.uii.ac.id/psb/psb-dengan-beasiswa/

  1. Beasiswa Pondok Pesantren UII, Yogyakarta.

Sasaran beasiswa adalah para lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk melanjutkan kuliah S1. Tujuan pemberian beasiswa untuk memberikan bekal konsep, praktik serta memantapkan antara agama, sains dan teknologi, bagi kader-kader pemimpin umat di masa mendatang.

Fasilitas beasiswa, meliputi gratis uang kuliah, dana Catur Darma Perguruan, kemudian gratis biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren UII, serta menempati Pondok Pesantren UII dan menggunakan fasilitas yang diperuntukkan bagi santri .

Batas akhir pendaftaran tanggal 15 Juli 2020. Keterangan lengkapnya dapat dibuka di laman https://pmb.uii.ac.id/psb/psb-dengan-beasiswa/

  1. Beasiswa Sawit Indonesia Tahun 2020.

Beasiswa diberikan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit sebagai lembaga yang berkonsentrasi di bidang pengembangan SDM untuk Pendidikan Vokasi jenjang D1, D3 dan D4.

Proses belajar dapat memilih di antara enam perguruan tinggi, yaitu Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan, Politeknik Kampar, Institut Teknologi Sains Bandung dan AKPY-STIPER Yogyakarta.

Fasilitas beasiswa, meliputi transportasi Pulang-Pergi ke/dari Kampus, biaya pendidikan penuh, biaya asrama/kamar kos, uang saku dan uang buku, sertifikat kompetensi dan magang di perkebunan besar.

Peserta beasiswa khusus putra/putri keluarga pelaku perkebunan kelapa sawit Indonesia, seperti pertani perkebunan kelapa sawit, buruh kebun kelapa sawit, buruh pabrik kelapa sawit, pengurus koperasi/kelembagaan pekebun kelapa sawit, serta tenaga/petugas pendamping, dan fasilitator bidang perkebunan kelapa sawit, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang membidangi lingkup kelapa sawit.

Masa pendaftaran tanggal 22 Juni hingga 31 Juli 2020. Informasi lebih detail dapat dibaca di laman https://alpensi.ac.id/snbsi2020/

  1. Beasiswa ACA

Beasiswa untuk kuliah D3 bagi bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat dari PT Asuransi Central Asia (ACA). Penerima beasiswa akan menjalani studi di Sekolah Tinggi Manajemen Risiko Asuransi (STIMRA) atau di Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti (STMA Trisakti).

Fasilitas beasiswa, meliputi biaya pendidikan penuh atau 100% dana untuk kuliah program DIII Asuransi di STIMRA/STMA Trisakti, akomodasi bagi peserta dari luar Jadetabek, serta uang saku setiap bulan.

Deadline pendaftaran tanggal 15 Juli 2020. Informasi lebih dalam dapat dibuka di laman https://aca.co.id/Page/Berita-Detail.php?id=MAGANG-BEASISWA

  1. Beasiswa Unggulan 100% Universitas Esa Unggul

Sasaran beasiswa adalah lulusan SMA/SMK/Sederajat berprestasi dari seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Esa Unggul, Jakarta. Fasilitas beasiswa biaya kuliah selama 8 semester.

Universitas Esa Unggul (UEU), Jakarta, dikelola oleh Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa, perintis pendirian Akademi Rekam Medik (ARM) dan Program Sarjana Terapan Fisioterapi yang pertama di Indonesia. Beasiswa diberikan untuk peminat dari berbagai jurusan yang tersedia di UEU.

Tenggat waktu pendaftaran adalah 30 Juli 2020. Keterangan selanjutnya silahkan kunjungi https://beasiswa.esaunggul.ac.id/beasiswa-unggulan-100/

  1. Beasiswa Akademi Komunitas Tekstil Solo

Beasiswa diberikan oleh Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (AK-TEKSTIL SOLO), yaitu lembaga pendidikan tinggi vokasi di bidang Teknologi Tekstil dan Garmen, di bawah Kementerian Perindustrian.

Tujuan pemberian beasiswa untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli tekstil dan garmen yang kompeten bagi dunia industri, khususnya industri tekstil dan garmen di wilayah Solo dan sekitarnya.

Fasilitas beasiswa, meliputi gratis biaya perkuliahan Diploma 2, menyelesaikan 80 sks dalam waktu 4 semester, serta 100% penempatan kerja. Deadline pendaftaran tanggal 20 Juli 2020. Informasi lebih lengkatp dapat dibuka di laman https://sia.ak-tekstilsolo.ac.id/spmbfront/jalur-pendaftaran/20201/2/1/1/11.

  1. Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa diberikan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Berbasis Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN). Program ini ditujukan untuk putra-putri lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia untuk mengikuti kuliah program S1/Diploma.

Peserta dapat memilih mengikuti pendidikan di anggota APERTI, yaitu Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, Telkom University, Politeknik Pos Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institut Teknologi PLN dan BRI Institute.

Pendafaran sudah dimulai sejak tanggal 14 Mei 2020 dan berakhir tanggal 1 Juli 2020. Fasilitas beasiswa, melputi gratis biaya kuliah dan fasilitas lain sesuai dengan kebijakan masing-masing kampus. Informasi selanjutnya dan proses pendaftaran dapat dilakukan di https://apertibumn.org/read/beasiswa-aperti-bumn.

  1. Beasiswa DataPrint 2020.

Calon penerima beasiswa adalah pelajar SMP/SMA/Sederajat dan Mahasiswa D3, D4. Sebelum mendaftar, calon peserta mendaftar dengan menggunakan nomor kupon yang diperoleh di setiap satu unit produk DataPrint. Calon peserta juga diminta memposting informasi beasiswa di media sosial masing-masing.

Bentuk beasiswa bantuan dana satu kali dengan nominal Rp400.000, Rp700.000 dan Rp1 juta per peserta. Tenggat waktu pedaftaran untuk tahun ini Juli hingga 30 November 2020. Info Selengkapnya dapat dibuka di https://beasiswadataprint.com/. *(erna)